Resistor Untuk Relay, Perlu Gak?, Cara Menentukan Ukuran Resistor Untuk Relay

RESISTOR untuk RELAY, PERLU GAK?,-Tergantung spek suplai listrik dan relay yang dipakai. Kalo relay yang dipakai punya spek koil 12VDC dan digunakan dengan suplai 12VDC, gak butuh resistor pada koil relay.

Tapi, kalo saudara pakai relay dengan spek koil 12VDC, untuk suplai tegangannya misalkan sepeda motor, tegangan pengisian maksimal bisa 14.4Volt s/d 14.8Volt, Maka saudara butuh menambahkan sebuah resistor yang dipasang seri terhadap koil relay yang akan digunakan supaya koil relay gak gampang jebol.

Baca juga:Harga New Honda Mobilio, Spesifikasi Dan Review

Cara Menentukan Ukuran Resistor Untuk Relay

Berapa ohm resistor yang diperlukan?, Untuk mengetahui hal tersebut maka saudara harus Baca & pahami datasheet relay yang akan digunakan tadi. 

Cara Menentukan Ukuran Resistor Untuk Relay

Misal, saudara berencana menggunakan relay 12VDC dengan resistansi koil relay 200 ohm untuk sepeda motor yang memiliki tegangan output maksimal bisa mencapai 14.4Volt s/d 14.8Volt DC (Kita bulatkan 15Volt saja biar mudah penghitungannya).

Dari data diatas, Maka besar arus yang akan mengalir di koil relay adalah = V_koil / R_koil = 12V / 200 ohm = 0.06 Ampere. Sedangkan Selisih tegangan suplai vs tegangan koil relay adalah = 15V - 12V = 3Volt. 

Sehingga besar ukuran resistor yang diperlukan = 3V / 0.06A = 50 Ohm (nilai standar resistor yang mendekati adalah 51 ohm).

Demikian Ulasan Kami tentang Cara menentukan ukuran resistor yang diperlukan pada sebuah rangkaian dengan menggunakan relay, semoga dapat menambah wawasan saudara tentang otomotif, jangan lupa kunjungi juga artikel terbaik kami berikut ini. 
Previous
Next Post »