Ini 2 Kekurangan Yang Paling Krusial Jika Sobat Memilih Asuransi TLO

Ini 2 Kekurangan Yang Paling Krusial Jika Sobat Memilih Asuransi TLO,- Asuransi mobil jenis TLO atau Total Loss Only. Sesuai dengan namanya, asuransi ini merupakan asuransi dimana pertanggungan klaim asuransinya yang diberikan hanya sebatas pada kehilangan saja,  sedangkan klaim penggantian biaya akan dilakukan jika kerusakan unit mobil yang terjadi melebihi 75% dari harga unit mobil yang ditanggung oleh asuransi.
Kekurangan asuransi tlo
Gb. Ilustrasi Bencana Banjir
Hal ini dapat diartikan bahwa, jika kerusakan unit mobil tidak lebih dari 75% harga mobil yang diasuransikan tersebut,  maka pihak perusahaan asuransi akan menolak klaim yang diajukan. Oleh karena itu, biasanya asuransi mobil jenis TLO ini memiliki rasio premi yang jauh lebih rendah dibandingkan asuransi mobil jenis all risk atau comprehensive.

Meski diketahui bersama bahwasannya meski dengan jumlah premi yang rendah, tidak berarti asuransi TLO ini akan lebih menguntungkan atau lebih merugikan,  karena Jika sobat memiliki mobil baru, asuransi kendaraan TLO kurang Menguntungkan,  Akan tetapi jika sobat tinggal di wilayah yang rawan bencana alam, maka asuransi TLO akan lebih menguntungkan. 

Begitu juga jika sobat otomotif sering menggunakan kendaraan untuk aktivitas sehari-hari dengan mobilitas yang sangat tinggi dan jalanan yang sobat lalui memiliki risiko kecelakaan yang tinggi, maka asuransi TLO kurang tepat untuk sobat melainkan asuransi All risk yang lebih disarankan.

Kekurangan asuransi Mobil TLO

Berikut adalah 2 kerugian yang akan sobat rasakan jika sobat memilih asuransi jenis TLO untuk mobil baru sobat sekalian:

1. Adanya Risiko lain yang Tidak Hanya Sekadar Hilang atau Hancur pada unit mobil yang diasuransikan
Kekurangan asuransi mobil tlo
Gb. Kecelakaan Lalu lintas
Ketika sobat memiliki mobil baru, pasti sobat akan berusaha semaksimal mungkin untuk menjaga mobil tersebut agar tidak terbaret atau rusak. Akan Tetapi, risiko atas kepemilikan kendaraan pasti tetap saja ada. Meskipun dalam praktiknya sobat telah hati-hati, tidak menutup kemungkinan mobil atau kendaraan lain yang menabrak mobil sobat.

Atau kemungkinan lain, seperti kaca spion yang diambil atau bagian mobil yang dicongkel. Pasti semua hal tersebut sangat mungkin terjadi.

Jika sobat memilih untuk memiliki asuransi TLO, maka kerusakan kecil seperti kasus di atas, maka tidak akan dijamin oleh asuransi jenia TLO ini. Ini berarti, premi bulanan yang telah sobat keluarkan menjadi sia-sia karena sobat tidak mendapatkan jaminan atas risiko yang terjadi tersebut.

Melainkan sobat harus mengeluarkan kocek lagi untuk memperbaiki kerusakan mobil tersebut. Akan Tetapi jika sobat memiliki asuransi All risk atau jenis comprehensive, maka hanya dengan membayar sejumlah kecil uang untuk pengurusan administrasi klaim, sobat dapat memperbaiki kerusakan mobil mulai dari yang kecil bahkan hingga kerusakan yang mencapai 50% kondisi mobil.

2. Jika Terjadi Kehilangan, Maka Penggantian tidak akan mencapai 100% dari Harga Mobil
Kekurangan asuransi non comprehensive
Gb. Bencana sunami
Meskipun mobil sobat masih tergolong baru dan sobat telah menghabiskan dana untuk memperbaiki kerusakan minor pada mobil Anda, ketika mobil sobat hilang, sobat tidak akan digantikan 100% harga mobil oleh pihak asuransi. Karena pihak asuransi akan meghitung harga mobil akan menyusut setiap bulan dan tahunnya. 

Penyusutan harga mobil ini disebabkan oleh berbagai faktor, faktor teknis, misalnya dari kondisi mobil yang menurun, kerusakan dalam mesin mobil, mesin yang sudah rusak dan lain sebagainya hingga faktor ekonomis, seperti penyusutan nilai mobil, harga perolehan dan lainnya.

Penyusutan harga mobil ini juga yang menjadi faktor pihak asuransi tidak akan mengganti 100% dari harga mobil.

Jadi bila di tahun 2025 Anda membeli mobil seharga Rp350 juta, dan hilang di tahun 2030, maka pihak asuransi akan memberikan uang pertanggungan atas klaim kehilangan sobat di bawah Rp 350 juta, misalnya Rp 250 juta.

Jika sobat ingin mendapatkan penggantian 100%, maka sobat otomotif harus memperbarui polis asuransi setiap tahunnya, dan ini berarti  jumlah premi sobat pun akan berbeda.

Polis asuransi tersebut akan diperbarui dengan masa jaminan 365 hari. Dengan cara ini, pertanggungan jaminan yang didapatkan dari asuransi TLO akan tetap 100% setiap tahunnya. Namun hal ini akan sangat merepotkan, premi yang harus sobat bayarkan akan selalu meningkat. 

Demikian ulasan kami tentang Ini 2 Kekurangan Yang Paling Krusial Jika Sobat Memilih Asuransi TLO, semoga dapat menambah wawasan kita semua,  jangan lupa kunjungi juga artikel menarik kami yang lain berikut ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel