3 Langkah Mudah Menghitung Ampere Sekring, Untuk Mobilmu Jangan Coba-Coba!!

Ini Ternyata Cara Mudah Menghitung Ampere Sekring Mobilmu, Awas Sangat Berbahaya Jika Diabaikan!!,- Fuse (Sekering) pada dasarnya terdiri dari sebuah kawat halus pendek yang akan meleleh dan terputus jika dialiri oleh Arus Listrik yang berlebihan ataupun terjadinya hubungan arus pendek (short circuit) dalam sebuah peralatan listrik/ Elektronik. Dengan putusnya Fuse (sekering) tersebut, Arus listrik yang berlebihan tersebut tidak dapat masuk ke dalam Rangkaian Elektronik sehingga tidak merusak komponen-komponen yang terdapat dalam rangkaian Elektronik yang bersangkutan.

Dalam menentukan ukuran fuse, syarat utama yang harus sahabat sekalian ketahui adalah ukuran daya (Watt) dari beban listrik yang akan sahabat otomotif pasang pada suatu rangkaian kelistrikan, Jika sudah diketahui daya yang akan dipasang maka langkah selanjutnya yaitu dengan mencari arus (ampere) yang akan diserap oleh bebannya. Ukuran fuse (rated current) harus dua kali dari arus yang akan melewatinya pada saat operasi normal.

cara menghitung ampere sekring
Gb. Sekring tipe blade dan tabung

Mari sahabat otomotif sekalian simak penjelasan dari rumus berikut ini:

Rumus Menghitung Ampere Sekring

Ini dia rumusnya:
I = P/V, dimana

Ket.:

I : Kuat Arus ( dalam satuan Ampere )
P : Daya Listrik ( dalam satuan Watt )
V : Tegangan Listrik ( dalam satuan Volt )

Sehingga dari rumus diatas sahabat sekalian dapat menghitung ukuran sekring yang kita perlukan, perhatikan contoh berikut ini,:

Langah Cepat Menghitung Ampere Sekring

Ahmad bermaksud mengganti lampu depan atau headlight sepeda motornya dari 60 Watt menjadi 90 Watt dengan tegangan 12 Volt DC maka dapat kita cari ukuran ampere sekringnya:

Pertama diketahui beban lampu yang  baru yang akan digunakan sebesar 90 Watt, maka arus yang nantinya akan diserap adalah sebesar I, I = P/V, sehingga diperoleh, I = 90 Watt/12 Volt , hasilnya Arus sebesar 7,5 Ampere.

Langkah selanjutnya yaitu menghitung ukuran nilai arus (Rate Current) sekring yang diperlukan, yaitu sebesar (Arus yang mengalir x 2), maka diperoleh hasil 7,5 Ampere x 2 = 15 Ampere.

Maka ukuran fuse atau sekering yang dibutuhkan yaitu sebesar 15 Ampere.

Biasanya sekering tersedia dalam ukuran : 5 Ampere, 7,5 Ampere, 10 Ampere, 15 Ampere, 20 Ampere, 25 Ampere dan 30 Ampere), jadi silahkan ketika memperoleh hasil pengalian dengan hasil koma (,) silahkan dibulatkan keatasnya sesuai ukuran sekering yang tersedia dipasaran.

Jika sahabat belum paham , sahabat dapat melihat penjelasan video youtube berikut ini,:
 Video cara menentukan ukuran sekring yang benar

Demikian ulasan kami tentang Ini Ternyata Cara Mudah Menghitung Ampere Sekring, Bahaya Jika Diabaikan!!, Semoga dapat menambah wawasan kita semua, jangan lupa kunjungi juga artikel pilihan kami berikut ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel