Faktor Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Cuma Angin dan Solusinya

Faktor Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Cuma Angin dan Solusinya,- Mengendarai mobil dalam perjalanan yang jauh dengan kondisi AC mobil tidak dingin cuma  Keluar angin saja tentu akan sangat mengganggu perjalanan sobat semua. Lalu kira-kira apa penyebab dan solusi untuk menangani masalah tersebut?
Faktor Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Cuma Angin
Gb. Ilustrasi Ac mobil tidak dingin dan hanya keluar angin
Untuk menyelesaikan masalah diatas, maka sobat otomotif harus menemukan terlebih dahulu penyebab terjadinya masalah tersebut, Karena dengan demikian akan lebih memudahkan sobat untuk mengetahui serta mengestimasi komponen apa saja yang sekiranya perlu diperbaiki atau diganti serta untuk langkah pencegahan agar masalh serupa tidak muncul kembali pada mobil kesayangan sobat.

Berikut ini kami ulas beberapa penyebab AC mobil hanya keluar angin saja dan tidak dingin serta bagaimana cara mengatasi dan mencegah kembalinya masalah ini.

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Hanya Keluar Angin Saja

Penyebab AC mobil tidak lagi dingin dan hanya keluar angin masalahnya cukup beragam. Akan tetapi beberapa penyebab yang umum ditemukan dalam kasus-kasus yang telah ada yaitu:

1. Kondisi Evaporator AC Mobil Yang Kotor
Solusi ac tidak dingin dan bau
Gb. Kondisi Evaporator Kotor
Pada saat evaporator ac mobil kotor, maka udara dingin yang keluar masuk menuju kabin mobil akan terhambat oleh kotoran. Akibatnya, AC mobil hanya menghembuskan angin yang tidak dingin.

Adapun ciri-ciri jika evaporator AC mobil sobat kotor biasanya AC mobil tidak dingin cuma  keluar angin saja dan biasanya disertai dengan bau yang cukup tidak sedap.

Solusinya lakukan pencucian AC Mobil Anda, Terutama pada bagian filter ac dan Evaporator AC Mobil. Dengan melakukan hal ini, kotoran di evaporator dapat disingkirkan. Agar lebih maksimal, jangan lupa untuk juga melakukan penggantian filter AC mobil.

2. Jumlah Freon AC Mobil Kurang atau Bahkan Habis
Sebenarnya jumlah freon AC mobil tidak akan berkurang ataupun habis. Akan tetapi jika terdapat kebocoran pada saluran AC mobil, maka masalah tersebut mungkin terjadi. Pada saat kondensor sistem ac mobil kekurangan freon untuk mendinginkan udara, maka udara yang dihembuskan ke dalam kabin penumpang menjadi tidak dingin.

Dalam mengatasi masalah ini, biasanya bengkel AC mobil akan menyarankan kepada sobat untuk dilakukan pengisian ulang freon AC mobil. Namun pastikan terlebih dahulu ke bengkel langganan sobat tersebut untuk memastikan bahwa titik kebocoran AC mobil telah ditemukan terlebih dulu,  karena hal ini akan menjadi percuma dan ac akan kembali panas jika kebocoran tetap terjadi.
Solusi ac mobil kurang dingin
Gb. Proses Flushing Ac Mobil
Solusinya tentu ketika terdapat kebocoran pada saluran ac yaitu melakukan penambalan pada Kebocoran AC Mobil serta melakukan flushing ac. Flushing berfungsi untuk membersihkan saluran sistem ac sekaligus melakukan pengisian ulang oli kompressor dan freon AC mobil. Namun pengisian ulang tersebut akan sia-sia jika kompresor AC mobil jebol, ataupun ada kebocoran di saluran freon. Oleh sebab itu, sobat harus mencari titik kebocoran.

Jika titik kebocoran sudah ditemukan, langsung selanjutnya adalah dengan memilih apakah perlu mengganti komponen bermasalah, atau dapat diselesaikan tanpa beli baru.

3. Terdapat Kerusakan Pada Komponen AC Mobil
Penyebab ac tidak dingin
Gb.  Posisi magnetiv clutch
Kompresor AC mobil tidak akan bekerja jika magnetic clutch mengalami kerusakan. Tidak ada gejala yang muncul ketika magnetic clutch rusak. Jika sobat mengalami masalah di mana AC mobil tidak dingin dan angin saja yang keluar, cobalah check kondisi magnetic clutch mobil sobat, biasanya ketika ac dihidupkan maka magnetik cluth akan berbunyi cetik pada area kompressor ac mobil yang menandakan kompressor terhubung dan mulai bekerja,  jika tidak ada suara tersebut bisa dipastikan magnetic clutch bermasalah,  bisa saja unit magnetic clutch yang rusak atau rangkaian kelistrikannya yang bermasalah.
Solusi Ac mobil keluar angin panas saja
Gb. Kondisi Fan Belt atau Drive Belt yang Buruk
Selain pada magnetic clutch, hal lain yang sering menjadi sumber masalah adalah fan belt kompressor ac mobil yang kendor atau bahkan putus. Biasanya karena usia pemakaian atau terbakar akibat gesekan antara fan belt dengan puly, ataupun karena adanya pemuaian akibat panas sehingga fan belt longgar.

Masalah pada magnetic clutch, fan belt, kompresor, ataupun kipas dapat menjadi penyebab AC mobil tidak dingin cuma angin. Nah untuk mengatasi hal tersebut, cara paling praktis adalah dengan mengganti komponen yang bermasalah.

Namun sebelum melakukan pembelian untuk spare part baru, pastikan sobat melihat kecocokan dengan AC ataupun mobil sobat. Jangan sampai sobat membeli mahal, namun part tersebut ternyata tidak terpakai karena tidak sesuai atau tidak cocok dengan tipe mobil sobat.

Lalu kira-kira kenapa masalah-masalah tersebut muncul? Pada umumnya kebanyakan masalah tersebut muncul karena adanya kebiasaan buruk yang biasa dilakukan oleh pemilik kendaraan bermotor atau mobil. Adapun kebiasaan buruk tersebut diantaranya: 
  • Merokok pada saat mengendarai mobil
  • Makan dan minum di dalam mobil ketika dalam perjalanan
  • Terlalu sering membuka kaca jendela mobil saat mobil dalam perjalanan
  • Jarang atau bahkan tidak pernah melakukan perawatan AC mobil (Flushing atau cuci Ac Mobil)
  • Terlalu sering menggunakan parfum mobil jenis semprot.
Demikian ulasan kami tentang Faktor Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Cuma Angin dan Solusinya, semoga dapat menambah wawasan kita semua,  jangan lupa kunjungi juga artikel pilihan kami berikut ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel