Solusi + Penyebab Suara Mesin Mobil Mendengung

Solusi + Penyebab Suara Mesin Mobil Mendengung,- Perlu kita ketahui bahwasannya pada saat sobat otomotif mendengarkan bunyi mendengung pada mobil saat mobil hidup stasioner atau saat mobil melintas dijalanan, hal ini bukan hanya bersumber dari mesin mobil itu sendiri melainkan bisa saja bersumber dari sistem pendukung mesin yang lain seperti sistem pemindah tenaga mesin mobil, karena bisa juga kerusakan pada sistem pemindah tenaga ini dapat membuat mobil mendengung.
Penyebab suara mesin mobil mendengung
Gb. Konstruksi Mesin Mobil

Penyebab Suara Mesin Mobil Mendengung

Pada artikel kali ini kami akan mengulas beberapa penyebab serta solusi suara mesin mobil mendengung, oke langsung saja simak ulasan berikut:

1. Adanya Kerusakan Pada  Pompa Hidrolik Power Steering
Cara mengatasi suara mesin mobil mendengung
Gb. Konstruksi Pompa Power Steering
Meski peredaran mobil baru sekarang sudah menggunakan sistem elektronik power steering namun masih banyak mobil yang menerapkan sistem hidraulik power steering terutama untuk mobil produksi dibawah tahun 2012-an

Pada kendaraan yang menerapkan sistem hidraulik power steering, terdapat komponen yang disebut pompa power steering yang keberadaannya menempel pada mesin. Pompa power steering ini yang membantu memberi energi putar saat kita memutar steer kemudi untuk meringankan beban pengemudian pada saat kendaraan melaju pada putaran rendah.

Jika As atau poros pompa power steering atau bantalannya mengalami kerusakan, maka akan menimbulkan bunyi mendengung. Serta biasanya Bunyi ini akan terdengar semakin jelas pada saat kita membelokkan setir kemudi.

2. Adanya Kerusakan Pada Unit Kompresor AC
Solusi mesin mobil mendengung
Gb. Konstruksi Kompressor AC Mobil

Gesekan-gesekan antara logam didalam komponen kompresor AC yang telah mengalami keausan dapat menyebabkan suara mendengung. Namun suara dengung yang disebabkan kompresor AC hanya akan terdengar sesaat saja pada saat kompresor AC nyala.

Pada saat sobat otomotif stel knop AC ke posisi stelan paling dingin, maka bunyi dengungnya akan sering terdengar tapi jika stelan AC diset ke suhu sedang, maka bunyi dengung sangat jarang terdengar. Jadi sobat otomotif bisa mengidentifikasikan sumber bunyi dengung ini.

Jika unit kompresor AC mengalami kerusakan, maka unit kompressor harus dilakukan penggantian. Karena bram hasil gesekan didalam kompresor AC bisa masuk ke saluran sirkulasi freon dan dapat menyebabkan sistem AC tersumbat bahkan dapat mrnyebabkan saluran AC jebol.

3. Adanya Kerusakan Laher atau Bearing Pulley Mesin
Mesin mobil bunyi mendengung
Gb. Laher Pulley Mesin
Jika sobat otomoti amati bagian depan mesin untuk mesin dengan penggerak roda belakamg atau bagian samping kiri mobil untuk mobil penggerak roda depan, maka sobat otomotif akan melihat v-belt yang terpasang dengan banyak pulley. Ada pulley water pump sistem pendingin, ada pulley mesin, ada pulley idle, adq pulley alternator pengisian, ada pulley tensioner dan ada pulley pompa hidrolik power steering.

Pada saat salah satu pulley tersebut diatas mengalami kerusakan, maka menimbulkan bunyi mendengung. Namun karena pulley-pulley ini selalu terhubung, maka bunyinya akan langsung terdengar pada saat mesin dihidupkan dan bunyi inipun akan selalu bertahan selama mesin dihidupkan  baik pada saat mobil diam atau pada saat mobil melintasi jalanan. Solusi laher atau bearing yang rusak yaitu dengan cara penggantian, karena bearing tidak dapat diperbaiki, kecuali kalau kerusakan berupa kondisi beraing kering, maka hal ini dapat diatasi dengan memberi pelumas vet atau grase pada unit bearing tersebut.

Demikian juga ketika bearing roda mulai aus juga akqn menimbulkan suara  srek-srek hingga suara mendengung. Biadanya Bearing roda depan yang lebih sering mengalami keausan , hal ini dikarenakan roda depan lebih banyak menahan beban pengemudian mobil dibandingkan roda belakang terutama pada mesin penggerak roda depan.

Begitu juga sama halnya dengan bearing pulley, bearing roda yang telah rusak juga harus diganti dan tidak dapat diperbaiki.

4. Adanya Kesalahan Pasang Arah Rotasi Ban Atau Ban Tidak Rata
Penyebab mesin mobil mendengung
Gb. Tanda Arah Rotasi Ban Mobil
Ban Luar mobil itu dibuat dengan hanya memiliki arah rotasi berjumlah satu arah putaran saja. Sehingga pemasangannya tidak boleh terbalik arah rotasinya. Biasanya kode arah rotasi ban terletak pada dinding ban berupa simbol anak panah yang menunjukan arah rotasi atau arah putaran ban.

Kesalahan arah putaran ban dapa menimbulkan efek suara atau bunyi berupa suara mendengung pada saat mobil melewati jalan yang beraspal.

Selain karena salah arah rotasi ban, kondisi ban atau jalan yang tidak rata juga dapat menjadi sumber bunyi mendengung, hal ini bisa sobat otomotif coba dengan melintas bagian tepi jalan Tol. Maka Biasanya akan terdengar bunyi mendengung.

Solusinya cukup gampang, hanya pastikan kondisi ban mobil sobat otomotif tidak dalam kondisi yang tidak rata keausannya, atau tidak dalam kondisi salah arah rotasi ban.

5. Adanya Kerusakan Pada Kopel Join pada Unit Poros Propeller
Cara mengatasi mesin mobil mendengung
Gb. Kopel Join Poroa Propeller
Kopel join hanya terdapat pada mesin mobil dengan penggerak roda belakang seperti toyota innova dan sejenisnya, dan tidak terdapat pada mesin mobil dengan penggerak roda depan seperti honda mobilio dan sejenisnya. Kopel joint atau universal joint memiliki fungsi untuk membuat poros propeller fleksibel sehingga dapat meneruskan putaran meski sudut antara gardan dan mesin itu  berubah-ubah atau naik turun.

Jika kopel join mengalami kausan maka akan menimbulkan suara mendengung yang terdengar dibagian kolong mobil. Serta intensitas suaranya  akan semakin jelas ketika kecepatan mobil ditambah. Solusi terbaiknya adalah dengan mengganti kopel joint dengan yang baru.

Demikian ulasan kami tentang Solusi + Penyebab Suara Mesin Mobil Mendengung
semoga menambah wawasan kita semua,jangan lupa kunjungi juga artikel pilihan kami berikut ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel