Prosedure Penambahan Oli Kompresor Ac Setelah Penggantian Komponen Ac Mobil, Penting!!

Prosedure Penambahan Oli Kompresor Ac Setelah Penggantian Komponen Ac Mobil, Penting!!, - Pada komoponen sistem ac mobil khusunya pada komponen kompresor ac terdapat pelumas atau oli, seperti halnya oli pada mesin, transmisi maupun oli pada gardan mobil, oli pada kompresor ac ini juga berfungsi sama sebagai mana fungsi oli pada sistem-sistem tersebut tadi, yaitu untuk melumasi komponen-komponen pada kompresor ac mobil yang bergerak atau bagian-bagian yang saling bergesekan. Dengan tujuan yaitu untuk melapisi atau untuk membentuk oil film pada komponen yang saling bergesekan tadi sehingga tidak terjadi meminimalisir gesekan antara besi dengan besi yang lain pada komponen kompressor ac yang dapat menyebabkan keausan pada komponen kompresor ac. Bedanya kalau oli kompresor ini ikut larut dan bersirkulasi bersama refrigerant di dalam sistem ac.

Oleh sebab itu kualitas dan kapasitas oli kompresor sangatlah penting untuk diperhatikan, dan yang paling penting adalah jumlah olinya harus sesuai dengan spek yang ada. Pada sistem AC mobil yang menggunakan freon/refrigerant jenis R134a, oli kompresor ini tidak boleh diganti/dicampur dengan oli yang digunakan pada sistem ac yang menggunakan refrigerant R12. Jika anda membawa ke bengkel ac, mekaniknya pasti tahu oli yang digunakan untuk refrigerant R134a dan oli kompresor yang digunakan untuk refrigerant jenis R12. 
Prosedure penggantian oli kompressor ac mobil
Gb.  Proses Penggantian Oli Kompressor AC Mobil
Seperti ulasan kami diatas, bahwasannya kuantitas dari oli kompresor AC mobil harus sesuai dengan spesifikasi, bila tidak (misal kurang) maka dapat mengakibatkan gesekan yang berlebihan antar komponen-komponen yang terdapat pada kompresor yang berakibat akan mempercepat keausan komponen tersebut, selain itu biasanya juga menyebabkan suara kasar pada kompressor AC mobil, sehingga akan mengurangi kemampuan pendinginan (biasanya ac tidak dingin).

Apabila kita bandingkan antara oli kompresor dengan refrigerantnya maka oli kompresor ac mobil ini memiliki ciri khas yaitu sifatnya yang lebih sulit untuk menguap, sedangkan refrigerant sifatnya adalah mudah menguap. Dari perbedaan ini, maka pada saat diakukan suatu perbaikan baik melakukan penggantian/pelepasan komponen seperti receiver/dryer, kondensor, evaporator, dan pipa ac, maka freon yang terdapat pada komponen yang dilepas tersebut akan lebih mudah menguap sedangkan oli kompresor tidak. Sehingga oli pada kompresor ini biasanya masih melekat (menempel) pada komponen yang dilepas tersebut, oleh karena itu jumlah oli yang ditambahkan adalah sama atau sebanyak oli yang berada pada komponen yang dilepas/diganti tersebut.
Kuantitas penggantian oli kompressor ac mobil
Gb.  Tabel kapasitas atau kuantitas penggantian oli kompressor ac mobil
Gambar diatas adalah penambahan oli kompresor setelah melakukan penggantian komponen, sebagai contoh apabila kita mengganti kondensor maka kita perlu menambah oli sebesar 40 mm3. Begitupun juga jika kita mengganti komponen lainnya seperti receiver, evaporator dan pipa. 

Yang perlu diperhatikan adalah apabila kita mengganti/membongkar kompresor, maka oli yang ditambahkan adalah sama dengan jumlah oli yang berada di kompresor yang telah kita lepas atau kita bongkar.

Cara Menambah Oli Kompressor Ac Mobil

Terdapat beberapa cara menambah oli kompresor ac mobil,   berikut ini ulasan cara menambah oli kompressor ac mobil yang dapat sobat otomotif lakukan:

1. Cara Pertama, Jika kompresor ac sehabis dibongkar arau diganti serta dibuang oli nya, maka untuk menambahkan oli kompresor ac mobil tersebut dapat dilakukan dengan langsung dimasukan melalui lubang inlet pada kompresor ac ( saluran yang memiliki diameter lubang berukuran lebih besar).

2. Cara Kedua, Jika menggunakan manifold gauge, maka oli kompresor ac dapat dimasukan setelah proses vacuum atau sambil proses vacuum. Dengan langkah kerja: pada saat proses vacuum berlangsung atau setelah proses vacuum selesai, tutup kran manifold gauge pada kran tekanan rendah dan kran tekanan tinggi, lepas selang tengah manifold gauge biasanya selang warna kuning dari pompa vacum dan kemudian masukkan selang tersebut ke dalam botol oli dengan kapasitas yang sesuai yang telah kita siapkan sebelumnya. Kemudian kita buka berlahan kran slang tekanan rendah dari manifold gauge, sehingga oli yang terdapat dalam botol tadi akan terhisap masuk kedalam sistem ac karena dihisap (segera setelah oli terhisap semua tutup kran tekanan rendah yang dibuka tadi) 

Pasang kembali slang tengah manifold gauge pada pompa vacuum dan lanjutkan proses vacuum dengan posisi kran tekanan rendah pada manifold masih tertutup dan kran tekanan tinggi terbuka sedikit.  Ini untuk mengantisipasi ada udara yang ikut masuk ke sistem ac ketika menghisap oli kompresor tadi.


3. Cara Ketiga, Jika menggunakan alat recovery atau alat recycler Ac, maka cukup dengan menaruh oli kompressor ac pada tabung oli kompresor alat tersebut, kemudian saat proses vacuum selesai, secara otomatis pada alat recycler tersebut akan masuk ke dalam menu inject oil untuk memasukan oil, langsung saja tekan tombol inject oil agar oli kompresor yang telah tersedia didalam tabung terhisap, sesuaikan dengan jumlah yang diperlukan sambil lihat skala ukuran pada tabung oli.

Demikian ulasan kami tentang Prosedure Penambahan Oli Kompresor Ac Setelah Penggantian Komponen Ac Mobil,  Penting!!, semoga dapat menambah wawasan kita semua,  jangan lupa kunjungi juga artikel pilihan kami berikut ini. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel