Fungsi Dan Cara kerja Sistem Wiper Pada Mobil

07.59
Fungsi dan Cara Kerja Sistem Wiper pada Mobil,- Sistem Wiper pada mobil berfungsi untuk membersihkan kaca bagian depan mobil dan belakang mobil (hanya pada beberapa tipe mobil tertentu yang dilengkapi wiper kaca belakang) dari kotoran, debu, minyak, binatang-binatang kecil atau dari air hujan. jika mobil tidak dilengkapi dengan sistem wiper, maka pada saat mobil melintasi jalan yang sedang hujan deras maka air hujan dapat mengembun di permukaan kaca yang dapat mengakibatkan menghalangi pandangan pengemudi. Bila pandangan pengemudi terhalang maka hal ini akan membahayakan sekali karena dapat menyebabkan terjadinya resiko kecelakaan dalam berkendaraan. 
Gb. Sistem Wiper Pada Mobil

Prinsip Dasar Kerja Wiper Pada Mobil



Gb. Motor Wiper dan Mekanisme Sistem Wiper 
Untuk mengusap atau menyapu atau membersihkan air pada kaca depan (glass windshield) saat hujan, sistem wiper dilengkapi dengan komponen yang disebut blade yang memiliki bahan seperti karet yang mampu mengusap atau menyapu air hujan pada permukaan kaca. Untuk mendukung kerja pergerakan wiper blade yang bolak-balik maka sebuaj sistem wiper dilengkapi dengan sebuah mekanisme wiper.

Mekanisme tersebut memanfaatkan sumber tenaga putar dari sebuah motor listrik, motor listrik atau motor wiper ini akan mengubah energi listrik dari baterai menjadi energi gerak berupa gerak putar. Agar gerakan ini dapat diubah menjadi gerak bolak-balik wiper blade, maka diterapkanlah sebuah mekanisme wiper. 

Mekanisme wiper menggunakan sebuah crank rod yang akan mengubah gerakan putar motor wiper menjadi gerakan maju mundur atau bolak-balik pada wiper blade. Untuk membagi gerakan maju mundur ini maka dibuatlah rangkaian wiper link yang akan menghubungkan crank rod dengan kedua wiper arm. 

Sistem wiper pada mobil biasanya terdapat 3 mode pada saklarnya yaitu mode intermitten, mode low speed, dan mode high speed, berikut penjelasan ketiga mode tersebut:

1. Mode low speed
Pada mode ini wiper akan bergerak dengan kecepatan rendah.

2. Mode high speed
Pada saat ini wiper bergerak pada kecepatan tinggi.

3. Mode intermitten
Pada mode ini wiper hanya bergerak satu kali saja dengan interval waktu tertentu (biasanya intermitten ini digunakan saat hujan gerimis).


Baca juga: Fungsi komponen dan cara kerja elektrik mirror pada mobil

Cara Kerja Sistem Wiper Pada Mobil


Gb. Sirkuit Kelistrikan Sistem Wiper Pada Mobil

1. Pada Saat Saklar Wiper Posisi off

Pada gambar sirkuit diatas menunjukan rangkaian motor wiper saat belum dinyalakan atau saat saklar pada posisi OFF. Saat seperti ini, tidak ada aliran listrik ke motor wiper karena relay wiper motor juga tidak ada yang terhubung sehingga wiper tidak berfungsi.

2. Pada Saat Saklar Wiper Posisi Mode Low Speed

Ketika kita putar saklar wiper ke low speed, maka relay low speed wiper akan terhubung sehingga arus listrik dari baterai langsung mengalir melewati relay dan menuju wiper. Pada wiper, arus listrik akan masuk ke low speed brush. Sehingga wiper akan bekerja dengan kecepatan rendah.

3. Pada Saat Saklar Wiper Posisi Mode High Speed

Ketika kita putar lagi saklar wiper ke level high speed, maka relay low speed wiper akan terputus namun relay high speed wiper akan tersambung. Sehingga meski pada low speed brush tidak ada aliran listrik, namun ada aliran listrik baru pada terminal high speed brush. Sehingga wiper akan bekerja dengan kecepatan lebih tinggi.

Demikian artikel tentang cara kerja sistem wiper pada mobil. Semoga bisa menambah wawasan otomotif kita semua. Jangan lupa kunjungi juga ulasan berikut ini. 
Previous
Next Post »

Panduan Service Berkala Mobil 40.000 Km

Panduan Service Berkala Mobil 40.000 Km,- Sebagai pemilik mobil kita wajib  mengetahui cara atau prosedure merawat dan menjaga mobil kita. ...