Cara Melepas Kabel Aki Atau Baterai Yang Benar Dan Aman

Cara Melepas Kabel Aki Atau Baterai Yang Benar Dan Aman,- Komponen Accu atau sering kita sebut dengan istilah aki merupakan salah satu komponen mobil atau kendaraan bermotor yang berfungsi untuk menyimpan sementara arus listrik serta sekaligus berfungsi untuk mensupply kebutuhan arus listrik pada sistem kelistrikan mobil atau kendaraan bermotor kita.

Karena hal tersebut diatas,maka kondisi aki harus selalu dalam kondisi baik, ketika kondisi aki kurang baik (aki kondiai nge-drop), maka alangkah baiknnya aki tersebut harus segera diganti dengan yang baru jika memang kondisi aki itu sendiri yang rusak bukan sistem pengisiannya yang terdapat masalah.

Pada saat sobat otomotif bermaksud mengganti unit aki dengan aki baru,maka hendaklah berhati-hati saat akan melepas kabel aki atau baterai tersebug karena jika sobat otomotif salah langkah dalam melepas kabel aki atau baterai,maka dapat menimbulkan beberapa masalah yang justru berakibat fatal pada kendaraan sobat semua.

Cara Melepas Kabel Aki

Pada saat sobat otomotif bermaksud akan melakukan penggantian aki atau baterai, maka sobat otomotif dapat melakukan langkah-langkah berikut ini:
Cara melepas kabel aki mobil
Gb. Melepas Kabel Aki Mobil
  1. Wajib Sobat Pastikan Bahwasannya Kunci kontak dalam posisi OFF (Atau Cabut Kunci Kontaknya), hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya percikkan bunga api pada saat sobat melepas kabel aki atau baterai.
  2. Siapkan kunci Pas Sesuai Ukuran Baut dan Mur Aki atau Baterai pada Kendaraan.
  3. Lepas Kabel Negatif Aki Terlebih Dahulu (Biasanya Kabel Negatif Aki berwarna Hitam).
  4. Setelah Kabel Negatif Aki Terlepas dengan sempurna (Jauhkan kabel negatif aki dari terminal negatif aki), Kemudian dilanjutkan melepaskan kabel positif Aki (Biasanya Kabel Positif Aki Berwarna Merah).
  5. Lepas Klem Penahan Baterai Atau Aki
  6. Lepas baterai atau aki dari dudukannya dan kemudian ganti aki atau baterai dengan baterai yang baru. Serta jangan lupa Pastikan bahwasannya ukuran dan kapasitas baterai atau aki baru sama dengan kapasitas dan ukuran baterai atau aki yang lama.

Mungkin sobat otomotif bertanya-tanya, Kenapa melepas kabel aki atau baterai harus dimulai dari melepas kabel negatifnya terlebih dahulu? Perlu kita ketahui bahwasannya hal ini bertujuan untuk menjaga keamanan (menghindari kemungkinan adanya Konsleting pada saat melepas baterai atau aki).

Perlu kita ketahui bahwasannya ground atau massa kendaraan bermotor atau mobil adalah kerangka dan mesin kendaraan itu sendiri. Karena kabel negatif baterai terhubung dengan kerangka dan mesin kendaraan bermotor sehingga jika kabel negatif  kita lepas, maka maka terminal negatif baterai tidak akan terhubung dengan kerangka dan mesin kendaraan bermotor tersebut.

Jika sobat otomotif melepas kabel positifnya terlebih dahulu sebelum melepas kabel negatif aki atau baterai maka besar kemungkinan pada menggunakan kunci untuk melepas atau saat melepas tanpa sengaja kunci tersebut mengenai kerangka atau bodi kendaraan bermotor maka akan terjadi hubungan singkat atau konsleting.

Dan sebaliknya, jika sobat otomotif melepas kabel negatifnya terlebih dahulu maka ketika kunci yang kita gunakan pada saat melepas tanpa sengaja mengenai kerangk atau bodi kendaraan bermotor maka tidak akan terjadi hubungan singkat atau konsleting.

Oleh sebab itulah untuk menghindari hal tersebut diatas maka sangat dianjurkan bahkan diwajibkan untuk melepas kabel negatif aki atau baterai terlebih dahulu sebelum melepas kabel positif aki atau baterai.

Cara Memasang Kabel Baterai

Sebenarnya langkah memasang kabel baterai sangat mudah dipahami, yaitu langkah kerjanya berkebalikan dengan langkah kerja pada saat melepas kabel aki atau baterai. Adapun langkah detailnya adalah sebagai berikut:
Cara melepas kabel Aki mobil
Gb. Mengganti Aki Dengan Ukuran Dan Kapasitas Yang Sesuai Dan Sama
  1. Wajib Sobat Pastikan Bahwasannya Kunci kontak dalam posisi OFF (Atau Cabut Kunci Kontaknya), hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya percikkan bunga api pada saat sobat melepas kabel aki atau baterai.
  2. Siapkan kunci Pas Sesuai Ukuran Baut dan Mur Aki atau Baterai pada Kendaraan.
  3. Pastikan kapasitas dan ukuran baterai atau aki Baru Sesuai
  4. Letakkkan Baterai pada Tempatnya sesuai letak terminal baterai yang lama( awas jangan sampai kebalik posisi terminal baterainya)
  5. Pasang Klem Penahan Baterai Atau Aki.
  6. Pasang Kabel Positif Aki Terlebih Dahulu (Biasanya Kabel Positif Aki berwarna Merah).
  7. Setelah Kabel Positif Aki Terpasang dengan sempurna, dilanjutkan langkah selanjutnya.
  8. Pasang Kabel Negatif Aki (Biasanya Kabel Negatif Aki Berwarna Hitam).
  9. Pastikan posisi baterai terpasang kuat pada tempatnya.

Intinya yang harus diperhatikan pada saat memasang kabel aki atau baterai, maka lakukanlah pemasangan kabel positif aki atau baterai terlebih dahulu sebelum memasang kabel negatif aki atau baterai ( kebalikan dari saat melepas kabel aki atau baterai).

Demikian ulasan kami tentang Cara Melepas Kabel Aki Atau Baterai Yang Benar Dan Aman, semoga dapat menambah wawasan kita semua,jangan lupa kunjungi juga artikel pilihan kami berikut ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel