Cara Mengatasi Mesin Mobil Bunyi Nguing (Tenyata Sepele Penyebab dan Penanganannya)

Cara Mengatasi Mesin Mobil Bunyi Nguing (Tenyata Sepele Penyebab dan Penanganannya),- Bunyi Abnormal pada mesin merupakan sebuah kode yang menandakan bahwa mesin kita terdapat adanya kerusakan pada salah satu komponennya, seperti halnya bunyi nging atau ngiung seperti suara siulan. Bunyi seperti ini dapat mengindikasikan bahwa terdapat adanya kerusakan atau malfungsi pada laher pulley mesin atau kerusakan dibagian komponen alternator sistem pengisian.
Cara mengatasi suara nging pada mesin mobil
Gb. Suara Nging Pada Mesin Mobil
Sobat otomotif tak perlu khawatir karena pada artikel kali ini kami akan membahas hal ini, apakah bunyi-bunyian yang ada sngat berbahaya atau tidak sehingga harus segera ditangani. Selain itu kami juga akan bahas mengenai bagaimana cara mengecek penyebab mesin mobil bunyi nging atau nguing ini, tentunya beserta cara mengatasinya.

Penyebab Mesin Mobil Bunyi Ngiung

Berikut beberapa penyebab mesin mobil bunyi nguing dan solusi mengatasiya:

1. Adanya Kerusakan Komponen Bearing Mesin
Penyebab bunyi nging pada mesin mobil
Gb. Bearing Yang Rusak
Jika sibat otomotif lihat dibagian depan mobil (mesin mobil dengan penggerak roda belakang) ataau bagian kiri mobil (mesin mobil dengan penggerak roda depan), maka sudah pasti sobat otomotif akan melihat sebuah V-belt atau Fan Belt yang menghubungkan  beberapa pully untuk meneruskan putaran mesin kekomponen yang membutuhkan seperti alternator sistem pengisian, pompa power steering dan kompressor Ac serta Waterpump sistem pendingin.

Ketika bearing salah satu pulley pada komponen tersebut diatas mengalami kerusakan, maka hal ini akan menimbulkan  suatu bunyi yang tidak enak didengar dari mulai bunyi gesekan, bunyi mendengung hingga bunyi nging atau nguing sesuai material penyusun komponen bearingnya.

Untuk mendeteksi bearing pada pully yang mana yang mengalami kerusakan, sobat otomotif dapat melakukan langkah berikut ini:

Pertama buka kap mesin dan kemudian hidupkan mesin dalam putaran langsam. Dengarkan sumber suara ngiung tersebut dari mana bunyi itu berasal, jika sobat otomotif sudah yakin bahwa bunyinya dari area V-belt, sobat otomotif selanjutnya harus memastikan pulley mana yang bearingnya berbunyi ngiung tersebut.
Cara menemukan bunyi nging pada mesin mobil
Gb. Stetoskop Khusus Mekanik
Caranya bisa menggunakan stetoskop khusus mekanik atau kalu tidak punya bisa dengan cara menggunakan obeng magnet, sobat otomotif tingga menempelkan ujung obeng didekat pulley (pulley yang dianggap paling dicurigai bearingnya rusak terlebih dahulu) lalu tempelkan ujung lainnya ke telinga. Jadi ini seperti stetoskop namun yang dideteksi adalah bunyi dari mesin.
Solusi bunyi nguing pada mesin mobil
Gb. Obeng Magnet
Cek semua pulley pada mesin, sampai nantinya sobat otomotif akan temukan terdapat satu area yang memiliki bunyi nguing paling jelas. Maka bisa sobat simpulkan bahwasannya bearing pada pulley itulah yanga mengalami kerusakan.

Secara umum masalah ini tidak berbahaya pada kinerja mesin itu sendiri karena tidak berhubungan langsung dengan kinerja mesin, namun hal ini akan nerpengaruh pada sistem pendukung mesin yang tidak dapat bekerja dengan maksimal seperti alternator, kompressor AC, Water pump dan pompa power steering, perlu Sobat otomotif ketahui bahwasannya ketika bearing rusak maka intensitas bunyi nging atau nguing tersebut akan semakin keras ketika mesin digas dan berkurang ketika mesin tidak digas atau kondisi langsam.

Solusinya ketika bearing atau laher pulley rusak yaitu harus diganti atau kalau kondisi bearingnya kering dan tidak rusak parah, coba lakukan pemberian grease atau vaselin pada bearing tersebut.

2. Adanya Kerusakan Dioda pada Alternator Pengisian
Dioda atau rectifier merupakan komponen elektronik yang berfungsi untuk meneyearahkan arus listrik yang dihasilkan alternator atau simplenya berfungsi untuk mengubah arus AC menjadi DC menuju baterai. 
Cara menemukan bunyi nguing pada mesin mobil
Gb Dioda Alternator Sistem Pengisian
Pengalaman beberaoa temen mekanik, ketika komponen elektronik ini  rusak akan mengeluarkan bunyi nging atau nguing. Bunyi nging atau nguing ini biasanya hanya akan terdengar pada saat mesin berputar langsam. Sedangkan pada saat digas, bunyi Nging ini akan tersamarkan oleh bunyi mesin pada saat hidup.

Untuk memastikannya, sobat otomotif buka kap mesin kemudian coba lepas soket alternator pengisian, setelah itu Hidupkan lagi mesin, dan lanjutkan dengarkan suara nging tersebut apakah masih ada atau tidak, jika bunyi nging atau nguing itu hilang maka sudah dapat pasti itu bahwasannya sumber bunyi disebabkan karena adanya kerusakan dioda atau rectifier pada unit alternator sistem pengisian.

Joka dioda pada alternator sistem pengisian rusak, maka segera lakukan perbaikan dibengkel spesialis dinamo saja, karena Hal ini dapat mengakibatkan pengisian aki tidak berjalan dengan baik sehingga ketika dipaksakan jalan dapat menyebabkan mesin mogok di tengah jalan karena aki soak.

3. Adanya kerusakan Pada Bearing eXtra Fan atau Kipas Pendingin
Cara mengatasi bunyi nging mobil
Gb. Kipas Pendingin
Bunyi nging atau nguing dapat bersumber juga dari kipas pendingin yang menyala dalam kondisi kecepatan tinggi (kecepatan 2).

Bunyi ini dapat dikatakan normal selama bunyi yang didengar itu halus, tapi kalau bunyi Nging atau nguing ini melengking keras bahkan sampai terdengan sampai kabin penumpang maka hal ini menandakan adanya kerusakan pada beraing atau laher pada kipas pendingin.

Ciri bunyi nguing ini, biasanya bunyinya hanya terdengar kadang-kadang saja karena bunyinya hanya akan muncul padaa saat kipas berputar.

Untuk mendeteksinya, cukup lakukan langkah sederhana ini: hidupkan mesin beserta AC kemudian buka kap mesin. Lalu perhatikan kinerja kipas pendingin, ketika kipas berputar dan bunyi nging terdengar maka itu berarti laher kipas rusak. Solusinya, harus diganti baik diganti lahernya atau diganti satu set kipas.

Sama seperti nomer 1 diatas, masalah ini juga tidak terlalu berbahaya selama kipas pendingin masih dapat berputar dengan normal. Namun, jika bunyi itu sampai menghambat putaran kipas baru itu berbahaya karena dapat menyebabkan terjadinya overheating.

Demikian ulasan kami tentang Cara Mengatasi Mesin Mobil Bunyi Nguing (Tenyata Sepele Penyebab dan Penanganannya), semoga dapat menambah wawasan kita semua,jangan lupa kunjungi juga artikel pilihan kami berikut ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel