Cara Menentukan Ukuran Sekering Yang Tepat Pada Sebuah Rangkaian Kelistrikan

Cara Menentukan Ukurang Sekring Yang Tepat Pada Sebuah Rangkaian Kelistrikan,-  fuse atau lebih dikenal dengan istilah sekering  adalah salah satu jenis komponen pengaman sirkuit kelistrikan yang digunakan sebagai komponen pengaman komponen- komponen lain dalam suatu sirkuit atau rangkaian kelistrikan.

Sekring memiliki fungsi utama sebagai pencegah komponen-komponen keleistrikan dalam sebuah sirkuit atau rangkaian kelistrikan dari kerusakan jika terjadi hubungan pendek arus listrik (konslet) atau arus listrik yang lewat terlalu besar dengan jalan memutus sirkuit pada sekring.
Dalam menentukan ukuran fuse,syarat utama yang harus anda ketahui adalah ukuran daya (Watt) dari beban yang akan dipasang pada suatu rangkaian kelistrikan, Jika sudah diketahui daya yang akan dipasang maka langkah selanjutnya yaitu dengan mencari arus (ampere) yang akan diserap oleh bebannya. Ukuran fuse (rated current) harus dua kali dari arus yang akan melewatinya pada saat operasi normal.

Baca Juga: Tahu Gak Kamu Fungsi Sekring Pada Rangkaian Kelistrikan??

Cara Menentukan Ukuran Sekering Yang Tepat Pada Sebuah Rangkaian Kelistrikan
Gb. Jenis Sekring

Ini dia rumusnya.

I = P/V,

Ket.:
I : Kuat Arus ( Ampere )
P : Daya Listrik ( Watt )
V : Tegangan Listrik ( Volt )

Baca Juga: Fungsi Dan Cara Kerja Relay Pada Sirkuit Kelistrikan

Cara Menentukan Ukuran Sekering (Fuse)

Misalnya lampu depan atau headlight sebuah sepeda motor mempunyai daya listrik sebesar 60 Watt dengan tegangan 12 VoltDc maka:
  • Beban yang digunakan adalah 60 Watt, maka dari rumus diatas diperoleh arus yang akan diserap adalah sebesar 60 Watt/12 Volt = 5 Ampere.
  • Hitung Ukuran arus fuse atau rated current dengan cara besar arys yang mengalir dikali 2,sehingga diperoleh hasil,  5 Ampere x 2 = 10 Ampere.
  • Maka ukuran fuse atau sekering yang harus sahabat pakai dengan besar daya 60 Watt adalah 10 Ampere .
  • Biasanya sekering tersedia dalam ukuran: 5 Ampere, 7,5 Ampere, 10 Ampere, 15 Ampere, 20 Ampere, 25 Ampere dan 30 Ampere), jadi ketika diperoleh hasil pengalian dengan hasil koma (,) maka silahkan dibulatkan keatasnya sesuai ukuran sekering yang tersedia dipasaran. sebagai contoh jika diperoleh rated current sebesar 12,5 Ampere maka silahkan gunakan sekring ukuran 15 Ampere.

Demikian ulasan kami tentang Cara Menentukan Ukuran Sekering Yang Tepat Pada Sebuah Rangkaian Kelistrikan, silahkan kunjungi posting pilihan kami tentang: Jenis Kapasitor dan Fungsinya Masing-Masing.

Silahkan untuk lebih jelasnya,tonton video kami berikut ini:


Video Cara Menentukan Besar Ampere Sekring

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel