/*

Inilah Fungsi dan Bagian-Bagian Alat Ukur Multitester Yang Harus Kalian Ketahui

Bagian-Bagian Multitester Beserta Fungsinya,- Kali ini admin akan mengulas alat ukur yang sangat penting sekali ketika sobat semua belajar tentang kelistrikan dalam hal ini adalah kelistrikan otomotif pada khususnya dan kelistrikan jaringan pada umumnya. Alat ukur yang kami maksud yaitu Multitester atau Multimeter atau AVO Meter (yang selanjutnya admin gunakan istilah Multitester), Multitester Merupakan gabungan dari Amperemeter, Voltmeter dan Ohmmeter. Berfungsi untuk melakukan pengukuran arus, tegangan dan tahanan suatu komponen dan rangkaian kelistrikan.
Fungsi dan Bagian-Bagian Alat Ukur Multitester

Bagian-Bagian Multitester Beserta Fungsinya Masing-Masing:


  • Skala (scale) adalah Garis yang mempunyai satuan ukur berupa : scala W, DCV/ACV dan DCA.
  • Zero Posision Adjuster Screw / pointer calibration screw adalah baut yang digunakan untuk melakukan kalibrasi voltmeter dan amperemeter 
  • Adjuster Knob / ohm calibration knob / ohm adjuster knob adalah tombol yang digunakan untuk kalibrasi ohmmeter.
  • Range Selector Knob adalah sakelar penunjuk pemakaian batas satuan ukuran yang diinginkan yang terdiri dari Ohm (W), DCV, ACV dan DCmA.
  • Test Lead adalah tangkai kabel pengujian yang mempunyai warna merah untuk terminal (+) dan warna hitam untuk terminal (-).

Sekian posting dari kami, jangan lupa kunjungi juga postingan lain terpopular ini: Inilah 5 Bahaya Yang Disebabkan Listrik Statis Yang Perlu Kalian Waspadai.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel