Cara Mudah Diagnosis Kerusakan Sistem AC Mobil, Anda Bisa Lakukan Sendiri!!

Cara Mudah Diagnosis Kerusakan Sistem AC Mobil,  Anda Bisa Lakukan Sendiri!!,- Mobil tanpa AC menurut mimin bisa dikatakan ibarat seorang lelaki tanpa pasangan atau sebaliknya. Merasa hidup tapi serasa ada yang kurang alias belum lengkap.

Sobat otomotif juga pasti tidak mau menghadapi teriknya sinar matahari di dalam mobil tanpa AC, apalagi kalau kondisi jalan sedang macet. Hal ini menandakan bahwasannya keberadaan sistem AC mobil adalah salah satu bagian yang sangat penting pada kendaraan. Bisa dikatakan juga ketika kita menyalakan mobil sudah sepaket dengan menyalakan AC. Otomatis Ac segera menyala setelah mobil kita nyalakan. 
Cara mendiagnosis kerusakan sistem ac
Gb. Sistem Ac Mobil
Akan tetapi, bagaimana jika AC mobil sobat otomotif tidak berfungsi seperti biasanya? Saat dinyalakan, mungkin ada sesuatu yang tidak wajar atau abnormal pada komponennya. Entah berupa suara komponen yang berisik, aneh, atau bisa berupa udara yang keluar dari kisi-kisi Ac bukannya dingin tetapi justru malah terasa panas.

Bisa jadi hal-hal tersebut diatas adalah gejala awal rusaknya sistem AC mobil sobat otomotif sekalian. Kerusakan pada sistem AC mobil biasanya menimpa komponen kompresor AC. Bisa dikatakan Kompresor AC mobil sebagai jantung bagi keseluruhan sistem AC mobil kita.

Perlu kita ketahui bahwasannya Kompresor adalah salah satu komponen kunci. Tanpa kompresor, sistem AC secara keseluruhan tidak akan bekerja. Kompresor bertugas untuk menekan atau mengkompresikan gas refrigerant atau freon ke seluruh saluran sistem Ac sehingga kompresor dapat membuang panas dan kelembaban dari udara di dalam kabin melalui kondensor ac. 

Pada umumnya, kompresor AC mobil dapat bertahan lama. Pun jika rusak sebelum masa pakai, tentu diakibatkan oleh permasalahan yang sebetulnya bisa dicegah. Harga kompresor AC mobil tergolong mahal. Untuk beberapa kasus, kadang ada yang tidak bisa diperbaiki.

Hal tersebut menandakan pentingnya menjaga kompresor AC supaya tetap dalam kondisi yang prima. Berikut gejala-gejala awal rusaknya kompresor AC mobil kamu yang harus kamu waspadai agar kerusakan tidak menjalar kesistem yang lain dan segera dapat tertangani masalahnya. 

Gejala Kompressor Ac Mobil Rusak

1. Terdengar Suara Kasar Pada Saat Ac Dihidupkan
Cara mengenali gejala kerusakan pada sistem Ac
Gb.  Suara kasa saat Ac On
 Terdengar suara yang agak kasar saat tombol AC diubah ke posisi 1-2-3 yang mengindikasikan AC mulai bekerja.Kompresor yang bermasalah akan mengeluarkan suara seperti gesekan, terdengar seperti suara kasar. Namun, jika digeser ke tombol off, suara kasar tersebut akan hilang. Ini merupakan tanda bahwa kompresor AC mobil kamu bermasalah.

2. Berkurangnya Tekanan Kompresor Ac
Cara mengidentifikasikan gejala kerusakan pada sistem ac
Gb.  Memeriksa Hembusan udara yang keluar pada sistem Ac
Tekanan pada kompresor berkurang. Hal ini ditandai dengan hembusan udara dari AC mobil yang terasa kurang dingin. Apalagi saat mesin mobil dijalankan dalam kecepatan rendah. Namun, ketika mobil mulai jalan pada kecepatan tertentu, hembusan udara dari AC mobil akan mulai terasa dingin

3. Terdapat Kebocoran Freon atau Refrigerant
Semakin besar kebocorannya, freon Ac akan semakin cepat habis. Akibatnya AC tidak akan terasa dingin. Rata-rata kebocoran pada kompresor AC mobil berlangsung sekitar 6 minggu hingga freon habis total. Jika hal ini sudah terjadi, kamu harus segera memperbaikinya. Bocornya gas freon Ac akan menimbulkan efek samping yang berbahaya jika dihirup terus-menerus.

4. Adanya Throuble pada Kopling Magnet Kompressor Ac (Magnetic Clutch)
Cara mendiagnosis kerusakan sistem ac mobil
Gb. Magnetic Clutch Kompressor ac
Permasalahan ini pada umumnya disadari dalam kondisi mobil yang sedang berada di jalanan macet atau saat mobil sedang berjalan merayap. Udara yang tadinya dingin, mendadak menjadi tidak dingin sama sekali. Namun, setelah dimatikan sesat dan dihidupkan kembali, AC kembali berfungsi dan terasa dingin. Biasanya, diiringi rpm mobil yang tinggi, di atas putaran kira-kira 1000 rpm.

Demikian ulasan kami  tentang Cara Mudah Diagnosis Kerusakan Sistem AC Mobil,  Anda Bisa Lakukan Sendiri!!, semoga dapat menambah wawasan kita semua,  jangan lupa kunjungi juga artikel menarik kami yang lain berikut ini. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel