Ini 5 Tips Hebat Cara Mudah Merawat AC Mobil Agar Selalu Tetap Dingin

Ini 5 Tips Hebat Cara Mudah Merawat AC Mobil Agar Selalu Tetap Dingin,- Salah satu fitur dalam mobil yang boleh dibilang wajib ada keberadaannya adalah penyejuk udara atau air conditioner (AC). Fitur ini biasanya selalu digunakan para pemilik mobil demi kenyamanan berkendara, apalagi bagi Sahabat yang hidup di kota-kota besar seperti Jakarta, Yogyakarta dan semarang tentunya penyejuk udara sangat dibutuhkan.
Cara merawat ac mobil agar tetap dingin
Gb.  Sistem Ac Mobil
Karena intensitas penggunaannya yang dibilang sangat sering,  sudah selayaknya perangkat dalam mobil ini harus selalu dirawat dengan baik agar sistem ac selalu dapat bekerja maksimal serta komponen-komponennya lebih awet. Pengecekan rutin terhadap AC sebaiknya Sahabat lakukan di bengkel, akan tetapi tidak ada salahnya sobat melakukan sendiri hal-hal yang sangat mudah dilakukan oleh sobat sekalian untuk menjaga kinerja ac selalu optimal sebelum membawanya ke bengkel kepercayaan sobat semua. 

Tips Merawat Ac Mobil Agar Tetap Dingin

1. Sobat Harus Selalu Menjaga Kebersihan Di Dalam Mobil
Kebersihan dalam ruang kabin penumpang mobil tentu menjadi hal yang sangat penting agar kondisi dan kinerja AC mobil sobat otomotif tetap optimal, terutama untuk kebersihan karpet didalamnya. 

Usahakan agar karpet didalam mobil sobat otomotif selalu dalam kondisi yang bersih ketika AC mobil akan dinyalakan. Selain itu pastikan pula untuk membersihkan jok mobil anda secara rutin baik dari kotoran sisa makanan maupun debu.

2. Selalu Lakukan Pengecekan Kebocoran Pada Selang atau Pipa AC Mobil
Kebocoran pada selang atau pipa AC yang biasanya disebabkan karena usia pemakaian suku cadang. Kebocoran pada pipa AC dapat membuat freon akan selalu berkurang melalui lubang-lubang kebocoran tersebut.

3. Lakukan Sesekali Pembersihan Kondensor AC
Pastikan untuk membersihkan kondensor AC dengan benar. Kondensor berbentuk seperti radiator dan biasanya terletak di depan radiator. Lakukan pembersihan kondensor ac pada kisi-kisinya.

Bersihkan Kondensor AC mobil dengan cara menyemprotnya dengan menggunakan air bertekanan sehingga kotoran-kotoran yang melekat pada Kondensor akan terlepas semua.

Selain itu, rutin menjaga kebersihan kondensor AC juga dapat menghindari terjadinya pengeroposan pada kondensor. Hal ini dikarenakan kotoran-kotoran yang terlalu melekat akan mengeras dan menyebabkan korosi pada kondensor mobil Sahabat.

4. Usahakan Selalu Membuka Kaca Mobil Terlebih Dahulu Sebelum Sobat Menyalakan AC
Sempatkan untuk membuka kaca sebelum menyalakan AC, dan nyalakan putaran blower yang tertinggi tanpa menyalakan Ac. Hal ini dimaksud agar uap panas di dalam kabin cepat keluar dan berganti dengan adanya hembusan udara dari blower. Sehingga AC bekerja secara maksimum serta mempercepat proses pendinginan kabin mobil sobat otomotif sekalian. 

5. Usahakan Matikan AC Mobil Sebentar Ketikan Bepergian Jauh
Ketika menempuh perjalanan jauh, matikan AC sebentar, lalu hidupkan kembali ac mobil sobat. Hal ini bertujuan untuk mengistirahatkan AC agar tidak terus-menerus bekerja mendinginkan kabin mobil, dan menghindari pembekuan pada saluran AC.

Demikian lah 5 langkah sederhana yang dapat sobat otomotif lakukan untuk perawatan ac mobil sobat sehari-hari. Apabila AC mobil sobat otomotif bermasalah, segera minta bantuan bengkel langganan untuk memeriksa dan memperbaiki agar permasalahan tidak merambat ke komponen-komponen lain pada sistem ac mobil sobat sekalian.

Demikian ulasan kami tentang Ini 5 Tips Hebat Cara Mudah Merawat AC Mobil Agar Selalu Tetap Dingin, semoga menambah wawasan kita semua.  Jangan lupa kunjungi artikel pilihan kami berikut ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel