/*

Cara Kerja Solenoid Valve pada sistem Bahan Bakar Mobil, Sistem Pencegah Dieselling Pada Mobil

Cara Kerja Solenoid Valve pada sistem Bahan Bakar Mobil, Sistem Pencegah Dieselling Pada Mobil,- Pada sistem bahan bakar konvensional ( mobil dengan sistem bahan bakar karburator), Untuk membantu kinerja dari kendaraan maka didalam karburator terdapat banyak sistem salah satunya yaitu sistem anti dieseling.
Cara Kerja Solenoid Valve pada sistem Bahan Bakar Mobil, Sistem Pencegah Dieselling Pada Mobil
Gb. Sistem Anti Dieselling Pada Sistem Bahan Bakar Karburator
Dieseling adalah kondisi dimana ketika kunci kontak telah dimatikan atau kuci kontak pada posisi off tetapi mesin masih berputar karena masih terjadi pembakaran walaupun busi tidak memercikkan bunga api. Mesin masih bisa hidup ini biasanya disebabkan pada ruang bakar masih terdapat panas sehingga memungkinkan masih terjadi pembakaran pada ruang bakar walaupun busi sudah tidak memercikkan bungan api. Oleh karena itu, bukan hanya busi yang harus dimatikan tetapi suplay bahan bakar juga harus dihentikan. karena perlu diketahui bahwa unsur utama terjadinya proses pembakaran yaitu (adanya Udara, Adanya Bahan Bakar serta adanya Sumber panas),

Cara Kerja Solenoid Valve pada sistem Bahan Bakar Mobil atau sistem anti dieselling: 

Cara Kerja Solenoid Valve Pada Saat Kunci Kontak Posisi ON

Cara Kerja Solenoid Valve pada sistem Bahan Bakar Mobil, Sistem Pencegah Dieselling Pada Mobil

Pada saat kunci kontak diputar pada posisi ON, maka arus listrik akan mengalir dari positif baterai menuju solenoid sehingga solenoid akan menjadi terjadi kemagnitan. Pada saat terjadi kemagnitan maka akan menarik katup sehingga saluran bahan bakar pada economiser jet akan terbuka dan bahan bakar akan mengalir dari slow jet ke economizer jet dan akhirnya keluar melalui idle port. 

Baca Juga: Gejala Akibat Solenoid Valve Rusak dan Cara Pemeriksaanya

Cara Kerja Solenoid Valve Pada Saat Kunci Kontak Posisi OFF

Cara Kerja Solenoid Valve pada sistem Bahan Bakar Mobil, Sistem Pencegah Dieselling Pada Mobil

Pada saat kunci kontak dimatikan atau diputar pada posisi OFF, maka arus listrik dari positif  baterai ke solenoid akan hilang sehingga kemagnitan pada solenoid akan menghilang pula. Karena kemagnitan pada selonoid menghilang sehingga menyebabkan katup solenoid turun ke bawah dikarenakan kekuatan pegas pada katup solenoid dan selanjutnya katup solenoid tertutup yang berakibat pada tertutupnya saluran bahan bakar pada economiser jet. Dengan demikian maka tidak ada bahan bakar yang keluar melalui idle port dan tidak akan terjadi proses dieseling.


Demikian artikel tentang Cara Kerja Solenoid Valve pada sistem Bahan Bakar Mobil, Sistem Pencegah Dieselling Pada Mobil, Semoga dapat menambah wawasan kita semua, jangan lupa kunjungi juga ulasan berikut ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel