Inilah Kelebihan dan Kekurangan Sistem Penggerak Roda Depan pada Mobil, Yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli Mobil

Kelebihan dan Kekurangan Sistem Penggerak Roda Depan,- Sebagian besar dari kita yang bermaksud membeli mobil baru, biasanya kita tidak terlalu memperhatikan mengenai sistem penggerak roda mobil yang akan di beli. Padahal ada 4 jenis sistem pengerak roda mobil yang saat ini ada di pasaran, yaitu : Mobil Penggerak Roda Depan (FF), Mobil Penggerak Roda Belakang (FR), Mobil Penggerak Roda Blekang (RR) dan Mobil Penggerak ke Empat Roda (4WD/FWD).
Dari keempat sistem pengerak roda mobil yang saat ini tersedia, hanya sistem mobil penggerak roda depan atau belakang yang di minati konsumen Indonesia. Lalu apakah anda sedang berencana membeli mobil baru saat ini? Jika iya, apakah anda yang akan anda pilih nantinya?
Berikut akan kami bahas kelebihan dan kekurangan dari masing-masing jenis penggerak roda mobil, dan pada posting kali ini kami akan mengupas kelebihan dan kekurangan system penggerak roda depan (FF) terlebih dahulu.

Kelebihan Sistem Penggerak Roda Depan

#Biaya produksi pembuatan mobil penggerak roda depan lebih murah.
Jika dibandingkan dengan biaya produksi pembuatan mobil penggerak roda belakang (tentunya di kategori mobil yang sama). Kenapa lebih murah? Hal ini sebabkan oleh spare part pada sistem penggerak roda depan mobil, lebih sedikit. Selain itu, pemasangan drivertrain pada mobil yang menggunakan penggerak roda depan, lebih mudah.

#Berat mobil jadi berkurang.
karena tidak adanya gigi transmisi dan poros gardan untuk menyalurkan daya ke roda belakang. Dengan mobil yang lebih ringan, akan signifikan mengurangi konsumsi bahan bakar. Oleh sebab itu, mobil penggerak roda depan (FF) lebih banyak ditemukan pada mobil city car dan low MPV keluarga.

#Kelebihan FF ada pada traksi mobil di jalanan licin terutama pada saat hujan.
Traksi mobil penggerak roda depan lebih bagus pada jalan licin. Karena roda depan yang menarik roda belakang bukan roda belakang yang mendorong roda depan. Selain itu berat mesin mobil yang berada di depan, membantu traksi roda depan pada FF saat hujan.

Kekurangan Sistem Penggerak Roda Depan

#Dengan sistem penggerak roda depan, berat kendaraan terdapat di bagian depan.
Hal ini membuat pengendalian mobil di kecepatan tinggi saat mobil berisi penuh penumpang, lebih susah dikendalikan. Dibandingkan dengan mobil dengan sistem penggerak roda belakang.

#Karena kemudi dan penggerak tenaga ada di roda depan, jika anda berakselerasi dengan cepat, maka mobil akan cendrung untuk bergerak kekiri atau kekanan.
 Oleh karena itu, sangat jarang mobil balap mengunakan sistem penggerak roda depan. Walapun ada beberapa mobil balap yang mengunakan FF, tapi harus di bantu dengan sistem komputer yang namanya kontrol traksi.

#Mobil penggerak roda depan, lebih rawan mengalami kerusakan pada area penggerak roda bagian depan, jika terjadi benturan di jalanan yang rusak.

Karena kemudi dan tenaga pendorong ada di roda yang sama. Sedangkan penggerak roda belakang lebih tahan terhadap benturan di jalanan yang rusak.
demikian ulasan dari kami, jika berminat silahkan lihat juga posting kami ini; Inilah 4 Jenis Sistem Penggerak Roda padaMobil,yang Paling Banyak di Gunakan
Previous
Next Post »