Jenis-Jenis Dongkrak Dan Fungsinya Masing-Masing

18.45
Jenis-Jenis Dongkrak Dan Fungsinya Masing-Masing,- Salah satu peralatan bengkel yang digunakan untuk mengangkat sebagian bagian dari kendaraan yang sering digunakan pada saat melakukan service atau perbaikan kendaraan bermotor adalah dongkrak.

Dongkrak merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mengangkat sebagian beban berat kendaraan agar posisi kendaraan lebih tinggi dengan lantai dengan tujuan untuk mempermudah dalam  melakukan pekerjaan service atau perbaikan, sedangkan mendongkrak atau dikenal dengan istilah Jacking merupakan tindakan untuk mengangkat/menaikkan sebagian bagian dari kendaraan lebih tinggi dari posisi lantai dengan tujuan untuk mempermudah dalam melakukan pekerjaan service atau perbaikan.

Dongkrak Terdiri dari 2 Macam yaitu dongkrak mekanis dan dongkrak hidrolik. Dongkrak mekanis merupakan dongkrak yang menggunakan sistem mekanis (menggunakan perbandingan roda gigi (gear ratio)) untuk menambah gaya yang digunakan oleh operator pada saat mengangkat beban berat kendaraan. Sedangkan dongkrak hidrolik merupakan dongkrak yang menggunakan sistem hidrolis (menggunakan tekanan hidrolik yang dibangkitkan dari fluida cair) untuk menambah gaya yang digunakan operator pada saat mengangkat beban berat kendaraan.

Jenis-Jenis Dongkrak

1. Dongkrak Gunting



Dongkrak gunting merupakan salah satu Jenis dongkrak mekanis. Dongkrak gunting memiliki bentuk mirip seperti gunting. Dongkrak gunting ini juga disebut degan dongkrak ketupat atau juga disebut sebagi dongkrak jembatan, karena bentuknya yang menyerupai ketupat atau jembatan.

Cara penggunaan dongkrak ini sangat sederhana yaitu dengan cara memutar poros ulir yang berada di tengah-tengah dongkrak searah jarum jam untuk mengangkat kendaraan, sedangkan untuk menurunkan kendaraan dengan cara memutar ulir berlawanan arah jarum jam, selayaknya ketika kita mengencangkan atau mengendorkan mur dan baut.

Kelebihan dongkrak ini adalah dengan ukurannya yang kecil, dongkrak ini tidak memakan tempat yang banyak serta perawatan dongkrak ini cukup mudah (hanya cukup melumasi ulirnya dengan oli secara rutin). Sedangkan kekurangannya yaitu untuk mengoperasikan dongkrak ini membutuhkan tenaga yang lebih besar dari pada dongkrak jenis lainnya.

2. Dongkrak Botol

Dongkrak botol merupakan salah satu Jenis dongkrak hidrolik. Dongkrak botol memiliki bentuk yang mirip dengan botol sehingga sering disebut dengan dongkrak botol.
Gambar.  Dongkrak botol
Ukuran kapasitas pengangkatan beban dongkrak jenis ini, antara lain mulai dari kapasitas 2 ton, 5 ton, 15 ton, 27 ton dan bahkan sampai dengan 100 ton. sehingga dalam penggunaannya, silahkan sesuaikan dengan berat kendaraan atau beban yang akan diangkat.

Kelebihan dongkrak ini yaitu untuk pengoperasiannya membutuhkan tenaga yang lebih ringan dari pada dongkrak jenis gunting. Sedangkan Kekurangannya yaitu memiliki harga yang lebih mahal dari pada dongkrak jenis gunting serta jika terjadi kebocoran minyak hidrolik karena kerusakan sealnya maka akan menyebabkan penurunan gaya angkat dongkrak tersebut.

3. Dongkrak Buaya

Dongkrak buaya termasuk kedalam jenis dongkrak hidrolik, dan memiliki bentuk seperti mulut buaya ketika dongkrak ini dioperasikan sehingga dikenal dengan nama dongkrak buaya.
Gambar.  Dongkrak buaya
Kapasitas pengangkatan dongkrak ini mulai dari 1,5 ton, 2 ton, 2,5 ton, 3 ton, 5 ton, 10 ton dan 20 ton.

Kelebihan dongkrak ini yaitu dapat digunakan di berbagai medan, misalnya di tempat miring atau pada tempat yang tidak rata, karena dongkrak buaya memiliki bentuk yang panjang dan memiliki roda sehingga mudah untuk digeser menyesuiakan kemiringan dan ketidak rataan medannya. sedangkan kelemahannya yaitu hargan dongkrak ini yang relatif lebih mahal dibandingkan dengan dongkrak botol dengan kapasitas pengangkatan yang sama serta dengan ukuran yang lebih besar dibandingkan jenis dongkrak yang lain, dongkrak ini akan memakan banyak tempat  ketika diletakkan di mobil.

4. Dongkrak Botol Buaya

Gambar.  Dongkrak botol buaya
Merupakan gabungan antara dongkrak buaya dan dongkrak botol. Dongkrak botol buaya ini memiliki kelebihan yaitu memiliki kapasitas pengangkatan yang besar dan mudah untuk digerakkan karena dongkrak ini memiliki roda. Namun kelemahan dongkrak  yaitu lebih sulit untuk menggeser dongkrak botol buaya ini karena beratnya yang lebih besar.

5. Dongkrak Pengangkat Sepeda Motor (Bike Lift)

Dongkrak jenis ini banyak digunakan pada bengkel-bengkel atau workshop-workshop sepeda motor yang digunakan untuk mengangkat sepeda motor saat melakukan kegiatan servis. 
Gambar. Bike Lift

Kelebihannya yaitu memiliki ukuran yang relatif tidak besar sehingga tidak akan memakan banyak tempat dibengkel. sedangkan kekurangannya lebih mahal dan perawatannya yang relatif lebih sulit.

6. Dongkrak Peyangga Transmisi
Dongkrak peyangga transmisi yaitu dongkrak yang digunakan untuk menyangga transmisi ketika akan menurunkan atau memasang transmisi ke kendaraan saat kendaraan dinaikkan dengan car lift. Dongkrak penyangga transmisi ini termasuk ke dalam jenis dongkrak hidrolik.

Penggunaan dongkrak ini saat melakukan pekerjaan servis transmisi akan sangat membantu mekanik karena mekanik tidak memerlukan banyak tenaga untuk menurunkan atau menaikkan transmisi.

7. Dongkrak Peyangga Kopling

Dongkrak penyangga kopling digunakan saat melakukan servis sistem kopling. Dongkrak penyangga kopling ini termasuk ke dalam jenis dongkrak hidrolik.

Dongkrak penyangga kopling ini berfungsi untuk membantu mekanik saat memasang dan melepas kopling pada kendaraan sehingga mekanik tidak banyak membutuhkan tenaga untuk mengangkat kopling beserta rumah kopling.

8. Dongkrak Peyangga Sepeda Motor

Dongkrak penyangga sepeda motor atau stand penyangga sepeda motor pada umumnya digunakan pada kendaraan sepeda motor sport, dimana pada sepeda motor sport ini tidak memiliki standar tengah.
Gambar.  Dongkrak Penyangga Sepeda Motor
Baca juga: Fungsi dan Jenis-Jenis Gasket atau Seal

Demikian artikel tentang jenis-jenis dongkrak beserta fungsinya masing-masing, semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi para pembaca, Agar kami dapat selalu menghasilkan artikel-artikel lain, silahkan kunjungi juga ulasan berikut ini.
Previous
Next Post »

Panduan Service Berkala Mobil 40.000 Km

Panduan Service Berkala Mobil 40.000 Km,- Sebagai pemilik mobil kita wajib  mengetahui cara atau prosedure merawat dan menjaga mobil kita. ...