Fungsi Dan Cara Kerja Katup Pengimbang atau Proportioning Valve Pada Sistem Rem Mobil Yang Harus Anda Ketahui

22.33
Fungsi Dan Cara Kerja Katup Pengimbang Atau Proportioning Valve, Pada saat kita melakukan pengereman, Mobil dihentikan dengan adanya gesekan antara ban dan jalan. Gesekan ini akan bertambah sesuai dengan adanya pembagian beban pada ban. Biasanya kendaraan yang mesinnya terletak didepan, bagian depannya lebih berat dibandingkan dengan bagian belakangnya. Bila kendaraan direm, maka titik  pusat gravitasi akan pindah ke depan (bergerak maju) disebabkan adanya gaya inertia, dan adanya beban yang besar menyatu pada bagian depan.
Fungsi Dan Cara Kerja Katup Pengimbang atau Proportioning Valve

Bila daya cengkram pengeremannya berlaku sama terhadap keempat rodanya, maka roda belakang akan cenderung terkunci  (menyebabkan slip antara ban dan permukaan jalan), hal ini disebabkan oleh adanya daya pengereman terlalu besar. Dengan terkuncinya roda belakang gesekan akan menurun dan roda belakang akan seperti ekor ikan (bergerak kekanan dan kekiri dan sukar terkontrol) Dan ini sangat berbahaya bagi pengemudi dan penumpang kendaraan. Oleh karena itu diperlukanlah katup pengimbang (propotional valve) sebagai alat pembagi tenaga sehingga dapat memberikan pengereman yang lebih besar untuk roda depan dari pada roda belakang. Alat ini bekerja secara otomatis menurunkan tekanan hidrolis pada silinder roda belakang sehingga daya pengereman pada roda belakang akan berkurang.

Baca Juga:  Cara Kerja Booster Rem.

Fungsi Dan Cara Kerja Katup Pengimbang atau Proportioning Valve

Katup pengimbang (P. Valve) 

Merupakan teknologi awal atau cikal bakal dari teknologi LSPV (Load Sensing Proportioning Valve), katup pengimbang hanya mengatur tekanan minyak rem antara roda depan dengan roda belakang berdasarkan valve yang sudah diatur oleh pabrikan pembuatnya. Cara pengaturan tekanan minyak rem pada katup pengimbang ini terjadi secara tetap dan tidak mengikuti perubahan beban pada kendaraan saat terjadi proses pengereman.
Fungsi Dan Cara Kerja Katup Pengimbang atau Proportioning Valve

Load Sensing Proportioning Valve (LSPV)

LSPV merupakan proportioning valve yang dikembangkan terkait dengan perubahan beban pada kendaraan saat terjadi proses pengereman,LSPV merupakan cikal bakal dari pengembangan teknologi EBD (Elektronic Brake Force Distribution), LSPV pengaturannya dilakukan dengan berdasarkan ketinggian suspensi belakang kendaraan, semakin berat beban kendaraan maka suspensi akan semakin rendah posisinya dengan permukaan jalan dibandingkan pada saat beban ringan atau tanpa beban.

Baca Juga:  Fungsi Komponen Master Rem
Fungsi Dan Cara Kerja Katup Pengimbang atau Proportioning Valve
LSPV dipasang dibagian roda belakang dan terkait dengan suspensi roda belakang kendaraan melalui sebuah pegas untuk mengetahui kondisi beban kendaraan. Ketika terjadi perubahan beban pada kendaraan, pegas pada LSPV akan tertarik dan akan merubah posisi valve pada LSPV, dengan hal ini maka tekanan minyak rem akan berubah-ubah secara otomatis sesuai dengan ketinggian suspensi belakang, dengan dipasangnya LSPV pada system rem maka kestabilan kendaraan disetiap kondisi pengereman tetap bisa didapatkan meskipun beban kendaraan berubah-ubah.

Baca Juga: Fungsi Komponen Rem Tromol Pada Mobil

Demikian Artikel tentang Fungsi Dan Cara Kerja Katup Pengimbang atau Proportioning Valve Pada Sistem Rem Mobil, semoga dapat menambah wawasan tentang ilmu otomotif, kunjungi juga ulasan berikut ini.

Previous
Next Post »

Panduan Service Berkala Mobil 40.000 Km

Panduan Service Berkala Mobil 40.000 Km,- Sebagai pemilik mobil kita wajib  mengetahui cara atau prosedure merawat dan menjaga mobil kita. ...