Ini 6 Penyebab Mobil Bergetar Pada RPM Rendah, Disertai Solusinya!!

Ini 6 Penyebab Utama Mobil Bergetar Pada RPM Rendah Beserta Solusinya!! ,- Getaran pada mesin mobil kendaraan sahabat sebenarnya wajar keberadaannya,  Mengingat bahwasannya sumber tenaga mobil itu berasal dari mesin dengan mengubah energi kimia menjadi gerak, dan perlu diketahui bahwasannya mesin mobil selain menghasilkan daya juga menghasilkan getaran dan suara letupan.
Penyebab mobil bergetar pada rpm bawah
Gb. Ruang Mesin Mobil
Namun, para perancang kendaraan mobil sudah melengkapi kendaraannya dengan berbagai perlengkapan peredam suara dan getaran. Sehingga suara dan getaran yang dihasilkan oleh mesin tidak terasa sampai ke kabin penumpang.

Jadi jika suara dan getaran mobil anda terasa lebih besar daripada biasanya bisa jadi terdapat komponen yang perlu diperiksa untuk sekedar distel,  diperbaiki atau bahkan harus diganti.

Pada ulasan kami ini kami akan berbagi kepada para sahabat otomotif tentang gangguan pada mesin mobil sahabat yang dapat menyebabkan mesin mobil bergetar pada saat RPM atau putaran bawah.

Beberapa Kemungkinan Mesin Mobil Bergetar

A. Adanya Kerusakan pada Engine Mounting

Solusi mesin getar
Gb. Posisi engine mounting
Engine mounting pada kendaraan berfungsi sebagai pegangan mesin mobil ke rangka atau lebih mudahnya sebagai tempat untuk mengikat mesin ke rangka mobil. Engine mounting dibuat dengan karet peredam khusus. Sehingga getaran pada mesin saat dihidupkan dapat diserap atau diredam sehingga getaran mesin tidak sampai ke body.

Dengan lamanya usia pakai engine mounting ini, maka lama kelamaan juga akan rusak. Kalau karet pada engine mounting pecah tentu getaran mesin semakin tak terkontrol dan bisa sampai merambat ke body karena engine mounting tidak misa meredam getaran sebagai mana mestinya.

Oleh sebab itu, untuk masalah yang pertama ketika mesin bergetar pada RPM bawah,  maka silahkan sahabat periksa engine mountingnya. Caranya dengan menggunakan lampu kerja dan kemudian periksa secara visual kondisi karet engine mounting ke body (biasanya ada 3 atau 4 buah). Jika ditemukan karet engine mounting pecah maka itulah penyebabnya sehingga engine mounting harus ganti.

B. Kondisi Ban Mobil Bergelombang

Penyebab mobil bergetar rpm bawah
Gb. Kondisi ban bergelombang
Kondisi Ban mobil yang bergelombang dapat menyebabkan mobil bergetar ketika dijalankan pada RPM rendah sampai tinggi. Getaran yang ditimbulkan akan terasa cukup stabil dan akan berubah setiap perubahan kecepatan mobil.

Selain tersebut diatas, kondisi velg yang tidak balance tidak seimbang juga dapat menjadi penyebab mobil bergetar. Oleh karena itu balancing wajib dilakukan dengan interval yang dianjurkan oleh pabrikan pembuatnya.

C. Terdapat Salah Satu Injektor Tersumbat atau Mati

Akibat injektor mampet
Gb. Injektor
Injektor berfungsi untuk menginjeksikan atau menyemprotkan bahan bakar ke dalam intake manifold pada tiap-tiap silinder mesin. Sehingga bensin bisa langsung masuk ke  ruang bakar mesin.

Mesin awalnya akan pincang ketika salah satubinjoktor mati atau tersumbat. Sehingga kalau salah satu injektor atau busi mati, maka RPM mesin naik sendiri dan ada getaran yang terasa. Lakukan test power balance untuk mengetahui injektor mana yang mati atau tersumbat.

D. Terdapat Salah Satu Busi atau Koil Pengapian Mati

Akibat busi mati
Gb. Busi
akibat busi mesin yang tidak dalam kondisi baik akan membuat mesin menjadi tidak seimbang karena tenaga yang dikeluarkan tidak sama pada tiap silinder mesin.

Sama halnya dengan injektor mati, ketika salah satu busi atau koil pengapian mati, maka Mesin awalnya juga akan pincang, tapi pada sistem injeksi kalau mesin pincang otomatis RPM mesin naik sendiri. Sehingga kalau salah satu injektor atau busi mati, maka RPM mesin naik sendiri dan ada getaran yang terasa. Dampak paling fatal dari kerusakan busi adalah akan membuat mobil sahabat menjadi mati.
Penyebab mobil bergetar
Gb. Koil pengapian
Sama halnya pada saat memeriksa injektor, lakukan test power balance untuk mengetahui busi atau koil mana yang mati, jika sahabat belum tahu cara memeriksanya,  silahkan cari di kolom pencarian pada website ini dengan kata kunci "Power Balance" atau langsung saja klik disini

E. Terdapat Kebengkokan Pada Poros Propeller

Akibat poros propeller bengkok
Gb. Poros propeller
Komponen ini hanya akan sahabat jumpai pada mobil dengan penggerak roda belakang,  jika sahabat lihat bagian kolong mobil maka terlihat komponen berbentuk seperti pipa memanjang dari bagian transmisi ke gardan belakang. Komponen itulah yang disebut sebagai poros propeller.

Fungsi poros propeller yaitu untuk meneruskan atau memindahkan tenaga putar dari transmisi menuju ke differential. Kontruksi poros propeller dibuat sedemikian rupa agar saat memindahkan tenaga putar dari transmisi ke differential dapat dilakukan dengan lembut tanpa dipengaruhi dari kondisi permukaan jalan dan banyaknya beban.

Pada poros propeller juga dilengkapi dengan balance weight (bandul penyeimbang) yang terpasang pada bagian luar pipa poros propeller dengan tujuan pemasangan dari balance weight adalah untuk menjaga poros propeller agar tetap seimbang ketika berputar sehingga tidak terjadi getaran pada poros propeller saat berputar.

Seiring usia pakai komponen ini maka lama kelamaan poros propeller mulai tidak balance. Sehingga akan menyebabkan getaran terasa sekali pada saat mobil berjalan pada RPM rendah sampai tinggi.

F.  Kondisi Universal Joint Aus

Akibat universal joint rusak
Gb. Universal Joint Menuju Gardan
Universal join yang terdapat pada poros propeller harus dapat mengatasi segala kondisi untuk menyalurkan tenaga putar dari transmisi ke differential jika poros propeller sedang berputar tanpa mengalami kerusakan atau patah. Sehingga pada universal joint harus memenuhi beberapa syarat diantaranya: pertama harus dapat menghindari dari kemungkinan terjadi kerusakan pada saat poros propeller bergerak naik turun. Yang kedua harus dapat berputar halus tanpa adanya suara (berisik).

Seiring usia pakai komponen ini maka lama kelamaanakan aus, Sehingga akan menyebabkan getaran terasa sekali pada saat mobil berjalan pada RPM rendah sampai tinggi.

Demikian ulasan kami tentang Ini 6 Penyebab Mobil Bergetar Pada RPM Rendah Beserta Solusinya!! , semoga dapat menambah wawasan kita semua, janhan lupa kunjungi juga artikel pilihan kami berikut ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel