/*

6 Penyebab Ac Mobil Bau Tidak Sedap, Sangat Sering Dijumpai!!

Ada Bau Tidak Sedap di Dalam Mobil Saat AC Nyala? Ternyata Ini Penyebabnya!!,-Meskipun musim hujan berlangsung, Sistem AC mobil tetap termasuk perangkat yang harus atau wajib dapat bekerja dengan optimal. Karena Sistem Ac bukan hanya sekadar membuat kabin sejuk, akan tetapi sistem Ac juga membantu mencegah timbulnya embun pada kaca mobil.
Penyebab ac mobil bau
Gb. Ac Mobil Bau Tidak Sedap
Masalah Yang paling klasik  dan paling sering dijumpai pada mobil adalah adanya udara AC yang mengeluarkan bau tak sedap.

AC bau tentu ada penyebabnya dan bila dibiarkan akan merusak AC mobil dalam jangka panjang. Selain itu, AC bau membuat penghuni kabin baik pengemudi maupun penumpang  tidak nyaman dan punya potensi menyebabkan penyakit seperti radang tenggorokan dan batuk.
Oleh sebab itu sobat otomotif sekalian harus tahu apa saja yang dapat menyebabkan AC mobil bau, sehingga kesehatan dan kenyamanan selalu tetap terjaga dan terjamin. Berikut hal-hal yang menyebabkan AC bau di mobil Anda.

Penyebab Bau Tidak Sedap Saat AC Mobil Di Nyalakan

1. Adanya debu yang sudah membandel didalam filter AC

Filter AC atau biasa disebut filter kabin adalah komponen atau bagian yang berfungsi sebagai pembersih udara yang diisap dari dalam kabin mobil untuk didinginkan, dan disemburkan kembali ke dalam kabin sebagai udara sejuk oleh sistem Ac.

Aliran udara segar melalui filter AC akan terhambat bila terdapat debu atau kotoran yang membandel dalam filter tersebut. Debu tentunya berasal dari dalam kabin mobil sobat otomotif yang kurang terjaga kebersihannya.

Jika debu tersebut semakin menumpuk, lama kelamaan akan menimbulkan bau tidak sedap di dalam kabin yang disalurkan melalui blower AC. Sebaiknya rutin lakukan pembersihkan filter Ac minimal satu kali dalam sebulan, tergantung penggunaan mobil apakah dilingkungan perkotaan atau pegunungan.

2. Adanya polusi udara luar yang terisap masuk kedalam kabin penumpang

Ada kalanya pada saat sobat otomotif membuka ventilasi AC sehingga udara luar masuk ke dalam kabin mobil. Bisa pula pada saat sobat otomotif membuka jendela untuk taping kartu etoll atau bayar parkir mobil yang notabenenya lingkungannya banyak polutan dan debu.

Meski cuma dalam waktu yang singkat atau sejenak, sudah cukup untuk membawa polusi udara luar disekitar ke dalam mobil. Itulah alasan yang mengharuskan sobat otomotif rutin membersihkan kabin mobil dari kotoran, terutama debu yang tidak terlihat tapi jumlahnya sangat banyak.

Akan tetapi bila ternyata kaca mobil dan ventilator sudah tertutup rapat masih ada kebocoran polusi, coba cek ventilator udara di boks blower AC. Bisa jadi mekanismenya tidak tertutup rapat, sehingga sobat juga wajib mengganti busa ventilator tersebut.

3. Adanya bangkai binatang didalam kabin mobil

Karena ada sesuatu dan lain hal bisa saja ada binatang masuk ke dalam mobil dan mati di dalamnya. Alhasil akan menimbul bau yang tidak sedap yang khas dan sangat menyengat didalam ruang kabin.

Jangan tunda, segera cari sumber masalahnya dan bersihkan karena baunya akan terus mengganggu sobat otomotif sepanjang hari.

4. Kondisi Evaporator kotor

Evaporator kotor, apalagi kalau sampai komponen ini kisi- kisi evaporator berlendir juga akan membuat jamur dan kuman tumbuh dengan sangat cepat. Ini juga merupakan sumber bau tidak sedap yang kalau dibiarkan akan menyebarkan bibit penyakit.

Bau yang timbul biasanya konsisten sejak AC dinyalakan dan udara dingin di dalam kabin mobil sobat otomotif akan terasa tidak nyaman karena sangat lembab sekali. 

Jangan tunda dan segera bawa mobil sobat ke kepercayaan langganan sobat sekalian bila gejala di atas tercium dan terdeteksi karena risiko timbulnya penyakit sangat besar. Selain pastinya dapat membuat penumpang merasa tidak nyaman.

5. Penggunaan Parfum Abal-abal

Sebagian pemilik mobil akan menggantungkan pengharum ruang untuk menjaga kondisi kabin agar tetap terasa segar dan nyaman. Perlu diketahui sobat otomotif harus selektif dalam memilih parfum atau pewangi mobil kesayanyan sobat otomotif. 

Hal ini karena ada beberapa jenis parfum menggunakan kadar alkohol cukup tinggi yang akan mengeluarkan bau asam saat digunakan dalam jangka waktu lama di dalam mobil.

Selain itu, hindari meletakkan parfum langsung di depan blower AC. Karena Udara dingin yang disemburkan akan bercampur dengan zat kimia yang ada di dalam parfum dan selanjutnya sobat otomotif hirup.

Paling baik sobat otomotif bisa meletakkan penetral bau yang ditaruh di bawah jok mobil. Lebih aman dan tidak menimbulkan bau sehingga aman untuk orang yang sensitif bau serta tidak terisap sistem pernapasan.

6. Adanya Kebocoran Freon Ac

Masalah ini sudah masuk ke sistem AC mobil Anda. Hal ini disebabkan karena adanya kebocoran freon di evaporator yang mengakibatkan keluarnya oli, sehingga baunya akan bercampur ke dalam kabin mobil.

Kondisi ini sangat membahayakan kesehatan pengendara maupun penumpang mobil karena freon memiliki kandungan zat kimia yang beracun.

Demikian ulasan kami tentang Ada Bau Tidak Sedap di Dalam Mobil Saat AC Nyala? Ternyata Ini Penyebabnya!!, semoga dapat menambah wawasan kita semua, jangan lupa kunjungi juga artikel menarik kami berikut ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel