Rotasi Ban Mobil, Ternyata Begini Tujuan dan Cara Melakukan Rotasi Ban Yang Benar

Ban pada sebuah kendaraan bermotor merupakan satu komponen kendaraan yang bersinggungan langsung dengan permukaan jalan atau aspal. Di dalam ban kendaraan harus selalu tersisi udara bertekanan, agar ban dapat menyerap getaran yang ditimbulkan dari permukaan jalan yang tidak rata atau bergelombang.

Ban terpasang menyatu pada velg kendaraan. Ban dan velg merupakan satu kesatuan dari roda kendaraan yang menganduk maksud bahwasannya ban tidak dapat digunakan tanpa menggunakan velg dan sebaliknya,  velg tidak dapat digunakan tanpa adanya ban.

Ban pada kendaraan yang digunakan, lama-kelamaan seiring penggunaannya akan mengalami yany namanya aus atau keausan pada permukaan bannya (bagian tread). Apabila ban kendaraan selalu terpasang pada posisi yang sama atau tidak berubah atau tidak dirotasi misalnya ban hanya dipasang pada bagian depan kanan, depan kiri atau belakang kanan atau belakang kiri saja tanpa diubah posisinya, maka lama-kelamaan keausan pada ban ini akan membentuk keausan tertentu. Sehingga pekerjaan rotasi ban sangat perlu dilakukan untuk mengatasi hal tersebut.

Hal tersebut dapat terjadi karena:
  • Pada umumnya saat kendaraan berjalan maka beban kerja roda depan ini akan lebih besar dibandingkan dengan roda pada bagian belakang, karena pada ban depan menanggung beban berat mesin itu sendiri. 
  • Pada saat kendaraan membelok maka beban kerja terbesar juga akan terjadi pada bagian roda depan pada sisi atau bagian luar. 
  • Pada roda depan terdapat penyetelan sudut camber dan toe. 
  • Oleh sebab itu, untuk mencegah terjadinya bentuk keausan tertentu pada roda atau untuk menghasilkan keausan yang merata pada setiap roda maka roda harus dirotasi secara teratur. 
Perlu sahabat otomotif ketahui bahwasanya pada kendaran tipe penggerak roda belakang (tipe FR), pada umumnya tingkat keausan roda depan akan lebih cepat 10 % sampai 20 % dibandingkan roda belakang. 

Rotasi Ban Mobil

Rotasi roda merupakan pekerjaan mengganti posisi roda dari satu posisi ke posisi lainnya agar keausan pada setiap bagian roda dapat merata.

Hal yang harus diperhatikan ketika melakukan rotasi ban diantaranya :
  • Ketika akan merotasi ban, periksa juga kondisi ban apakah ban mengalami keretakkan, aus yang tidak normal dan sebagainya. Jika kondisi ban tersebut maka ban harus segera diganti.
  • Pada beberapa kendaraan, tekanan udara untuk roda depan dan roda belakang tidaklah sama besar sehingga sesuaikan terlebih dahulu tekanan udara di dalam ban dengan tekanan spesifikasinya ketika ban dilakukan rotasi.
  • Perhatikan tanda arah putaran roda yang terdapat pada side wall (dinding samping) ban, jangan membalik tanda arah putaran ban tersebut karena akan merusak bagian carcass ban. Sesuaikan tanda arah putaran ban dengan putaran ban saat kendaraan berjalan.

Cara Rotasi Ban Mobil

A. Rotasi Ban Mobil Tipe Bias
Untuk mengetahui apakah mobil sahabat menggunakan tipe ban bias atau tipe radial sahabat dapat melihat kode pada ban mobil sahabat, jika pada kode ban terterah huruf "R" maka dapat dipastikan bahwasannya tipe ban tersebut adalah ban tipe radial dan sebaliknya, jika pada ban tidak terdapat kode "R" maka ban tersebut tergolong tipe ban bias. Sebagai contoh pada ban tertera kode 205 / 65R15 95H (ban ini tergolong tipe radial) dan jika pada ban tertera kode 6.45-T-14-4PR (ban ini tergolong tipe ban bias).

Untuk melakukan rotasi ban tipe bias pada kendaraan dapat dilakukan sepeti pada gambar di bawah ini :
Rotasi ban mobil
Gb. Arah rotasi ban mobil tipe bias
B. Rotasi Ban Mobil Tipe Radial
Pada ban tipe radial, apabila ban dipindahkan ke sisi lainnya maka akan menimbulkan suara berisik dan ban akan menjadi cepat rusak karena arah putaran ban akan berlawanan dengan putaran semula. Hal ini juga berlaku pada ban yang dilengkapi simbol arah rotasi ban, jika ban ini dipindahkan ke sisi lainnya maka akan menimbulkan suara yany berisik dan ban jiha akan lebih cepat aus serta tapak ban dengan permukaan tanah ketika hujan tidak akan menapak dengan sempurna yang dapat berakibat pada keselamatan berkendara(kendaraan mudah tergelincir) atau lebih dikenal dengan istilah aquaplanning. 

Untuk melakukan rotasi ban tipe radial pada kendaraan dapat dilihat seperti pada gambar di bawah ini :

Rotasi ban mobil
Gb. Arah rotasi ban mobil tipe radial
Demikian ulasan kami tentang Tujuan Melakukan rotasi ban pada mobil dan cara melakukannya. Semoga dapat menambah wawasan kita semua, jangan lupa kunjungi juga artikel pilihan kami berikut ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel