4 Faktor Penyebab Ban Mobil Cepat Aus, Fatal Jika Diabaikan!!

Tenyata Ini Penyebab Ban Mobil Cepat Aus, Fatal Jika Diabaikan!! ,- Ban atau tires memiliki peran yang sangat penting pada kendaraan atau mobil sahabat saat berjalan. terdapat beberapa fungsi utama ban pada mobil yang harus dipenuhi agar didapat pengendaraan yang aman dan nyaman.
Penyebab ban mobil cepat gundul
Gb. Ilustrasi penyebab ban mobil cepat aus
Yang pertama, ban memiliki fungsi untuk menahan beban apapun yang menumpu diatas ban. Baik beban mesin, beban body, beban rangka,  beban muatan itu sendiri mauapun yang lain yang berada diatas ban mobil kita. 

Fungsi yang kedua sebagai peredam getaran saat mobil berjalan. Sebelum getaran atau guncangan yang diterima dari jalanan diredam oleh sistem suspensi, maka terlebih dahulu getaran atau guncangan tersebut akan diredam oleh ban yang selanjutnya baru akan diredam lagi oleh sistem suspensi pada mobil. 

Adapun fungsi yang ke tiga yaitu ban berfungsi untuk meneruskan tenaga atau gaya gerak serta pengereman dari mesin ke permukaan jalan. Oleh sebab itu,hal ini sangat erat kaitannya dengan kinerja traksi serta daya pengereman sebuah kendaraan.

Tak hanya ketiga fungsi diatas, ban juga memiliki fungsi sebagai kontrol kendali arah laju kendaraan. Hal ini sangat erat kaitannya dengan kemampuan kendaraan dalam manuver serta kestabilan dalam berkendara saat kendaraan kita melaju baik dalam RPM rendah maupun tinggi.

Oleh karena itu, sahabat harus menjaga aspek keselamatan ban agar dapat memenuhi fungsi keselamatan dan kenyamanan kendaraan dengan baik.

Sangat sering dijumpai pemilik mobil atau kendaraan yang tidak aware dengan kondisi ban mobilnya, bahkan dibiarkan hingga batas maksimum dan akhirnya gundul.

Beberapa Faktor Penyebab Ban Cepat Aus

Setidaknya terdapat 4 penyebab ban mobil sahabat cepat aus, diantaranya sebagai berikut:

1. Tekanan Angin Ban Tidak Sesuai (terlalu kurang / terlalu berlebih)

Akibat tekanan angin ban kurang
Gb. Ilustrasi dampak tekanan ban yang sesuai dan tidak sesuai
Tekanan angin ban yang kurang malah justru lebih membahayakan ketimbang ban yang terlalu keras atau terlalu berlebih tekanannya. Tekanan angin ban yang kurang akan berakibat ban pecah secara tiba-tiba.

Pernu diketahui bahwasannya ketika tekanan angin ban kurang, maka side-wall ban akan melipat saat posisinya berada dibawah menahan beban, dan akan kembali tegak saat berputar ke atas sehingga sangat berpotensi besar terjadi ban retak bahkan pecah.

Tekanan angin ban yang kurang juga berpotensi membuat bentuk permukaan ban berubah menjadi lebih luas. Hal ini akan membuat bidang kontak besar membuat gerakan jadi terlalu berat. Sehingga berefek mobil tidak bertenaga dan juga berefek borosnya konsumsi BBM karena butuh tenaga besar untuk memutar ban.

Selain itu, tekanan angin ban yang kurang juga akan membuat pengendalian kendaraan menjadi limbung, tidak stabil. Maka dari itu psatikan tekanan angin ban mobil sahabat selalu sesui dengan standar yang dianjurkan oleh pabrikan.

Adapun ketika tekanan angin ban yang terlalu tinggi hanya akan membuat ban aus dibagian tengah saja serta membuat berkendara menjadi keras dan tidak nyaman.

2. Beban atau Muatan Kendaraan Berlebih/OverLoad

Penyebab ban mobil cepat aus
Gb. Ilustrasi Muatan berlebih
Mobil yang digunakan untuk muat barang atau muatan diatas kapasitas yang diijinkan pabrikannya  akan membuat ban lebih menekan ke permukaan aspal.

Hampir sama dengan tekanan angin ban yang berkurang, muatan yang berlebihan dapat membuat tapak ban lebih lebar dan cepat aus.

Mungkin hal ini sangat sederhana tetapi keberadaan muatan overload ini jika diakumulasikan dengan waktu perjalanan yang lama, maka akan makan ban lebih banyak terutama bagian side-wall ban. Dan tentunya juga konsumsi bensin jadi lebih boros.

3. Seringnya Mengabaikan Perawatan Ban

Akibat tekanan ban terlalu tinggi
Gb. Proses spooring dan balancing
Penyebab selanjutnya yaitu mengabaikan perawatan kaki-kaki mobil atau kendaraan sahabat, terutama dalam hal menjaga gar ban tetap banlancang dengan jalan dibalancing dan sudut- sudut ban (sudut toe, sudut camber dan sudut caster) dengan cara melakukan spooring serta hal yang sepele berupa rotasiban setiap 10.000 km. 

Seiring berjalannya uasia pakai mobil,  maka sudut-sudut ban bisa saja berubah dari standar pabrik yang telah ditetapkan. Ban yang sudutnya tidak tepat atau tidak sesuai maka akan menyebabkan  ban cepat aus dengan daerah telapak yang tidak merata.

Untuk lebih jrlasnya sahabat dapat membaca ulasan tentang alibat sudut ban yang tidak sesuai di website ini dengan mencari dikolom pencarian dengan kata kunci " Akibat sudut Ban tidak tepat" atau langsung saja klik Disini.

4. Kebiasaan Perilaku Berkendara yang kurang baik

Penyebab ban cepat aus
Gb. Ilustrasi Kebiasaan pengemudi
Kebiasaan mengemudi kedaraan yang tidak baik seperti cara pengereman yang suka mendadak, atau cara berkendara yang gemar berakselerasi maksimal di awal, akan membuat kontak ban ke permukaan aspal berlebihan dan akhirnya cepat gundul.

Demikian ulasan kami tentang tenyata Ini Penyebab Ban Mobil Cepat Aus, Fatal Jika Diabaikan!! ,semoga dapat menambah wawasan kita semua, jangan lupa kunjungi juga artikel pilihan kami berikut ini.




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel