Ini Tujuan Dan Interval Waktu Service Berkala Mobil Honda, Toyota Dan Lain Sebagainya

Sahabat otomotif perlu diketahui bahwasannya sebuah mobil atau kendaraan bermotor terdiri dari berbagai sistem yang terdiri dari beberapa komponen yang saling terkait dalam sistem kerjanya. Komponen-komponen masing-masing sistem tersebut relatif memiliki jumlah yang banyak. Seiring berjalannya waktu penggunaan kendaraan bermotor tersebut maka sudah pasti komponen atau part penyusunnya lama-kelamaan dapat menjadi aus, melemah atau bahkan berkarat, sehingga hal ini tentunya akan mengakibatkan kinerja dari komponen-komponennya tersebut menurun dari kondisi awalnya.
Jadwal service berkala kendaraan bermotor
Gb. Ilustrasi pemeliharaan berkala kendaraan bermotor
Penurunan kinerja komponen-komponen ini alhasil akan sangat mempengaruhi performa atau kinerja kendaraan sahabat seperti mesin loyo, bahan bakar lebih boros, terdapat suara atau bunyi-bunyi abnormal dan lain sebagainya. Untuk mengatasi penurunan kinerja komponen ini agar selalu dalam kondisi standar atau mendekati standarnya maka harus dilakukan perawatan. Salah satu pekerjaan perawatan yang dilakukan adalah perawatan atau servis berkala.

Perawatan atau servis berkala  dapat didefiniskan sebagai suatu kegiatan merawat, membersihkan, menyetel, mengencangkan dan memperbaiki serta mengganti Komponen-komponen pada kendaraan bermotor agar tidak terjadi penurunan kinerja secara drastis yang dilakukan dalam interval waktu tertentu secara berkala. Tujuan melakukan pekerjaan perawatan berkala kendaraa  atau lebih familiar dengan istilah service berkala adalah untuk mengembalikan performa atau kinerja mesin kendaraan bermotor agar selalu mendekati kondisi standar atau sesuai spesifikasi semula.


Service Berkala

Service berkala merupakan salah satu kegiatan yang diwajibkan oleh pabrik atau ATPM mobil sahabat. Berikut ini secara rinci tujuan dilakukannya pekerjaan service berkala pada kemdaraan bermotor:
  • Untuk Mejamin Kendaraan bermotor terhindar dari trouble yang lebih besar yang mungkin dapat terjadi pada kemudian hari jika tidak dilakukan service berkala alhasil dapat mengurangi resiko pengeluaran untuk perbaikan yang nominalnya lebih besar.
  • Untuk Menjaga Agar warranty atau garansi kendaraan bermotor tidak tidak hangus.
  • Untuk Menjaga Kestabilan Harga Purna Jual Kendaraan bermotor.
  • Untuk menjaga agar performa atau kinerja kendaraan bermotor tetap dalam kondisi prima sehingga life time atau umur kendaraan bermotor menjadi lebih lama atau lebih panjang. 
  • Untuk Menjamin pengalaman pengendaraan kendaraan bermotor yang ekonomis dan aman.
  • Untuk Mengurangi resiko terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan saat kendaraan bermotor digunakan seperti macet, susah dinyalakan dan lain sebagainya.

Pekerjaan service berkala sebaiknya dilakukan di bengkel resmi atau bengkel yang memiliki kredibilitas cukup tinggi karena perawatan secara berkala di bengkel tersebut akan dilakukan sesuai dengan prosedur. Jika kendaraan sahabat masih dalam masa atau periode yang ditanggung garansinya maka sebaiknya perawatan berkala di lalukan di bengkel resmi karena hal ini merupakan salah satu syarat wajib untuk dapat melakukan klaim garansi kendaraan sehingga apabila perawatan berkala dilakukan tidak di bengkel resmi maka klaim garansi tidak akan berlaku atau hangus.
Tujuan service berkala mobil
Gb. Buku pedoman service


Service Berkala Mobil Honda

Jadwal service berkala Mobil Honda biasanya intervalnya sudah ditentukan oleh pabrik Atau ATPM sahabat sehingga untuk jadwal service berkala secara rinci hingga jenis pekerjaannya dapat dilihat pada jadwal perawatan yang ada dalam buku pedoman reparasi kendaraan tersebut. Secara garis besar service berkala pada setiap mobil baik itu honda, toyota, Daihatshu, Mitsubishi ataupun yang lain adalah sama intervalnya. 
Manfaat perawatan berkala kendaraan bermotor
Gb. Periode service berkala
Secara garis besar kendaraan bermotor harus dilakukan perawatan berdasarkan jarak yang telah ditempuh kendaraan atau  waktu tempuh kendaraan dan diambil mana yang tercapai lebih dahulu. Untuk kendaraan bermotor dengan mesin bensin biasanya interval jarak tempuh sekitar  kelipatan 10.000 Km atau interval waktu 6 bulan dan untuk mobil diesel biasanya lebih pendek sekitar 5.000 Km. Service berkala mobil bensin biasanya meliputi service berkala 1.000 km, 10.000 km, 20.000 km, 30.000 km, 40.000 km, 50.000 km, 60.000 km,  70.000 km, 80.000 Km,  90.000 Km, 100.000 Km, 110.000 km dan 120.000 km.

Contoh kasus seperti ini. Sebuah kendaraan bermotor jadwal service berkala ditentukan oleh pabrik setiap menempuh jarak 10.000 km atau telah mencapai waktu tempuh 6 bulan, maka perawatan harus dilakukan apabila salah satu kondisi tersebut tercapai (lakukan perawatan secara berkala sesuai dengan jarak tempuh atau waktu tempuh yang mana tercapai lebih dahulu).

Kondisi tersebut diatas dapat dilakukan jika kendaraan bermotor digunakan pada kondisi yang normal, Jika kendaraan bermotor tersebut digunakan dalam kondisi yang tidak normal maka pekerjaan service berkala harus dilakukan dengan interval waktu atau jarak tempuh yang lebih pendek (setengah kali interval waktu atau jarak temouh normalnya). Berikut ini beberapa kondisi pemakaian kendaraan yang tidak normal yang mengharuskan pekerjaan service berkala dilakukan lebih cepat dari seharusnya:

A. Berdasarkan Kondisi Jalan

Kendaraan bermotor yang lebih sering digunakan pada jalan yang tidak rata, berlumpur, berdebu, bersalju dan sejenisnya seperti mobil-mobil pekerja tambang maka kendaraan tersebut harus dilakukan service berkala lebih cepat dari anjuran yang ada pada buku manual servicenya.

B. Berdasarkan Kondisi Pengendaraan

  • Kendaraan bermotor yang sering digunakan untuk melakukan perjalanan selama lebih dari 2 jam dengan kecepatan tinggi yaitu melampaui 80% dari kecepatan maksimum kendraan tersebut seperti mobil balap atau mobil travel.
  • Kendaraan yang sering dibiarkan idle dalam jangka waktu yang lama atau untuk menempuk jarak yang panjang namun pada kecepatan yang sangat rendah seperti mobil patroli.
  • Kendaraan yang digunakan untuk jarak pendek secara berulang-ulang pada suhu di bawah titik beku.
  • Kendaraan yang digunakan untuk menarik gandengan atau digunakan untuk mengangkut beban yang berat seperti mobil derek.
Demikian ulasan kami tentang tujuan service berkala atau perawatan berkala kendaraan bermotor, semoga dapat menambah wawasan kita semua, jangan lupa kunjungi juga artikel pilihan kami berikut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel