Ternyata ini Penyebab AC Mobil Bunyi Ngik Ngik dan Solusi Mengatasinya

Ternyata ini Penyebab AC Mobil Bunyi Ngik Ngik dan Solusi Mengatasinya,- Mungkin sobat oto otomotif pernahengalama masalah berupa Suhu AC dalam kabin mobil sih terasa dingin, namun AC mobil terdapat suara atau bunyi ngik-ngik pada saat dikendarai sepanjang jalan. Ternyata sepele masalahnya karena ada gangguan pada drive belt atau fan belt mobil.
Penyebab bunyi ngik ngik pada saat ac hidup
Gb. Ilustrasi area bunyi ngik ngik
Perlu diketahui bahwa bunyi ngik-ngik pada ac mobil sobat ini dapat terjadi karena ada beberapa gangguan dan biasanya hal ini bukanlah merupakan masalah yang sangat serius, jadi sobat tidak perlu panik berlebihan. Namun tetap saja, masalah ini harus ditangani dengan segera. Karena jika dibiarkan berlarut-larut, maka masalah dapat membesar dan menjadi masalah yang sangat serius.

Penyebab AC Mobil Bunyi Ngik Ngik

Dengan sobat otomotif dapat mengetahui penyebab serta sumber gangguan ini, maka sobat akan sekaligus dapat mengetahui cara mengatasi dan mencegah kembalinya gangguan serupa ini dikemudian hari.  Adapun beberapa penyebab AC mobil bunyi ngik ngik antara lain yaitu:

1. Kondisi Drive Belt Kompressor AC Mobil Kering
Cara mengatasi bunyi ngik ngik saat ac hidup
Gb. Drive Belt Kering
Drive belt atau lebih sering disebut dengan istilah fan belt yang terlalu kering biasanya karena bahan fan beltnya kurang baik. Akibatnya ketika ac dihidupkan dan kompressor mulai berputar, bunyi ngik-ngik muncul karena gesekan kesat antara fan belt dengan pulley kompresor Ac mobil sobat.

Solusi sementara yang dapat sobat otomotif lakukan yaitu Siram Fan Belt AC Mobil dengan Air Bersih. Hal ini bermaksud untuk menjadikan AC mobil tidak lagi kering. Ibaratnya, seperti rantai yang diberikan pelumas. Dengan cara ini pada umumnya masalah ini 100% akan selesai. Jika ternyata bunyi ngik ngik tidak kunjung hilang setelah di siram air berarti sumber masalah pada laher atau bearing pully  kompressor ac mobil.

Solusi selanjutnya  yaitu lakukan langkah penggantian fan Belt, ketika air pada fan belt yang sobat siramkan sudah kering, tentu bunyi akan muncul kembali, sehingga sobat perlu ganti fan belt agar masalah tidak muncul kembali. Beberapa fan belt memang sudah tidak bisa lagi cukup sekedar diberi air agar lebih licin. Oleh sebab itu, ganti fan belt dapat menjadi solusi terbaik.

Jika masalah ini dibiarkan, fan belt dapat mengalami beberapa masalah seperti memuai dan jadi longgar, putus, atau terbakar.

2 . Kondisi Pemasangan Fan Belt  Terlalu Kendor
Fan belt kendor bisa terjadi karena 2 hal yaitu yang pertama kendor karena usia oemasangan yang sudah cukup lama sehingga perlu di stel atau bahkan diganti (usia pemakaaian fan belt biasanya relatif lama kurang lebih 100.000 Km).
Solusi pada saat ac hidup bunyi ngik ngik
Gb. Ilustrasi ukiran drive belt
Penyebab yang kedua Karena fan belt dipasang dengan kurang pas, Biasanya karena dipasang dengan kondisi sembarangan (tidak pass dengan posisi idealnya) atau bisa juga karena ukuran fan belt tidak sesuai atau kekecilan dari ukuran semestinya.

Oleh sebab itu, pastikan sobat mengganti fan belt kompressor ac mobil sobat dengan menggunakan fan belt yang sesuai dengan jenis mobilnya.

Solusinya yaitu dengan cara stel ulang kekencangan fan belt kompressor ac mobil (ingat jangan terlalu kencang juga karena dapat menyebabkan fan belt putus). Dengan mengatur ulang kekencangan fan belt ini umumnya dapat mengatasi masalah bunyi ngik-ngik. Namun pada beberapa mobil, masalah AC mobil bunyi ngik ngik memerlukan penanganan lebih serius. Dan perlu dibawa ke bengkel AC mobil yang berkompeten.

Demikian ulasan kami tentang Ternyata ini Penyebab AC Mobil Bunyi Ngik Ngik dan Solusi Mengatasinya. Semoga dapat menambah wawasan kita semua. Jangan lupa kunjungi juga artikel menarik kami yang lain berikut ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel