/*

Tips Lolos Menghadapi Wawancara Kerja, Wajib Kamu Tahu Dan Pesiapkan Sebelumnya!!

Tips Lolos Menghadapai Wawancara Kerja | Wajib Kamu Tahu Dan Pesiapkan Sebelumnya!!,- Pada kesempatan kali ini otospeedcar-team akan mencoba mengulas beberapa hal terkait wawancara kerja, dengan harapan bagi para pemula atau fress graduated terutama bagi alumni atau lulusan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) agar dapat secepatnya memperoleh kesempatan untuk diterima bekerja pada perusahaan impiannya.

Trik Lolos Wawancara Kerja

Tips lolos interview kerja
Interview atau Wawancara Kerja
Ada beberapa yang harus sobat otomotif sekalian persiapkan sebelum menghadapi wawancara kerja perusahaan, diantaranya sebagai berikut:

Tips Mempersiapkan Mental Sebelum Wawancara Kerja

  • Tanamkan dalam diri sobat mind set seperti ini: " BAHWA SAYA MAMPU DALAM SEGALA HAL" serta Yakinkanlah dalam diri sobat juga " BAHWA SAYA MAU DAN BISA MENGERJAKAN SEGALA HAL " Selalu mengahapi segala sesuatu dengan tenang. Jangan LUPAKAN PENGETAHUAN dan ILMU sobat yang telah diperoleh dibangku SEKOLAH meskipun hal itu hanya sedikit, hal ini sangat penting, ini akan sangat membantu sobat untuk bisa mengikuti arus pertanyaan. 
  • Perbanyak Membaca dan juga berlatih berbicara. Berlatihlah bicara walaupun didepan cermin dan bisa juga dengan latihan merangkai kata-kata. Hal ini sangat membantu anda untuk bisa menyusun kata-kata saat bicara. 
  • Selalu jaga kesehatan sobat menjelang wawancara kerja agar tetap bugar dan Fit. Ini sangat mudah, makan secukupnya dan tidak berlebihan, bila sedang puasa usahakan tampil ceria saat wawancara. 
  • Berdandanlah serapi mungkin tapi tidak dengan make up yang berlebihan ATAU tampilan yang berlebihan. 

Tips menghadapi Wawancara Kerja

  • Berusahalah selalu tap sopan dan menjaga senyum dengan sopan pada saat wawancara berlangsung. 
  • Usahakan kaki tetap lurus sejajar dan ditekuk akan tetapi jangan terlihat kaku. Kedua telapak tangan disatukan, dan boleh juga sesekali diangkat tidak terlalu tinggi saat berbicara agar tidak terlalu kaku, akan tetapi jangan terlalu sering, hal ini bila wawancara dilakukan dengan menggunakan meja. Akan tetapi jika wawancara dilakukan dengan kursi saja tetapi tidak ada meja, usakan kedua kaki tetap sejar dan ditekuk tapi jangan terlihat kaku , telapak tangan bisa disatukan dan diletakkan diatas kedua kaki, dan tangan sesekali boleh diangkat tidak terlalu tinggi saat menerangkan. 
  • Jaga Pandangan sobat otomotif tetap fokus kedepan, jangan sering menunduk, jika kebetulan beradu mata dengan pemberi wawancara, hindari menatap mata pewawancara terlalu tajam . 
  • Tetap santai atau relax dan tetap atur nafas dengan baik bila waktu wawancara panjang. 

Tips Menjawab Pertanyaan Pada Saat Wawancara

Seorang pewawancara sudah pasti ingin mengorek secara mendalam tentang diri sobat,  seperti tentang latar belakang keluarga, prestasi, tentang kesungguhan anda untuk berkerja, dan cara kerja anda bila diterima karja. KARENA sebenarnya suatu pekerjaan itu bisa dipelajari saat sudah diterima kerja. Pada prinsipnya "Bekerja itu tidak sulit '" karena di perusahaan itu sudah diberikan panduan ( Guide line ) untuk kerja. Tetapi hal yang paling penting adalah Bagaimana pencari kerja itu bisa diterima dam menyakinkan si pemberi wawancara untuk diterima kerja. 

Langkah-langkah menjawab wawancara kerja

Sobat otomotif dapat mengikuti langkah-langkah berikut ketika menjawab pertanyaan wawancara kerja : 
Boleh gunakan kata MAAF...., untuk membuka ATAU memulai menjawab pertanyaan, atau bila karena ada pertanyaan yang kurang paham. contohnya : MAAF KALAU BOLEH TAHU.... ATAU MAAF KALAU BOLEH BERTANYA...ATAU MAAF SEPENGETAHUAN SAYA, ....( SESUAI PERTANYAAN ) ..ADALAH...

Pemberi wawancara di perusahaan terkadang ada 2 sumber , dengan menggunakan jasa outsourcing ( pihak ke dua ) atau langsung dari pegawai perusahaan langsung, a. BILA WAWANCARA DILAKUKAN OLEH PERUSAHAAN LANGSUNG, cara tersebut diatas bisa dilaksanakan semua. b. BILA MENGGUNAKAN JASA OUTSOURCING , ini tergantung posisi yang ditawarkan, untuk posisi yang tidak membutuhkan keahlian khusus itu tidak banyak masalah. TETAPI bila membutuhkan keahlian khusus, itu diperlukan cara yang lebih special, yang lebih penting, bagaimana kita bisa menyakinkan mereka bahwa kita mampu bekerja dan menduduki menduduki jabatan yang ditawarkan. Biasanya pihak pewawancara dari outsourcing pada tes puncak akan memberikan pertanyaan yang berhubungan dengan SEBUAH KASUS, ini tinggal cara keberanian sobat otomotif untuk menjawab dan meyakinkan bahwa cara kita menyelesaikan masalah menguntungkan bagi perusahaan.

Bila sobat otomotif dipancing pada sebuah pertanyaan yang menjebak karena bersifat manusiawi, TETAPLAH berfokus dan yakinkan pada si pemberi wawancara , bahwa jawaban sobat harus memihak perusahaan dan jawaban yang menguntungkan perusahaan. contohnya : BILA Ada pertanyaan mengenai adanya permintaan kenaikan gaji oleh karyawan karena ada kenaikan harga BBM , bagaimana?. Untuk menjawabnya , pastikan jawaban sobat tetap memihak perusahaan yang sudah tentu dengan keterangan yang bisa masuk akal, seperti misalnya Harus melihat keuangan order perusahaan, ataupun kemampuan perusahaan...atau dengan trik jawaban, sebagai berikut.... gaji bisa dinaikan setelah kondisi perusahaan benar-benar stabil setelah kenaikan BBM, dan kenaikan itu juga harus disesuaikan kemampuan perusahaan dan kenaikan itu bisa dilakukan secara bertahap ...seiring perkembangan perusahaan. Jawaban bisa anda cari sendiri " INTINYA YAKINKAN BAHWA DENGAN ADANYA SOBAT BISA MENGUNTUNGKAN PERUSAHAAN " .

PERTANYAAN mengenai GAJI YANG diminta DALAM WAWANCARA (untuk pengalaman menengah ke bawah ). Bila berupa isian: maka isikan jumlah Gaji secara umum sesuai standar daerah sobat dan jenis kerja yang ditawarkan kepada sobat. TETAPI bila pertanyaan secara langsung dalam wawancara : Alternatif jawaban ini bisa dipakai : " Sebenarnya Gaji, bagi saya adalah nomer 2, tetapi yang lebih penting bagi saya yaitu saya bisa bekerja di perusahaan ini dan membantu perusahaan ini untuk lebih maju lagi dengan kemampuan yang saya miliki, saya yakin perusahaan ini mempunyai standar gaji yang sudah bagus dengan mempertimbangkan posisi dan jabatan yang ditawarkan " .

PERTANYAAN SEPUTAR PENGALAMAN KERJA. Ini juga mempengaruhi diterimanya kerja dalam wawancara. BILA SOBAT BELUM MEMPUNYAI PENGALAMAN KERJA, Tip menjawabnya adalah usahakan sobat sampaikan seolah-olah sudah mempunyai pengalaman dalam bekerja. contohnya sebagai berikut : " Saya belum pernah bekerja di perusahaan besar, tetapi selama ini diwaktu senggang saya mencoba mencari tambahan uang dengan berjualan..A..atau... B, sobat bisa menambahi dengan sedikit cara kerjanya yang bisa meyakinkan. Bila sobat pernah bekerja walaupun hanya 1 minggu, cobalah sampaikan keterangan seolah-olah sobat bekerja lebih dari sebulan dengan sedikit memberikan gambaran kerja dan keterangan yang sobat padukan dengan pengetahuan sobat yang lain.

PERTANYAAN SEPUTAR " MENGAPA SOBAT KELUAR DARI KERJA YANG LALU " Untuk jawaban ini pilhlah jawaban yang akan menambah simpati sobat, bukan malah memojokkan sobat sendiri. Contohnya " Sampaikan bahwa alasan keluar kerja bahwa sobat ingin meningkatkan kemampuan sobat , dan mencoba memadukan pengalaman kerja yang lama dengan yang baru dari sisi positif , untuk membantu kemajuan perusahan baru yang dilamar. 

Demikian ulasan kami tentang Tips Lolos Menghadapai Wawancara Kerja | Wajib Kamu Tahu Dan Pesiapkan Sebelumnya!! ,semoga dapat menambah wawasan kita semua, jangan lupa kunjungi juga artikel pilihan kami berikut ini. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel