Arti Lampu Indikator Mobil, Jangan Panik Jika Lampu indikator mobil kedap kedip

Sahabat sekalian pada saat menyalakan mesin mobil tentunya akan Melihat banyaknya lampu indikator yang terdapat di dashboard yang mungkin dapat membuat sahabat bingung untuk memahaminya bagi yang sangat awam dibidang otomltif. Padahal, lampu indikator atau tanda peringatan lampu indikator ini merupakan cara komunikasi mobil yang dibuat oleh pembuatnya untuk menginformasikan pertanda penting terkait mobil atau kendaraan yang kita gunakan sehingga terjamin keselamatan dan kenyamanan selama berkendara.
Lampu indikator mobil menyala kedap kedip
Gb. Sejumlah Lampu Indikator Mobil
Sahabat jangan khawatir, karena pada ulasan ini kami akan membahas arti dari lampu infikator yang terdapat pada mobil kesayangan sahabat, perlu diketahui juga bahwasnya setiap kendaraan memiliki jumlah lampu indikator yang berbeda-beda, semakin banyak jumlah lampu indikator mobil ini maka menunjukkan semakin lengkap dan banyak fitur yang disematkan pada mobil tersebut dan sebaliknya.

Lampu Indikator Mobil

Berikut ini adalah beberapa peringatan lampu indikator mobil yang akan sahabat jumpai pada dashboard  mobil sahabat, lampu indikator mobil ini sangat wajib untuk diketahui agar sahabat senantiasa nyaman dan aman selama berkendara.

A. Lampu indikator check engine atau MIL

Lampu indikator mobil nyala kedap kedip
Gb. Lampu indikator Check engine
Tanda check engine atau lebih dikenal dengan istilah MIL (Malfungtion Indikator Light) merupakan salah satu aktuator pada mobil yang sudah dilengkapi dengan sistem bajan bakar injeksi. MIL ini sebenarnya bisa menunjukkan beragam hal yang menjadi sumber masalah pada mobil sahabat sekalian terutama berkaitan dengan sensor dan aktuator pada sistem EFI atau sistem injeksi. Lampu MIL akan menyala pada saat kunci kontak on dan padam pada saat mesin sudah hidup. Jika lampu MIL ini menyala pada saat mesin sudah hidup, hal ini menunjukkan adanya troubel atau masalah pada aktuator atau sensor oada mobil injeksi sahabat, entah berupa kabel atau soket lepas maupun komponen yang memang sudah rusak dan perlu diganti.  Bila tanda ini menyala, jangan panik.  Sahabat dapat langsung membawa mobil sahabat ke bengkel langganan terdekat agar tidak timbul masalah yang lebih parah.


B. Lampu indikator suhu atau temperature mesin

Lampu indikator mobil
Gb. Lampu indikator temperature
Lampu indikator ini akan menyala ketika Mesin mobil sahabat terlalu panas atau overheating. Banyak kemungkinan ketika lampu indikator mobil yang ini menyala mulai dari ketja sistem pendinginan mesin yang kurang optimal samapi dengan komponen mekanikal mesin yang kurang beres. Biasanya Mesin Mobil yang terlalu panas akan membuat mesin mati.

Jika sahabat menemui lampu indikator ini menyala, tepikan mobil sahabat pada tempat yang aman dan kemudian matikan AC dan mobil sahabat segera. telepon bantuan mekanik dari bengkel langganan sahabat untuk memperbaikinya. Jika sahabat bermaksud menambahkan cairan pendingin, jangan langsung membuka radiator saat itu juga. Tunggu 30 menit setelah membuka kap mesin baru kemudian membuka tutup radiator dengan memutarnya pelan2 terlebih dahulu (jangan lupa gunakan lap basah sebagai pelindung tangan saat melepas tutup radiator) agar cairan panas serta uap tidak menyembur mengenai sahabat sekalian.


C. Lampu indikator tekanan ban

Lampu indikator mobil
Gb. Lampu indikator tekanan angin ban
Lampu indikator ini akan menyala jik tekanan ban pada salah satu atau beberapa roda kendaraan sahabat berkurang. Jika tekanan pada ban ini terjadi pada mobil sahabat akan berakibat pada borosnya penggunaan bahan bakar, sisi ban habis tidak rata dan lebih ekstrimnya akan menyebabkan kecelakaan akibat ban selip  ketika melewati jalanan yang basah dan licin karanr traction ban dengan permukaan aspal kurang. Sesegera mungkin pergilah ke bengkel tambal ban di sekitar jalan yang kita lalui untuk menambah angin dan memastikan bahwasnya ban mobil kita tidak bocor.


D. Lampu indikator tekanan oli mesin

Lampu indikator mobil menyala
Gb. Lampu indikator tekanan oli mesin
Bila lampu indikator ini menyala, maka hal ini menunjukkan bahwa mesin mobil sahabat terdaoat masalah pada sistem pelumasannya, bisa berupa kekurangan oli, oli kotor, filter oli tersumbat atau bahkan pompa oli macet. Bila tekanan oli kurang, mesin mobil Anda akan cepat rusak dan membuat kinerja mobil semakin kurang optimal. Bila hal ini terjadi coba lakikan pengecekan kpasitas oli mesin, jika kurang silahkan tambah oli baru hingga kapasitas oli sesuai. Bila setalah dilakukan penambahan oli tapi hal ini tetap terjadi, sebaiknya segera hubungi bengkel langganan sahabat agar tidak terjadi kerusakan yang lebih fata mengingat sangat krusial dan pentingnya sistem pelumasan pada mesin mobil.

E. Lampu indikator kapasitas bahan bakar

Lampu indikator nyala kedap kedip
Gb. Lampu indikator BBM
Jika lampu indikator ini menyala, maka hal ini menunjukkan bahwa bahan bakar di tangki bahan bakar pada mobil sahabat kapasitasnya terlalu rendah atau bahkan hampir habis. Biasanya, lampu indikator ini akan menyala ketika isi tangki tersisa seperdelapan dari kapasitas full tanki. Bila hal ini terjadi, sebaiknya segera saja isi bahan bakar mobil sahabat, jangan memaksakan untuk menempuh jarak yang terlalu jauh demi mencari SPBU dan jangan sampai kehabisan bahan bakar ditengah jalan nantinya. Karena beberapa kendaraan ada juga yang disetting harus reset ecu jika terjadi kehabisan bahan bakar.

F. Lampu indikator seat belt

Lampu indikator mobil
Gb. Lampu indikator seat belt
Lampu indikator ini akan menyala jka sahabat belum mengenakan sabuk pengangaman atau seat belt sampai bunyi klik. Segera pasang sabuk pengaman sahabat bila tanda ini menyala. Jangan sepelekan keamanan berkendara sahabat hanya karena malas mengenakan seat belt ini. Seat belt dirancang guna mendukung keselamatan berkedara ketika kendaraan melakukan pengereman mendadak atau benturan sehingga cidera akibat benturan dapat diminimalisir dengan penggunaan seat belt ini.  Jangan lupa selalu Ingatkan juga kepada setiap penumpang pada mobil yang sahabat kemudikan agar menggunakan sabuk pengaman dengan benar.

G. Lampu indikator pintu atau door

Lampu indikator mobil
Gb. Lampu indikator door
Selanjutnya yaitu lampu indikator pintu. Lampu ini akan memberikan informasi kekita dengan cara tetap menyala jika ada salah satu atau beberapa pintu mobil yang kita kendarai masih belum tertutup dengan sempurna. Oleh karena itu pastikan selalu menutup pintu mobil dengan benar dan pastikan lampu indikator ini padam sebelum sahabat melaju dengan kendaraan sahabat. Karena jika pintu tertutup tidak sempurna nantinya akan membahayakan keselamatan kita dalak berkendaraan dijalan.

H. Lampu indikator pengisian Aki

Lampu indikator pada mobil
Gb. Lampu indikator pengisian
Jika indikator pengisian ini menyala berarti ada trouble atau gangguan pada sistem pengisian mobil sahabat yang berakibat aki mobil sahabat tekor. Kesalahan ini bisa berupa kabel aki kendaraan yang dipasang kurang bagus atau kendor, aki yang sudah rusak atau alternator sistem pengisian yang perlu diperbaiki. Bila hal ini terjadi, maka hubungi benhkel langganan sahabat sebelum terjadi masalah lebih parah dikemudian hari. Dalam kondisi normal lampu indikator ini akan menyala ketika kunci kontak On dan kemudian padam atau mati ketika mesin sudah hidup.


I. Lampu indikator rem tangan

Lampu indikator pada mobil
Gb. Lampu indikator rem tangan
Lampu indikator ini akan menyala jika rem tangan mobil anda masih aktif. Tapi jika rem tangan atau handbrake sudah di release,namun lampu indikator ini masih menyala, maka bisa jadi jadi hal ini menginformasikan kepada sahabat bahwasannya minyak rem mobil yang kita kendarai kapasitasnya kurang atau bahkan sudah habis. Segeralah lakukan pengisian ulang dengan minyak rem yang memiliki kualitas nilai D.O.T (Department Of Transportation) sama dengan mobil bawaan sahabat, Jangan mencampur minyak rem yang memiliki angka D.O.T berbeda agar tudak timbul masalah pada sistem rem sahabat dikemudian hari. Jangan abaikan hal ini karena sistem rem merupakan salah satu sistem terpenting dalam sebuah kendaraan.


J. Lampu indikator rem ABS

Lampu indikator mobil
Gb. Lampu indikator ABS
Teknologi pengereman ABS belum dimiliki oleh setiap mobil. Jika mobil sahabat telah dilengkapi dengan sistem pengereman ABS (Antilock Braking System) tentunya sudah dilengkapi lampu indikiator ABS ini. Lampu indikator ini berfungsi sebagai penanda apabila sistem pengereman ABS mobil sahabat terjadi masalah dan lampu indikator ini akan padam jika rem ABS dalam kondisi baik dan aman. Jangan khawatir meskipun lampu indikator ini menyala mobil sahabat masih dapat melakukan pengereman dengan baik hanya saja fitur ABSnya saja yang tidak berfungsi sehingga kemungkinan rem mengunci dapat terjadi. alam kondisi normal lampu indikator ini akan menyala sesaat ketika kunci kontak On dan kemudian mati serta akan tetap mati ketika mesin sudah hidup.

K. Lampu indikator airbag SRS

Arti lampu indikator pada mobil
Gb. Lampu indikator airbag SRS
Lampu Indikator Airbag tentunya hanya dimiliki oleh mobil-mobil yang sudah mendukung fitur Airbag. Lampu ini berguna sebagai penanda bahwa fitur keselamatan Airbag pada mobil ini masih berada di kondisi yang prima, namun apabila terjadi kerusakaan atau gangguan pada fitur tersebut lampu indikator airbag akan menyala sebagai penandanya.

L. Lampu indikator eco driving

Lampu indikator mobil menyala
Gb. Lampu indikator eco driving
Lampu Indikator Eco atau sering disebut juga Eco Lamp adalah indikator yang akan menyala bila pengemudi berhasil berkendara dengan efisien. Jika Eco lamp menyala artinya hanya menandakan bahwa si pengemudi sedang berkendara sesuai dengan efisiensi bahan bakar dan jika padam berarti menunjukkan sebaliknya bukan menunjukkan adanya masalah atau troble pada mobil sahabat.

M. Lampu indikator imobilizer

Penyebab lampu indikator mobil menyala kedap kedip
Gb. Lampu indikator immobilizer
Lampu peringatan immobilizer menyala jika sistem anti-pencurian di mobil sahabat ini tidak dapat mengenali kunci mobil aslinya atau jika terjadi masalah pada sistem immobilizer mobil sahabat. Kendaraan bisa menjadi asset yang besar, jadi penting untuk memastikan tidak ada yang bisa membawa mobil tanpa kunci asli bawaan mobil sahabat.  Saat ini hampir semua kendaraan memiliki immobilizers built-in yang mencegah mesin untuk dihidupkan kecuali jika kunci yang benar digunakan. Dalam kondisi normal lampu indikator ini akan menyala sesaat ketika kunci kontak On dan kemudian mati serta akan tetap mati ketika mesin sudah hidup.


N. Lampu indikator eps

Lampu indikator kendaraan
Gb. Lampu indikator eps
Untuk mendeteksi kerusakan secara mandiri atau istilahnya self diagnosis,  sistem EPS (Elektronik Power Steering) dilengkapi dengan indikator malfungsi (lampu bentuk kemudi, kadang dilengkapi tanda seru). Dalam kondisi normal saat kunci kontak diaktifkan, lampu indikator akan menyala dan kemudian mati, sesaat setelah mesin hidup.

Saat terdapat malfungsi atau masalah pada sistem ini, indikator lampu ini akan menyala saat mesin hidup. Tetapi, tidak perlu khawatir, mobil masih bisa dikendarai hingga bengkel terdekat hanya saja sistem EPS tidak bekerja.

Dengan menyimak ulasan kami tentang lampu indikator mobil tentunya kami berharap sahabat sekalian menjadi lebih paham akan fungsi dari lampu-lampu indikator mobil pada kendaraan sahabat, Sehingga sahabat dapat melakukan tindakan penanganan yang sesuai tanpa was-was baik ketika lampu indikator ini padam atau hidup bukan pada waktunya atau bahkan pada saat lampu indikator mobil menyala kedap kedip. dengan adanya beberapa lampu indikator mobil tentunya memudahkan kita untuk mengetahui hal-hal yang harus diperhatikan agar mobil tetap berada pada kondisi yang baik.

Untuk lebih jelasnya sahabat dapat melihat penjelasan pada video berikut ini:

Demikian ulasan kami tentang Arti Lampu Indikator pada mobil, semoga dapat menambah wawasan kita semua, jangan lupa kunjungi juga artikel menarik kami yang lain berikut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel