/*

Fungsi Dan Letak Sensor-Sensor EFI Pada Mobil, Pahami Agar Anda Bisa Menanganinya Ketika Terjadi Gangguan

Fungsi dan Letak Sensor Pada Mobil Efi, Toyota Avanza adalah mobil yang diproduksi di Indonesia oleh pabrikan Daihatsu, yang dipasarkan dalam dua merk yaitu Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Generasi pertama mobil ini diluncurkan saat Gaikindo Auto Expo 2003, Nama "Avanza" berasal dari bahasa Italia avanzato, yang berarti "peningkatan".

Pada tahun 2005 diluncurkan Avanza (1.3 S VVT-i) dengan transmisi "otomatis" dan sudah dilengkapi teknologi pengereman ABS Pada akhir tahun 2006, diluncurkan New Avanza-Xenia dengan perubahan tampilan, aksesoris, peningkatan performa serta mesin baru berteknologi VVT-i yang melengkapi semua versi (facelift). Pada akhir tahun 2006 juga diluncurkan New Avanza S (1.5 S VVT-i) yang merupakan versi terlengkap dengan mesin berkapasitas 1.500 cc VVT-i, sensor parkir belakang, teknologi pengereman ABS serta pelek aluminium 15". Mesin 1.500 cc VVT-i yang digunakan oleh Toyota Avanza memiliki spesifikasi yang sama persis dengan Toyota Rush. New Avanza S tersedia dalam dua pilihan transmisi, yaitu transmisi manual dan transmisi otomatis.

Baca juga: Lakukan Langkah Ini Jika Aki Mobilmu Soak


Pada Kesempatan kali ini kami akan mengulas tentang sensor-sensor yang terdapat pada Mesin Avanza, Xenia, Rush dan Terios (keempat mobil ini memiliki basis mesin yang sama dengan system injeksi tipe D yang membedakan hanya pada CC-nya) beserta letak dan fungsinya masing-maisng, 
Fungsi dan Letak Sensor EFI pada Mobil

Fungsi Sensor dan Actuator Pada Sistem Injeksi


IAT Sensor (Intake Air Temperature Sensor)

Fungsi dan Letak Sensor EFI pada Mobil
Sensor ini berfungsi untuk mendeteksi temperature atau suhu udara masuk kedalam ruang filter sebelum masuk kedalam mesin, sensor ini terletak di filter udara dengan ciri memiliki 2 wire. Adapun Cara Kerja IAT Sensor Silahkan Klik Disini.

MAP Sensor ( Manifold Absolute Sensor)

Fungsi dan Letak Sensor EFI pada Mobil
Sensor ini berfungsi untuk mendeteksi kevacuman pada intake manifold mesin, Biasanya sensor ini terletak dirumah filter dekat dengan throttle Body dengan ciri memiliki 3 wire. Adapun Cara Kerja MAP Sensor Silahkan Klik Disini.


TPS Sensor (Throttle Position Sensor)

Fungsi dan Letak Sensor EFI pada Mobil
Sensor ini berfungsi untuk mendeteksi seberapa besar katup throttle atau katub gas dibuka atau seberapa lebar katup gas terbuka saat peda gas diinjak oleh pengemudi, Sensor ini biasanya terletak pada throttle body atau dekat dengan katup gas dengan ciri memiliki 3 Wire. Adapun Cara Kerja TPS Sensor Silahkan Klik Disini.


CMP Sensor (Camshaft Sensor)

Fungsi dan Letak Sensor EFI pada Mobil
Sensor ini Berfungsi untuk mendeteksi Posisi Camshaft guna mendeteksi TOP 1 Silinder 1 pada mesin serta untuk mengetahui posisi pembukaan dan penutupan intake dan exhaust valve. Sensor ini biasanya terletak dekat dengan Camshaft disebelah kanan atau belakang dengan ciri memiliki 2 wire. Adapun Cara Kerja CMP Sensor Silahkan Klik Disini.

CKP Sensor ( Crankshaft Position Sensor)

Fungsi dan Letak Sensor EFI pada Mobil
Sensor ini Berfungsi untuk mendeteksi Posisi Cranshaft guna mendeteksi posisi piston (Pada posisi TMA atau pada posisi TMB), serta untuk mengetahui waktu serta volume injector melakukan penyemprotan bahan bakar dan  memercikkan bunga api. Sensor ini biasanya terletak dekat dengan pully crankshaft denga ciri memiliki 2 wire. Adapun Cara Kerja CKP Sensor Silahkan Klik Disini.

ISC (Idle Speed Control Valve)

Fungsi dan Letak Sensor EFI pada Mobil
Komponen ini bukan merupakan sensor akan tetapi merupakan actuator yang memiliki fungsi untuk mengatur volume udara yang masuk kemesin saat idle (langsam) dengan cara bypass katup gas pada saat kondisi tertutup. atau dengan kata lain ISC berfungsi untuk mengatur putaran mesin saat stationer atau idle. Komponen ini biasanya terletak didekat throttle body dekat juga dengan throttle position sensor atau TPS sensor. Adapun Cara Kerja ISC Silahkan Klik Disini.

Vacuum Switching Valve (VSV) atau EVAP

Fungsi dan Letak Sensor EFI pada Mobil
Komponen ini bukanlah sensor tetapi merupakan aktuator, yang memiliki fungsi untuk membuka saluran uap bensin dari tanki melalui charcoal canister dan disalurkan kedalam mesin melalui throttle body, uap bensin dari tanki tersebut akan ikut terbakar didalam mesin. Katup vsv biasanya bekerja setelah kondisi mesin sudah panas. Komponen ini biasanya terletak di sekitar throttle body dengan saluran selang ukuran kecil dengan ciri memiliki 2 wire.

OCV (Oil Control Valve)

Fungsi dan Letak Sensor EFI pada Mobil
Komponen ini termasuk aktuator yang berfungsi untuk mengatur pembukaan saluran  oli mesin yang masuk ke VVT-I controller. Komponen ini biasanya terletak disebelah kiri mesin dekat dengan VVT-I dengan ciri memiliki 2 wire. Adapun Cara Kerja OCV Silahkan Klik Disini.

Knock Sensor

Fungsi dan Letak Sensor EFI pada Mobil
Sensor ini berfungsi untuk mendeteksi terjadinya knocking pada mesin. Knock sensor terbuat dari piezo electric element yang menghasilkan tegangan saat piezo electric element-nya berubah bentuk, hal ini terjadi pada saat block silinder vibrasi yang disebabkan karena terjadinya knocking pada mesin. Adapun Cara Kerja Knock Sensor Silahkan Klik Disini.

ECT Sensor (Engine Coolant Temperature) atau Water Temperature Sensor

Fungsi dan Letak Sensor EFI pada Mobil
Sensor ini berfungsi untuk mendeteksi temperature cairan pendingin guna memberi sinyal untuk menghidupkan kipas radiator saat mesin sudah panas dan mematikannya pada saat mesin masih dingin. Sensor ini terletak didekat rumah thermostat dengan ciri memiliki 2 wire. Adapun Cara Kerja ECT Atau WTS Sensor Silahkan Klik Disini.

Lamda Sensor atau Oxygen Sensor

Fungsi dan Letak Sensor EFI pada Mobil
Sensor ini berfungsi untuk mendeteksi kandungan oksigen didalam gas buang sisa hasil pembakaran mesin guna mengontrol rasio atau perbandingan campuran bahan bakar dan udara (AFR), jika  AFRnya lebih kurus  dibandingkan AFR Stoichiometri  (14:1), maka kandungan oksigen pada gas buang ditambah dan jika AFRny lebih gemuk dibandingkan AFR Stoichiometri  (14:1), Maka kandungan oksigen pada gas buang dikurangi, oksigen sensor terletak di knalpot atau exhaus manifold,atau juga sebelum Catalic converter dan sesudah Catalic converter. Adapun Cara Kerja Oksigen Sensor Silahkan Klik Disini.

Injektor Bahan Bakar

Fungsi dan Letak Sensor EFI pada Mobil
Komponen ini bukan merupakan sensor melainkan aktuator yang berfungsi untuk menyemprotkan atau mengabutkan bahan bakar ke dalam mesin atau ke dalam ruang bakar. Adapun Cara Kerja Injektor Silahkan Klik Disini.


Fuel Pump ( Pompa Bahan Bakar)

Fungsi dan Letak Sensor EFI pada Mobil
Komponen ini berfungsi untuk menaikan tekanan bahan bakar sebelum dikabutkan oleh injector ke ruang bakar agar tekanannya stabil. Adapun Cara Kerja Fuel Pump Silahkan Klik Disini.

Baca Juga:  Fungsi Dan Cara Kerja Lampu DRL Pada Mobil

Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat video tutorialnya berikut ini:

Demikian Artikel tentang Fungsi Dan Letak Sensor-Sensor EFI Pada Mobil, Semoga Menambah wawasan tentang ilmu otomotif, Kunjungi juga ulasan berikut ini. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel