Perbedaan Rangkaian Seri dan Paralel, Mudah di Pahami yang satu ini!!

Rangkaian Seri dan Rangkaian Paralel, Kami yakin bahwasannya sebagian besar dari sahabat otomotif sudah tidak asing lagi dengan istilah rangkaian seri dan rangkaian paralel. Kedua rangkaian tersebut tentunya memiliki perbedaan. Perbedaan kedua rangkaian seri dan paralel ini sedikit mencolok perbedaannya. Akan tetapi tidak hanya perbedaan yang mencolok melainkan kedua ienis rangkaian ini juga memiliki kesamaan yaitu dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari – hari maupun dalam perangkat kelistrikan otomotif.

Sebelum sahabat otomotif memutuskan akan menggunakan rangkaian seri atau rangkaian paralel dengan berbagai pertimbangan dan kondisi. Sahabat otomotif sekalian harus tahu mengenai rangkaian seri dan rangkaian paralel terlebih dahulu.

Kelebihan Rangkaian Seri

Rangkaian seri vs paralel
Gb. Rangkaian seri
Rangkaian seri adalah sebuah rangkaian kelistrikan dimana aliran arus listriknya disusun secara berderetan atau berurutan antar komponen atau beban kelistrikannya. Sehingga akan diperoleh rangkaian listrik yang teratur dan berurutan.

Salah satu kelebihan dari rangkaian seri ini yang dapat kita perhitungkan yaitu kepraktisan dalam merangkai komponen kelistrikannya serta rangkaian seri cenderung memiliki daya hantar yang lebih stabil sehingga arus listrik terbagi secara merata disetiap beban kelistrikannnya. Namun disisi lain juga terdapat kekurangan yang tentunya harus dipertimbangkan juga yaitu 

jika ada salah satu beban listrik atau komponen yang bermasalah maka komponen yang lainya juga ikut bermasalah serta jenis rangkain ini mengharuskan aliran listrik yang harus stabil dan tinggi agar dapat bekerja dengan baik.

Kelebihan Rangkaian Paralel

Perbedaan rangkaian seri dengan paralel
Gb. Rangkaian paralel
Rangkaian paralel yaitu sebuah rangkaian kelistrikan dimana aliran arus listriknya disusun secara sejajar antara komponen atau beban kelistrikannya. Sehingga input arus listrik dari setiap komponen atau beban kelistrikan yang digunakan berasal dari komponen yang sama.

Salah satu kelebihan yang patut diperhitungkan dari rangkaian paralel ini yaitu jika terdapat salah satu komponen atau beban listrik yang bermasalah maka komponen yang lainya tidak akan ikut bermasalah. Akan tetapi rangkaian ini juga memiliki kekurangan berupa proses instalasi atau pemasangannya lebih rumit dan membutuhkan biaya yang cukup mahal jika dibandingkan rangkaian seri.

Rangkaian Seri Vs Paralel

Agar sahabat otomotif sekalian lebih mudah memahami dan membandingkan rangkaian seri dan paralel, maka perbedaan rangkaian seri dan paralel akan kami sajikan dalam bentuk tabel berikut ini. 
Perbedaan rangkaian seri dan paralel
Gb. Tabel perbedaan rangkaian seri dan paralel

Sekian posting kami tentang Rangkaian Seri dan rangkaian Paralel, semoga bermanfaat, jangan lupa kunjungi juga posting kami berikut ini: Istilah - Istilah Dasar yang Harus Kalian Ketahui Ketika Belajar Tentang Ilmu Kelistrikan



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel