Cara Menemukan Letak Sekering Pada Mobil Honda Brio Satya

Sekering atau juga dikenal dengan istilah fuse merupakan salah satu komponen pengaman sirkuit kelistrikan pada kendaraan yang berfungsi untuk mencegah terjadinya kerusakan komponen-komponen pada sebuah sistem kelistrikan jika terjadi hubungan singkat (konsleting) atau arus yang mengalir pada sirkiuit kelistrikan tersebut terlalu besar.
Cara menemukan letak sekering Honda brio satya
Gb. Posisi Sekring Honda Brio
Sejumlah Fuse mobil biasanya diletakkan jadi satu di dalam kotak sekering sekring atau fusebox. Pada mobil Honda Brio, letak kotak sekering terletak pada 2 tempat, yaitu 1 buah fuse box terletak didalam engineroom atau ruang mesin menyatu dengan baterai dan 1 buah fusebox lagi terletak di dalam kendaraan, lebih tepatnya disisi kanan bawah dari roda kemudi.


Box Sekring Brio

Pertama fusebox yang terdapat pada engineroom, untuk menemukannya kita hanya cukup mebuka kap mesin kemudian cari posisi baterai mobil, buka cover baterai bagian atas dengan menekan klip cover disebelah samping cover ini, pada bagian ini, tidak terdapat banyak fuse atau sekring hanya terdapat beberapa saja, diantaranya,  fusible link sebesar 80atu 100 A tergantung tite mesin,  fusiblenlink EPS 60 A (Elektronik Power steering) dan Fuse untuk rangkaian Klakson, lampu rem dan lampu hazard (20 atau 30 A sesuai tipe mesin).
Cara menemukan letak sekering mobil
Cara menemukan letak sekering Honda brio satya
Gb. Letak fusebox honda brio
Kedua fusebox yang terdapat pada ruang kemudi (bawah setir), Untuk dapat menemukan letak sekering mana yang mengalami masalah maka pertama-tama kita perlu membuka cover (penutup) pada bagian bawah roda kemudi. 
Cara menemukan letak sekering Honda brio satya
Gb. Letak FuseBox Honda Brio
Cover fusebox yang satu ini terpasang dengan sambungan clip sehingga kita dapat membuka cover dengan cara menariknya.

Setelah cover terbuka maka akan terlihat kotak sekering dimana di dalam kotak sekering terdapat banyak sekering.

Sekring Honda Brio

Tidak seperti pada mobil Honda yang lain, diagram nama-nama sekering tidak akan sahabat dapat temukan di sekitar kotak sekering atau vover fuseboxnya, namun dapat sahabat temukan pada buku manual kendaraan kendaraan ini (biasanya bukunya disertakan pada saat kita mebeli mobil ini bersamaan dengan buku service).

Terdapat 2 tipe fusebox yang dibawah setir ini,  tipe A dan tipe B, sesuaikan dengan mobil sahabat, termasuk yang tipe A atau B, Berikut ini diagram dan nama-nama sekering beserta kapasitas sekering yang digunakan pada kendaraan mobil Honda Brio di bawah ini :

Cara menemukan letak sekering mobil
Gb. Posisi Sekring tipe A

Cara menemukan letak sekering mobil
Cara menemukan letak sekering mobil
Gb. Posisi Sekring Tipe B

Cara Melepas Sekering

Pastikan apabila akan melakukan pergantian sekering maka gunakan sekering dengan kapasitas arus yang sama besar dilarang KERAS mengganti sekring dengan Kapasitas lebih BESAR atau Lebih KECIL dari standar untuk mengkindari resiko sirkuit TERBAKAR.

Sebelum melepas sekring untuk melakukan pemeriksaa dan oenggantian terlebih dahulu pastikan kunci kontak pada posisi OFF, Sedangkan untuk melepas sekering dari tempat sekering dapat dilakukan dengan menggunakan penjepit atau pinset sekring seperti pada gambar.
Cara menemukan letak sekering mobil
Gb. Cara Melepas Sekrring
Demikian ulasan kami tentang letak sekring pada mobil honda brio, semoga dapat menambah wawasan kita semua, jangan lupa kunjungi juga artikel pilihan kami berikut ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel