Gerak Oskilasi Body Pada Mobil, Ternyata Ini Yang Mempengaruhi Kenyamanan Mobilmu!!

Ternyata Ini Yang Mempengaruhi Kenyamanan Mobilmu, Gerak Oskilasi Body Pada Mobil!!,- Sistem suspensi pada kendaraan di desain untuk meredam segala bentuk perubahan yang di alami mobil akibat adanya gaya dari luar baik itu yang di sebabkan karena jalan gelombang atau karena situasi berkendara seperti saat menikung tajam atau melaju dengan kecepatan tinggi pada kondisi jalan yang tidak rata.
Perbedaan sprung weight dan unsprung weight
Gb. Ilustrasi Sprung Weight Vs Unsprung Weight
Guncangan pada kendaraan biasa disebut dengan Istilah oskilasi, oskilasi merupakan pergerakan body mobil yang di akibatkan adanya gaya dari luar yang di timbulkan saat berkendara atau saat mobil berjalan. 

Jenis Gerakan Oskilasi Pada Mobil

Gerakan oskilasi pada mobil secara garis besar dapat di kelompokkan menjadi 2 jenis yaitu Gerakan Oskilasi Sprung Weight dan Gerakan Oskilasi Unsprung Weight. Mari kita simak bersama ulasan berikut:

1. Sprung Weight

Sprung Weight  merupakan berat komponen - komponen pada mobil yang ditopang oleh pegas suspensi. Seperti bodi kendaraan, mesin, pintu, kursi dan lain sebagainya.

2. Unsprung Weight

Unsprung Weight merupakan berat komponen-komponen mobil yang tidak ditopang oleh pegas suspensi melainkan sebagai penopang suspensi. Seperti axle shaft, Diferensial atau gardan, roda, pelek dan lain  sebagainya. 

Kedua jenis berat inilah yang nantinya akan menimbulkan oskilasi pada kendaraan. Guncangan atau erakan oskilasi yang disebabkan oleh komponen-komponen yang ditopang oleh pegas suspensi disebut sebagai gerakan oskilasi Sprung Weight,  sedangkan guncangan atau gerakan oskilasi yang disebabkan oleh komponen yang tidak ditopang pegas suapensi disebut sebagai Gerakan Oskilasi Unsprung Weight.

Semakin besar sprung weight dari sebuah mobil atau kendaraan, maka akan menjadikan kendaraan lebih nyaman karena kemungkinan kecil bodi mobil mengalami guncangan. Begitu juga sebaliknya.

Gerakan Oskilasi atau guncangan pada kendaraan ini terutama guncangan pada body kendaraan sangat berpengaruh besar pada kenikmatan kendaraan. Adapun secara detail jenis oskilasi dan goncangan ini adalah sebagai berikut:

Jenis Gerak Oskilasi Pada Mobil

Jenis Gerak Oskilasi Sprung Weight

Jenis oskilasi body mobil
Gb. Gerak Oskilasi Sprung Weight

Pitching

Pitching meruoakan Arah gerak body mobil depan dan body mobil belakang yang naik turun terhadap titik tengah bila dlihat dari samping kendaraan. pergerakan naik turun bagian depan kendaraan tidak mempengaruhi gerakan bagian belakang kendaraan begitu juga sebaliknya, mobil yang mengalami pitching biasanya di karenakan pegas suspensi mobil yang sudah lemah.

Rolling

Rolling merupakan pergerakan body mobil saat mobil berbelok secara tajam, penumpang di dalam seperti terlempar ke salah satu arah, jika mobil belok ke kiri  maka posisi body mobil bagian kiri akan sedikit lebih terangkat dibandingkan body mobil bagian kanan, begitu juga sebaliknya, pada saat ini salah satu pegas ada yang mengkerut dan sisi lainnya mengembang, jika suspensi sudah rusak saat digunakan untuk membelok tajam, mobil akan terasa limbung seperti mau terbalik.

Bouncing

Bouncing hampir sama dengan pitching, bouncing merupakan gerakan naik turun kendaraan secara keseluruhan baik depan atau belakang secara bersamaan saat melalui medan jalan yang bergelombang ketika dilihat dari samping kendaraan, jadi ketika bagian depan kendaraan naik maka secara otomatis bagian belakang kendaraan juga akan ikut naik begitu juga sebaliknya, hal ini di sebabkan karena pegas yang lemah.

Yawing

Yawing adalah gerakan body kendaraan dengan arah memanjang, ke kanan dan ke kiri terhadap titik tengah ( centerline ) kendaraan tersebut jika dilihat dari bagian atas kendaraan.

Jenis Gerak Oskilasi Unsprung Weight

Jenis oskilasi unsprung weight
Gb. Jenis Oskilasi Unsprung Weight

Hopping

Hopping merupakan gerakan ke atas dan bawah roda-roda kendaraan secara bersamaan yang biasanya terjadi pada saat kendaraan melintasi jalan bergelombang pada kecepatan sedang dan tinggi.

Tramping

Tramping merupakan gerakan oskilasi turun-naik pada arah yang berlawanan secara bergantian pada roda kiri dan kanan. Tramping mudah terjadi pada suspensi tipe rigid.

Wind Up

Wind Up merupakan gejala dimana pegas daun melintir disekeliling poros atau axle shaft yang disebabkan oleh moment penggerak kendaraan.

Demikian ulasan kami tentang jenia oskilasi body pada mobil, semoga dapat menambah wawasan kita semua, jangan lupa kunjungi juga artikel terbaik kami berikut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel