Penyebab AC Mobil Xenia Kurang Dingin, Ini Solusi Mudah Dan Jitu!!

Penyebab AC Mobil Xenia Kurang Dingin, Ini Solusi Mudah Dan Jitu!!,- Jika sobat otomotif mengemudi mobil sobat dengan kondisi AC mobil Xenia yang kurang dingin tentu hal ini tidak menyenangkan.  Padahal perlu sobat otomotif semua ketahui bahwasannya solusi penanganannya ternyata sangat sederhana dan mudah sekali.

Akan tetapi untuk memperoleh solusi penyebab ac mobil xenia kurang dingin tersebut, sangat penting bagi sobat otomotifuntuk terlebih dahulu mencari penyebab yang membuat ac mobil xenia kurang dingin tersebut. Dengan menemukan penyebabnya, maka sobat akan lebih mudah untuk yang pertama mencari solusi terbaiknya, yang kedua akan mudah untuk mendapatkan estimasi biaya perbaikan, serta yang ketiga akan lebih mudah untuk mengetahui cara mencegah masalah ac mobil xenia kurang dingin ini muncul kembali.
Solusi ac mobil xenia kurang dingin
Gb.  Ac Mobil Kurang Dingin
Langsung saja simak ulasan kami berikut ini,  beberapa hal yang sering menyebabkan ac mobil xenia kurang dingin berdasarkan pengalaman yang kami jumpai pada mobil para pelanggan di bengkel.

Penyebab AC Mobil Xenia Kurang Dingin

Sebenarnya penyebab ac mobil Xenia kurang dingin sama saja dengan mobil-mobil lainnya. Adapun yang masalah yang menjadi penyebabnya biasanya hal-hal sebagai berikut::

1. Evaporator AC mobil yang Kotor
Ketika komponen ini kotor, maka udara dingin yang dihasilkan sistem ac mobil xenia sobat tidak bisa melewati evaporator. Adapun ciri dari masalah evaporator yang kotor ini adalah adanya bau  tidak sedap yang keluar bersamaan dengan udara dari AC mobil ke ruang kabin mobil.
Penyebab Ac mobil kurang dingin
Gb. Kondisi Evaporator Yang Kotor
Baca juga: Cara mengatasi Ac Mobil Bau Tidak Sedap,  Jitu dan Mudah!! 

2. Terjadi Kebocoran Freon pada AC Mobil
Jumlah gas freon yang kurang pada sistem ac mobil Xenia sobat dapat menyebabkan AC mobil menjadi kurang dingin. Jika freon habis, biasanya AC mobil mengeluarkan udara kedalam kabin pengemudi yang tidak dingin. Akan tetapi jika jumlah freon hanya berkurang, maka gejala yang muncul adalah ac mobil kurang dingin. Kebocoran freon ac mobil ini biasa disebabkan oleh adanya kerusakan pada pipa saluran AC mobil.
Penyebab ac mobil xenia kurang dingin
Gb. Selang sirkulasi sistem ac mobil
Baca juga: Cara Memeriksa Kobocoran freon sistem Ac Mobil

3. Adanya Kerusakan Komponen pada AC Mobil
Ada beberapa komponenAC mobil yang jika tidak lagi berfungsi dengan normal akan menyebabkan AC mobil Xenia kurang dingin. adapun komponen tersebut adalah:
  • Komponen yang pertama yaitu magnetic clutch, Pada saat magnetic clutch rusak, AC mobil menjadi tidak dingin karena tidak mampu menggerakkan kompressor AC mobil dengan baik dan benar. Namun jika magnetic clutch hanya setengah rusak, maka kompressor AC mobil dapat berputar, namun putarannya tidak cukup kuat untuk menggerakkan kondensor.
  • Komponen yang kedua yaitu fan belt atau V-belt Kompressor AC mobil yang terlalu longgar, V-belt yang kendor dapat menyebabkan kompressor AC mobil tidak dapat berputar dengan maksimal. Alhasil,  AC mobil menjadi kurang dingin karena kompresor tidak berkerja dengan baik.
4. Kapasitas atau Jumlah Oli Kompressor AC Mobil Yang Kurang
Jika oli kompressor AC mobil kurang, maka dapat menyebabkan kinerja kompressor ac mobil akan turun. Akibatnya, kompressor tidak mampu menghasilkan udara dingin sesuai yang diharapkan karena tekanan yang dibangkitkan kurang.
Penyebab Ac mobil xenia tidak dingin
Gb.  Proses Penambahan Oli Kompressor Ac Mobil
5. Terjadinya Kerusakan Pada Unit Thermostat AC Mobil Xenia
Ketika komponen ini rusak, maka AC mobil akan mendeteksi suhu AC mobil sudah cukup dingin, padahal sebenarnya belum. Alhasil, akan muncul masalah berupa AC mobil yang kurang dingin.

Demikian beberapa penyebab ac mobil xenia kurang dingin yang kami sering jumpai pada mobil pelanggan dibengkel, adapun solusi penangannya sebagai berikut. 

Cara Mengatasi AC Mobil Xenia Kurang Dingin

Untuk mengatasi AC mobil Xenia yang kurang dingin ini, ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan. Beberapa langkah tersebut antara lain:
  • Cari kebocoran AC mobil, dan kemudian lakukan penambalan kebocoran tersebut
  • Lakukan flushing
  • Lakukan cuci AC mobil (terutama evaporator AC mobil)
  • Ganti atau stel komoponen AC mobil yang bermasalah
  • Lakukan pengosongan sistem ac mobil
  • Lakukan pemvacuman sistem ac mobil kemudian tambahkan oli kompressor
  • Lakukan pengisian freon ac mobil
Demikian ulasan kami tentang Penyebab AC Mobil Xenia Kurang Dingin, Ini Solusi Mudah Dan Jitu!! , semoga dapat menambah wawasan kita semua, jangan lupa kunjungi artikel pilihan kami yang lain berikut ini. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel