Knalpot Mobil Keluar Asap Putih, Tenang Jangan Panik!!, Ini Penyebab Dan Solusi Mengatasinya

Knalpot Mobil Keluar Asap Putih, Tenang Jangan Panik!!, Ini Penyebab Dan Solusi Mengatasinya,-Pada saat sobat otomotif menyalakan mesin mobil, tiba-tiba dari dari knalpot keluar asap putih, jangan kaget dulu, ini penyebab knalpot mengeluarkan asap putih, adanya asap putih ini menandakan masalah pada mesin mobil kita. Yang pasti, asap putih yang keluar pada knalpot saat mesin hidup disebabkan karena adanya oli mesin yang ikut terbakar didalam ruang bakar.
Gb. Asap Putih Pada Knalpot.
Dampak ketika knalpot mobil sobat otomotif mengeluarkan Asap Putih yaitu Oli mesin akan berkurang, hal ini yang mengharuskan kita agar selalu mengecek kapasitas oli mesin dan mengisinya jika kurang.

Ketika oli mesin ikut terbakar diruang bakar maka hal ini menandakan adanya keausan linner atau ring piston, yang pada akhirnya tenaga mesin akan drop atau berkirang.

Seiring berjalannya waktu, Oli yang ikut terbakar diruang bakar juga dapat menyebabkan kerak berlebih pada ruang bakar yang dapat mengganggu proses pembakaran bahan bakar dan udara didalam ruang bakar. 

Penyebab Knalpot Mesin Mobil Keluar Asap Putih

Yang jadi pertanyaan mesin mobil kebanyakan menggunakan mesin 4 tak yang sistreem pelumasannya tidak dicampur dengan bahan bakar selayalnya mesin 2 tak, mengapa oli mesin bisa ikut terbakar? Berikut akan kami ulas penyebab oli mesin ikut terbakar didalam ruang bakar:

1. Ring Seher atau Ring Piston Aus
Gb. Ring Seher Aus
Penyebab yang paling umum terkait dengan adanya asap putih yang keluar melalui knalpot saat mesin hidup adalah karena ring seher aus. Perlu kita ketahui bahwasannya ring seher atau piston terbagi menjadi 2 jenis, yaitu ring kompresi(2 buah) dan ring oli (1 buah). Ring kompresi berfungsi untuk merapatkan celah antara piston dan blok silinder agar tekanan kompresi tidak bocor, sedangkan ring oli berfungsi mengikis oli pada dinding silinder dengan maksud untuk mencegah oli dari ruang engkol masuk ke ruang bakar.

Jika salah satu atau kedua ring ini mengalami keausan, maka fungsi kedua ring ini tidak terpenuhi dan akibatnya oli dari bak oli dapat masuk dengan mudah kedalam ruang bakar dan akhirnya ikut terbakar bersama dengan campuran bahan bakar pada saat akhir langkah kompresi.

Biasanya terdapat gejala lain ketika ring seher aus, seperti tenaga mesin yang berkurang atau mesin sulit hidup oada saat masih dingin.

Solusinya, sobat otomotif harus mengganti satu set ring piston untuk mengatasi asap ini dan tentunya hal ini tidak bisa sobat otomotif lakukan sendiri, silahkan bawa ke bengkel langganan terpercaya sobat saja.

2. Dinding Silinder Atau Buring Mesin Aus
Gb. Dinding Silinder Oval
Masalah kedua ini sebenarnya masih berhubungan dengan penyebab yang pertama. Namun masalah kali ini bukan terletak pada ring seher, melainkan dinding silinder atau buring yang sudah oval atau tirus.

Perlu anda ketahui, saat mesin hidup silinder dan ring piston akan selalu bergesekan. Sehingga dalam jangka waktu tertentu maka kedua komponen ini akan mengalami keausan. Jika keausan sudah melebihi batas toleransinya maka oli mesin dapat dengan mudah masuk kedalam ruang bakar sehingga dapat ikut terbakar bersama campuran bahan bakar dan akhirnya asap putih keluar melalui knalpot.

Gejala seperti tenaga drop dan mesin susah hidup pada saat mesin dingin juga akan sobat temui ketika dinding silinder aus. Cara mengatasi permasalahan ini, sobat otomotif perlu melakukan langkah over size (bisa Oversize 25, 50, 75 atau bahkan 100). Untuk urusan ini, sobat otomotif harus bawa ke bengkel langganan terpercaya juga.

3. Seal Katup Atau Klep Bocor
Gb.Seal Klep Bocor
Penyebabkan oli mesin masuk ke ruang bakar berasal dari komponen mesin bagian atas. Katup atau valve berfungsi untuk membuka dan menutup saluran masuk campuran bahan bakar maupun saluran buang gas sisa pembakaran.

Setiap katup mempunyai sebuah seal katup yang berfungsi untuk mencegah oli bocor ke dalam manifold. Namun karena faktor lama pemakaian, seal ini dapat mengalami pengerasan atau getas yang berdampak pad daya rapatnya menurun. Sehingga oli bisa masuk kedalam manifold bersamaan dengan campuran bahan bakar menuju ruang bakar.

Cara mengatasinya, adalah dengan mengganti seal katup dengan yang seal yant baru.

4. Batang katup atau Klep Bengkok
Gb. Batang Klep Bengkok
Batang katup yang bengkok mengakibatkan posisinya tidak bisa center. Sementara lubang katup (yang ada seal) sudah di set secara center dengan lubang intake/exhaust. Artinya jika batang katup bengkok alias tidak center, maka salah satu sisi seal akan tertekan dan sisi lainnya akan longgar.

Kelonggaran ini yang nantinya bisa menjadi jalan oli mesin masuk menuju ruany bakar. Kalau anda hanya mengganti seal klep tanpa mengganti katupnya, maka masalah serupa akan kembali muncul setelah beberapa hari.

Solusinya adalah mengganti dua komponen tadi secara bersamaa yakni seal katup dan katup itu sendiri.

5. Packing Atau Gasket Kepala Silinder Aus
Gb. Packing Kepala Silinder Aus
Packing ini berfungsinya sebagai perapat antara blok silinder dan kepala silinder mesin, baik perapat ruang bakar agar tekanan kompresi tidak hilang, juga untuk merapatkan jalur oli dari bak oli ke kepala silinder.

Jika oli bocor atau tercecer mengarah ke ruang bakar maka asap knalpot bisa berwarna putih agak biru (tergantung kuantitas oli yang masuk).

Jika hal ini terjadi, maka ada gejala lain lain yang akan terlihat pada bagian mesin moib yang selalu kotor karena adanya rembesan oli. Selain itu biasanya muncul juga suara yang agak kasar.

Solusinya, adalah dengan mengganti packing kepala silinder dengan yang baru.

6. Penggunaan Oli Mesin Yang Lebih Encer Dari Standarnya
Gb. Penggunaan Oli Mesin Yang Tidak Sesuai
Kondisi oli mesin yang terlalu encer akan membuat oli tersebut dapat memasuki celah-celah kecil pada mesin. Secara normal, mesin biasanya memiliki data spesifikasi teknis terkait tingkat kekentalan atau SAE oli yang diijinkan untuk dipakai.

Ini penting karena SAE juga mempengaruhi kemampuan oli dalam melumasi celah kecil. Oleh karena itu maka gunakanlah oli sesuai SAE yang dianjurkan, penggunaan oli yang lebih encer mengakibatkan oli tersebut bisa masuk ke ruang bakar melalui celah ring piston meski ring atau silinder tidak aus.

Perlu diketahui juga oli lebih encer selain disebabkan penggunaan yang tidak sesuai spesifikasi, oli encer juga bisa disebabkan karena oli tercampur dengan bahan bakar.

Masalah ini biasanya akan muncul ketika mobil sobat otomotif tiba-tiba keluar asap putih setelah ganti oli. Solusinya, ganti lagi oli mesin mobil sobat dengan spek yang sesuai.

Demikian artikel tentang Knalpot Mobil Keluar Asap Putih, Tenang Jangan Panik!!, Ini Penyebab Dan Solusi Mengatasinya,semoga dapat menambah wawasan kita, jangan lupa kunjungi juga artikel pilihan kami berikut:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel