Cara Inisiasi Isc Valve, Solusi Idle Mesin Mobil Injeksi Terlalu Tinggi

Cara Inisiasi Isc Valve, Solusi Idle Mesin Mobil Injeksi Terlalu Tinggi,- ISC (Idle speed control) Valve merupakan rangkaian elektronika yang digunakan untuk mengatur banyak sedikitnya udara yang melalui idle port ketika katup gas dalam posisi tertutup agar mesin dapat tetap hidup pada putaran idle atau stasioner (700 s/d 800 Rpm).

Sistem ISC Valve digunakan pada mesin EFI sebagai pengganti sekrup ISAS( idle speed adjusting Screw) dan Sekrup IMAS (Idle Mixture Adjusting Scre) yang diatur secara manual. Dengan adanya ISC maka kita tak perlu mengatur putaran idle secara manual pada mesin EFI, Karena ISC Valve dikontrol secara elektronik oleh ECU.  

Cara inisiasi katup isc

Pada artikel kali ini kami akan mengulas cara reset rpm tinggi mobil injeksi Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Rush atau Terios setelah proses pembersihan ataupun setelah proses penggantian ISC valve atau idle speed control.
Setelah membersihkan Throtle body dan Isc Valve atau setelah membeli isc valve dan memasang ISC baru biasanya ujung karet isc yang berfungsi untuk mengatur celah pembukaan saluran udara secara umum pada posisi mundur atau masih dibelakang, sehingga setelah dipasang dan mesin dihidupkan akan menyebabkan rpm tinggi tidak bisa turun dibawah seribu, rpm normal avanza xenia saat idle adalah sekitar 700 rpm s/d 800 rpm. Karena itu sobat otomotif harus lakukan inisiasi Isc valve agar putaran idle kembali normal.

Cara Inisiasi Isc Valve

Berikut cara atau prosedur inisiasi katup isc, langkah inisiasi ini dilakukan jika pertama throttle body dibersihkan atau diganti, kedua ecm atau ecu diganti dan ketiga ISC valve dibersihkan atau diganti, berikut prosedur inisiasi ISC valve:
  1. Pertam Putar kunci kontak atau switch pengapian ke posisi On (jangan menstarter mesin) dan kemudian tunggu selama 5 detik (hitung sampai hitungan 5).
  2. Selanjutnya Putar kunci kontak atau switch pengapian ke posisi OFF dan tunggu kira-kira selama 15 detik (hitung sampai hitungan 15).
  3. Putar switch pengapian ke posisi On lagi dan kemudian lanjutkan hidupkan mesin.
Jika prosedur inisiasi ISC valve diatas tidak berfungsi atau prosedur inisiasi tidak bisa menurunkan rpm tinggi setelah ganti ISC. Maka lakukan langkah reset Isc valve berikut ini:
  1. Setelah Isc dipasang dengan baik atau setelah dibersihkan, putarlah kunci kontak ke posisi On beberapa saat sehingga terdengar suara ISC bergerak maju saat kunci kontak posisi ON. Jika tidak terdengar suara isc bergerak atau tidak terasa bergerak ketika ISC disentuh tangan (getaran dari dalam ISC, lanjutkan ke langkah nomor 2.)
  2. Dalam posisi kunci kontak posisi OFF, Lepas klem aki negatif, dilanjutkan pada saat klem aki negatif dilepas, kemudian putar kunci kontak posisi ON, lalu pasang klem aki negatif, dan ketika dipasang klem aki negatif sambil kunci kontak ON, maka akan terdengar ISC bergerak atau pun kalau tidak terdengar bisa disentuh dengan jari tangan akan terasa getaran.
  3. Jika setelah melakukan langkah kedua rpm avanza-xenia masih tinggi dan tidak bisa turun dibawah 1000 rpm seperti kejadian beberapa saat yang lalu yang rekan kamk temui pada mobil pelanggannya,  Berikut adalah langkah selanjutnya, buka kembali ISC ukur besarnya diameter karet ujung ISC, pastikan ukuran diameter karet ISC yang baru sama dengan ukuran diameter karet ISC yang lama.
Seperti hal yang ditemui rekan kami pada rpm avanza tinggi setelah ganti ISC kali ini adalah karena ujung karet depan ISC yang baru dibeli memiliki ukuran diameter lebih kecil 0,5 mm dari dari ISC yang lama, dan ini menyebabkan lebih banyak udara masuk ke ruang bakar sehingga rpm idle mesin lebih tinggi dari normalnya.
Cara mengatasi rpm idle avanza tinggi
Gb.  Pastikan karet ujung katup isc yang baru memiliki ukuran dimensi yang sama
Dan cara mengatasinya adalah dengan membeli lagi ISC yang sama besar ujung karet depan atau pun mengganti ujung karet ISC yang baru dibeli dengan ujung karet ISC yang lama.

Demikian ulasan kami tentang Cara Inisiasi Isc Valve, Solusi Idle Mesin Mobil Injeksi Terlalu Tinggi, semoga dapat menambah wawasan kita semua, jangan lupa kunjungi juga artikel menarik berikut ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel