Penyebab Mesin Mobil Bergetar Saat Putaran Langsam ( +Solusi Menanganinya)

Penyebab Mesin Mobil Bergetar Saat Putaran Langsam ( +Solusi Menanganinya),- kondisi mobil yang bergetar pada saat mesin hidup dengan putaran idle atau langsam kemungkinan besar disebabkan oleh, yang pertama adanya masalah pada internal mesin dan yang kedua karena adanya kerusakan pada komponen engine mounting atau penyangga mesin.
Solusi mesin bergetar saat putaran langsam
Gb. Mesin Bergetar Pada Saat Langsam
Gangguan ini akan terasa pada saat pedal gas mesin ditekan, pada saat mobil dihidupkan pada putaran yang lebih tinggi biasanya mesin akan lebih stabil karena adanya proses pembakaran yang lebih merata, Sementara di pada saat mesin hidup pada putaran idle atau langsam menjadi tidak seimbang atau bergetar.

Mari kita simak bersama apakah sebenarnya gangguan yang menyebabkan mesin bergetar tersebut pada ulasan kami berikut.

Penyebab Mesin Mobil Bergetar Saat Putaran Langsam

Berikut beberapa hal atau gangguan yang dapat menyebabkan mesin bergetar pada saat putaran langsam.

1. Adanya Kerusakan Pada Engine Mounting atau Komponen Penyangga Mesin
Penyebab mesin bergetar pada putaran langsam
Gb. Engine Mounting Dalam Kondisi Bagus

Engine mounting merupakan bagian atau komponen pada mobil yang berfungsi untuk menyangga mesin aagar tetap berada diposisinya didalam ruang mesin tanpa terpengaruh dengan kondisi sekitar. Atau istilah gampangnya, engine mounting ini adalah part atau komponen yang memegangi mesin.
Penyebab mesin bergetar saat langsam
Gb. Kondisi Engine Mounting Yang Sudah Tidal Layak

Pada unit mesin mobil biasanya terdapat sekitar 3 sampai 4 buah engine mounting untuk menyangga mesin. Setiap part engine mounting ini dibuat sedikit fleksibel atau lentur sebagai upaya untuk meredam getaran yang dihasilkan mesin pada saat hidup.

Perlu diketahui bahwasannya mesin yang dalam kondisi normal sudah pasti akan menghasilkan guncangan pada saat dihidupkan, dan dengan adanya engine mounting ini guncangan yang dihasilkan mesin tersebut dapat diredam sehingga tidak diteruskan ke bodi kendaraan.

Kerusakan engine mounting berdampak pada proses peredaman guncangan mesin yang kurang optimal pada saat mesin hidup, sehingga akan muncul gejala mesin terlihat bergetar.

Solusinya yaitu cek kondisi engine mounting secara visual apakah robek atau sudah getas karena sering terkena oli dan kotoran. Jika hal ini terjadi maka sudah wajib hukumnya untuk mengganti engine mounting yang sudah tidak layak tersebut.

2. Kondisi Mesin Pincang
Penyebab mesin pincang
Gb. Mesin Bergetar atau Pincang
Mesin pincang merupakan kondisi dimana pembakaran bahan bakar dan udara didalam ruang bakar mesin tidak berjalan secara seimbang antar silinder pada sebuah mesin (gampangnya pembakaran silinder 1,2,3 dan silinder 4 tidak seimbang), biasanya hal ini disebabkan karena adanya misfiring atau kegagalan pembakaran pada salah satu silinder mobilnya sehingga efeknya mesin akan bergoyang atau bergetar secara berlebihan.
Mesin pincang
Gb. injektor kotor dan mampet
Misfiring dapat disebabkan karena adanya salah satu busi atau koil pengapian (pada jenis sistem pengapian langsung) pada silinder mesin ada yang mati, atau dapat juga disebabkan karena adanya salah satu injektor pada silinder mesin mampet atau tidak berfungsi

Intinya yaitu jika salah satu silinder pada mesin tidak terjadi pembakaran campuran bahan bakar dan udara,maka secara otomatis akan mengakibatkan mesin bergetar pada saat dihidupkan dan terkadang putaran mesin juga akan naik sendiri agar mesin mobil tetap hidup.
Penyebab mesin mobil pincang
Gb. Busi Mati
Solusinya sobat otomotif dapat  melakukan pengecekan terhadap kedua sistem tersebut diatas (sistem pengapian dan sistem bahan bakar) untuk menentukan komponen yang rusak, apakah koil atau businya atau bahkan dari sistem injeksi bahan bakarnya. Kalau cek engine menyala pada saat mesin dihidupkan bisa jadi itu berasal dari injektornya, Namun kalau tidak ada tanda-tanda dari cek engine maka bisa saja koil atau businya yang rusak. Ganti jika busi atau coil sudah tidak dapat memercikkan bunga api dan bersihkan injektor jika kondisinya mampet. Sabar ya dalam mencari troubel ini, karena terkadang hanya kabel atau socket injektor atau coilnya yang kotor atau kendor saja.

3. Adanya Keausan pada komponen-komponen mesin
Solusi mesin bergetar
Gb. Stang Seher Bengkok Karena adanya water hammer
Komponen yang dimaksud yaitu komponen utama mesin seperti blok silinder, klep masuk dan klep buang serta seher atau piston atau bahkan batang piston. Adanya kerusakan Komponen-komponen ini akan memiliki dampak yang cukup besar terhadap kinerja mesin, apabila salah satu komponen mengalami keausan atau kerusakan maka akan muncul gejala seperti suara kasar dan getaran mesin.

Akan tetapi perlu diingatvya sob, bahwasannya masalah keausan komponen ini biasanya terjadi pada mesin dengan usia pemakaian yang dapat dibilang sudah lama (kisaran diatas 60 ribu KM).

Jadi, kalau mobil sobat otomotif sudah menempuh jarak pemakaian kisaran 60 ribu KM maka hal ini perlu diwaspadai. Karena masalah-masalah ini dapat diselesaikan dengan melakukan overhoule mesin dan mengganti komponem tersebut dengan komponen yang sesuai

Demikian ulasan kami tentang Penyebab Mesin Mobil Bergetar Saat Putaran Langsam ( +Solusi Menanganinya), semoga dapat menambah wawasan kita semua, jangan lupa kunjungi juga artikel pilihan kami berikut ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel