Akibat Setelan Sudut Camber Roda Mobil Tidak Tepat, Jangan Di Sepelekan!!

Ini Penting!! Akibat atau Pengaruh Setelan Sudut Camber Roda Yang Tidak Tepat Yang Harus Anda Ketahui,- Sistem kemudi dan sistem suspensi pada mobil harus dapat menghasilkan stabilitas mobil itu sendiri sehingga kendaraan dapat stabil dan memiliki pengemudian yang baik pada saat kendaraan membelok atau pada saat berjalan lurus.
Akibat sudut camber roda mobil yang tidak sesuai
Gb.  Sudut Camber Positif dan Negatif
Oleh karena itu, maka bagian-bagian roda depan kendaraan meliputi bagian di sistem kemudi dan sistem suspensi harus diatur sedemikian rupa dengan melakukan penyetelan terhadap sudut-sudut geometri roda (wheel aligment), salah satunya yaitu penyetelan sudut camber roda.

Pengertian sudut camber

Sudut camber adalah suatu ukuran kemiringan pada roda depan kendaraan bagian atas terhadap garis vertikal ketika dilihat dari bagian depan kendaraan.
Sudut chamber secara garis besar dibagi menjadi 3, yaitu sudut camber positif, sudut camber nol dan sudut camber negatif. Jika jarak bagian atas roda pada saat dilihat dari depan kendaraan terlihat lebih jauh daripada jarak bagian bawah (bagian atas roda lebih jauh dari as roda), itu disebut camber positif. Sedangkan Jika bagian bawah roda lebih jauh dari bagian atas, itu disebut camber negatif. Dan ketika jarak keduanya sama, maka disebut chamber nol. Besar sudut camber yang umum digunakan yaitu 1 - 3 derajat.

Fungsi Sudut Camber

Perlu sobat ketahui ada beberapa fungsi sudut chamber yang sangat penting, diantaranya sebagai berikut ini:
  1. Untuk mengatur posisi kemiringan roda terhadap garis vertikal dari arah depan kendaraan. 
  2. Meningkatkan handling kendaraan. 
  3. Penerapan camber positif kemudi menjadi ringan dan tumpuan roda menjadi kokoh saat jalan lurus. Selain itu juga, memperkecil momen bengkok pada poros kendaraan. 
  4. Mencegah keausan ban yang berlebihan pada sisi roda bagian dalam maupun bagian luar. 
  5. Meningkatkan kestabilan kendaraan.

    Efek Sudut Camber Yang Tidak Tepat

    Efek sudut camber roda mobil yang tidak tepat
    Gb. Pengaruh Sudut Camber yang Kurang Tepat

    Akibat Sudut Camber Negatif

    Akibat camber negatif meningkatkan cengkeraman saat menikung, tetapi daya cengkram kurang saat jalan lurus, selain itu juga kemudi akan terasa lebih berat ketika akan belok. Sehingga setingan camber negatif jarang, kecuali untuk tujuan modifikasi kendaraan. Pengaruh camber negatif pada roda yaitu roda sisi dalam akan lebih cepat habis

    Akibat Sudut Camber Positif

    Akibat camber positif memperingan kemudi kendaraan saat mulai belok dan roda akan lebih kokoh saat kondisi jalan lurus. Namun daya cengkram ketika menikung menjadi berkurang. Sehingga setelan camber positif lebih banyak digunakan untuk kendaraan offroad dan kendaraan pertanian. Pengaruh camber positif pada roda yaitu roda sisi luar akan lebih cepat habis.

    Demikian ulasan kami tentang Ini Penting!! Akibat atau Pengaruh Setelan Sudut Camber Roda Yang Tidak Tepat Yang Harus Anda Ketahui. Semoga dapat menambah wawasan kita semua, Jangan lupa kunjungi juga artikel menarik kami yang lain berikut ini.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel