Smart Key Atau Keyless Entry System Pada Mobil, Bagaimana Sistem ini Bekerja!!

Smart Key Atau Keyless Entry System Pada Mobil, Bagaimana Sistem ini Bekerja!!,- Sebagai "pemanasan" di awal Lebaran ini ada baiknya kita menggali secara umum tentang "smart key" yang tentu banyak bermanfaat untuk pemilik kendaraan agar mengenal perangkat ini yang sudah menjadi standard untuk kendaraan baru.
Fungsi keyless pada mobil
Keyless Entry System


Cara Kerja Smart Key

Bagaimana Sistem ini Bekerja!!,-
Smart Key kadang disebut juga dengan Keyless Entry (tergantung dari brand) adalah sistem akses elektronik dan sistem otorisasi yang tersedia sebagai peralatan standar atau sebagai opsi dalam beberapa model mobil (pada kendaraan baru saat ini sudah sebagai perlengkapan standard)
Cara kerja sistem keyless pada mobil
Gb. Pengaplikasian sistem keyless
Pertama kali dikembangkan oleh Siemens pada tahun 1995 dan diperkenalkan oleh Mercedes-Benz dengan nama "Key-less Go" pada tahun 1998 pada tipe W220 S-Class, lalu paten desain diajukan oleh Daimler-Benz pada 17 Mei 1997.
Melalui smartkey memungkinkan pengemudi untuk mengantongi "remote" saat membuka, mengunci, dan men-start kendaraan.

Sinyal radio smart key diidentifikasikan melalui salah satu dari beberapa antena yang dipasangkan pada bodi mobil dan generator pulsa radio dalam remot. Kunci pintu secara otomatis tidak terkunci ketika tombol atau sensor pada pegangan pintu atau bagasi ditekan.
Cara kerja smart key pada mobil
Gb.  Remote control keyless system
Mobil dengan smartkey memiliki kunci cadangan mekanis dalam bentuk bilah kunci yang disertakan pada remote atau beberapa produsen menempatkan kunci cadangan sedemikian rupa, agar dapat digunakan pada saat darurat.
Cara kerja engine start stop botton
Gb.  Kunci Cadangan pada System Keyless
Smart key menyediakan tombol start mesin, menghidupkan kunci kontak dalam satu tombol, sehingga meng-non-aktifkan immobilizer tanpa memasukkan kunci kontak, asalkan pengemudi menyertakan remote di dalam mobil.

Ketika meninggalkan kendaraan pintu dikunci secara otomatis, ada kalanya cara penguncian otomatis ini berbeda dari satu brand ke brand yang lain.

Disamping membuka kunci pintu, smart key ada juga yang mengatur posisi kursi, roda kemudi, kaca spion, pengatur kontrol suhu kabin, dan radio-stereo set dll, bahkan ada pengaturan untuk kecepatan maksimum.

Bagaimana Cara Kerja Keyless Entry?
Keyless Fobs (remote) berfungsi sebagai "reciver" berisi chip yang terus-menerus menerima sinyal radio yang dipancarkan oleh perangkat elektronik (sender) kendaraan. Sinyal radio hanya dapat menempuh jarak pendek, biasanya kurang dari 5 meter.

Ketika Anda meletakkan tangan di handle pintu mobil dengan keyless (dalam beberapa kasus Anda harus menekan tombol pintu), maka perangkat elektronis "sender" mengirimkan sinyal radio pendek, jika fob (remote) berada dalam jangkauan, maka sender merespons dan mengirimkan kode sendiri untuk membuka kunci pintu jika kode yang dikirimkan dikenali.

Proses yang sama terjadi ketika kita menekan tombol "start" untuk menghidupkan mesin, karena remote/KEY fob berada dalam kabin dan kode dari key fob dikenali oleh "reciver", maka mesin bisa dihidupkan.

Banyak cara aplikasi dari keyless entry, seperti yang ada pada BMW Seri-3 yang baru, dengan sensor/antena ada di bumper belakang, maka hanya dengan gerakan kaki di bawah bumper bagasi dapat terbuka secara otomatis tanpa Anda harus menyentuh handle bagasi.

Gangguan Pada Smart Key System Mobil
Masalah Umum Pada smart key atau Keyless Entry, biasanya:

  • Kejadian fatal bisa saja terjadi, misalnya keyfob (remote) terbawa oleh salah seorang penumpang dan pergi menjauh dari kendaraan, maka setelah mesin dimatikan, maka tidak akan bisa di start lagi.
  • Ada juga kekhawatiran serius tentang keamanan pada keyless, bahwa dengan kecanggihan peralatan tertentu pada pencuri mereka dapat memblokir sinyal keyless sehingga pemilik kendaraan tidak sadar bahwa pintu mobilnya benar-benar terkunci.
  • Pakar keamanan menyarankan agar remote (keyfob) disimpan rapi dan agak jauh dari pintu dan jendela, karena pencuri dapat mencuri sinyal untuk mereplikasi sinyal kunci (secara nirkabel) dari luar rumah (ingat jarak sinyal yang dipancarkan oleh keyfob sekitar 5 meter). Sumber:#JPM_ModernAutoService
Demikian ulasan kami tentang Smart Key Atau Keyless Entry System pada Mobil,  Bagaimana Sistem ini Bekerja!!, semoga dapat menambah wawasan kita semua. Jangan lupa kunjungi juga artikel menarik kami yang lain berikut ini. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel