/*

Cara Mengatasi AC Mobil Bau, Tanpa Repot Ke Bengkel!!

Ternya Sangat Simple!! Cara Mengatasi AC Mobil Yang Bau dengan Benar,- Mungkin sobat otomotif sudah pernah menemuka  beberapa panduan cara mengatasi AC mobil yang bau. Perlu sobat ketahui sebenarnya sobat otomotif tak boleh melakukan panfuan-panduan tersebug dengan sembarangan. 
Cara mengatasi ac mobil bau
Gb.  Ac Mobil Bau
Langkah awal sebelum mengetahui cara mengatasi AC mobil yany bau tersebut, sebaiknya sobat harus mengetahui terlebih dahulu faktor apa sebenarnya penyebab munculnya bau pada AC mobil sobat otomotif. Dengan mengetahui penyebab bau Ac mobil tersebut,  maka akan lebih mudah untuk Mencari solusi terbaik mengatasi AC mobil bau serta Mencegah kembalinya masalah bau di AC mobil sobat tersebut. 

AC Mobil Bau

Sebenarnya ada banyak faktor yang dapat menyebabkan AC mobil kesayangan sobat bau. Dan perlu diketahui bahwasannya setiap faktor penyebab bau ini harus diatasi dengan segera. Alasannya sangatlah sederhana, karena jika dibiarkan, bau tersebut dapat membawa kuman penyakit yang membahayakan kesehatan anda.

Baca Juga; Ini Solusi Ac Mobil Kurang dingin

Penyebab Ac Mobil Bau

Berikut ini beberapa penyebab Ac Mobil Bau:

A.  Kondisi Evaporator AC Mobil Yang Kotor

Cara mengatasi ac mobil bau
Gb. Kondisi Evaporator Ac Mobil Kotor
Ketika evaporator ac mobil kotor, maka hal ini Merupakan faktor penyebab utama AC mobil bau. Biasanya evaporator ac yang kotor terjadi karena sobat jarang melakukan cuci AC mobil. Evaporator Ac mobil yang kotor kurang lebih akan menimbulkan 3 masalah penting pada sistem ac mobil sobat, yaitu: pertama AC mobil menjadi tidak dingin dan hanya keluar angin saja,  kedua, AC mobil sobat akan mengeluarkan bau tidak sedap dan Yang ketiga,  AC mobil membawa kuman penyebab penyakit.

B. Adanya Kebocoran Freon dan Oli Kompressor Pada Sirkulasi Sistem Ac

Penyebab ac mobil bau
Gb.  Indikasi Kebocoran Freon Ac Mobil
Kebocoran pada saluran AC mobil dapat menyebabkan munculnya bau. Kebocoran tersebut seperti kebocoran freon, kebocoran oli kompressor, bahkan kebocoran saluran gas pembuangan asap mobil.

Kebocoran ini memang tidak membawa kuman penyakit, namun udara bau yang dihasilkan akan membawa zat kimia yang berbahaya bagi kesehatan sobat semua. Gejala yang ditimbulkan di antaranya adalah: Mual dan pusing, Sesak nafas dan Kanker.

Kebocoran ini harus diselesaikan dengan segera. Karena tidak hanya menyebabkan masalah kesehatan, namun juga dapat merusak mobil anda secara keseluruhan.

Lantas apa solusi dan cara mengatasi AC mobil yang bau tersebut?

Cara Mengatasi AC Mobil Yang Bau

Adapun cara untuk mengatasi bau di AC mobil haruslah sesuai dengan penyebab masalah. Hal ini sangat penting diketahui agar sobat tidak perlu bolak-balik mengatasi masalah. Langkah perbaikan tersebut meliputi:

1. Tentukan Penyebab Masalah bau Ac mobil tersebut

Untuk dapat dengan mudah menentukan penyebab masalah, pastikan dulu sobat mengetahui jenis bau yang muncul dari AC mobil sobat tersebut. Jika bau freon, maka kemungkinan besar ada kebocoran freon. Jika ada bau seperti debu, maka kemungkinan evaporator mobil sobat kotor, atau dashboard anda sudah cukup berdebu atau bisa jadi fioter Ac yang sudah kotor.

2. Lakukan Perbaikan pada Komponen yang Bermasalah

Jika ada part atau komponen yang rusak, atau ada titik kebocoran, maka masalah tersebut harus diatasi terlebih dahulu. Untuk mengatasinya, anda bisa melakukan penambalan kebocoran, pengencangan seal, atau bahkan penggantian part atau komponen yang mengalami kerusakan tersebut.

3. Cuci AC Mobil Anda

Penyebab ac mobil bau
Gb.  Proses Pencucian Ac Mobil
Langkah dan cara mengatasi AC mobil yang bau selanjutnya adalah dengan cuci AC mobil. Dengan pencucian komponen bagian luar dari dashboard, evaporator, dan komponen lain AC mobil yang dinilai kotor dan perlu dibersihkan. Sehingga debu-debu yang mencemari udara dari kondensor AC mobil dapat dihilangkan.

4. Lakukan Flushing AC Mobil

Penyebab ac mobil bau
Gb.  Flushing Sistem Ac Mobil Dengan Mesin Flushing
Cuci AC saja tidak cukup. karena kotornya AC mobil mungkin tak hanya di bagian luarnya. Bisa jadi kompresor dan saluran freon AC mobil sobat juga kotor. Oleh karena itu, flushing d uji nilai sangat diperlukan untuk mengganti oli kompresor, freon AC, dan membersihkan dalaman mesin kompresor AC mobil sobat otomotif sekalian. 

Dengan melakukan flushing, maka kinerja kompresor AC mobil akan lebih maksimal. Dan biasanya AC mobil juga akan jadi lebih dingin dan baupun hilang. 

5. Lakukan Fogging Pada Kabin Mobil Sobat

Penyebab ac mobil bau
Gb.  Proses Fogging Ruang Kabin Penumpang
Langkah terakhir dan juga yang sangat penting dalam mengatasi AC mobil yang bau adalah dengan melakukan fogging. Walaupun sobat sudah melakukan semua cara untuk membersihkan bau pada AC mobil, namun kami pikir ada hap yang kurang dan itu belumlah cukup.

Cara mengatasi AC mobil yang bau dengan benar adalah jika sobat otomotif juga mengatasi kuman penyakit yang kemungkinan besar masih menempel di dinding-dinging komponen AC mobil didalam ruang kabin penumpang. Dan fogging adalah solusinya.

Fogging merupakan kegiatan pengasapan yang bertujuan tidak hanya menghilangkan bau namun juga membunuh bakteri, virus, kuman, jamur, dan berbagai penyebab penyakit lainnya. Hal ini dapat dilakukan karena adanya formula khusus pada cairan fogging yang aman bagi kesehatan, namun dapat membunuh bakteri penyebab penyakit dengan sangat ampuh.

Demikian ulasan kami tentang cara mengatasi AC mobil yang bau dengan benar.  Semoga dapat menambah wawasan kita semua,  jangan lupa kunjungi juga artikel menarik lainnya berikut ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel