/*

Cara Jumper Aki Mobil Ketika Mobil Sahabat Mogok Dengan Cara Yang Benar Dan Aman

Cara Jumper Aki Mobil,- Permasalah klasik bagi para pengguna kendaran bermotor dalam hal ini mobil yaitu mobil mogok tidak dapat distarter karena aki soak. Masalah ini akan muncul ketika mobil sahabat jarang di pakai atau bahkan karena kondisi sistem pengisian aki pada mobil sahabat yang kurang beres.
cara jumper aki mobil

Jika mobil sahabat mogok di tempat keramaian dan dekat dengan bengkel maka tentunya tak jadi masalah karena sahabat dapat langsung menghubungi mekanik bengkel tersebut untuk memperbaiki kendaran sahabat yang mogok tadi. Akan tetapi jika mobil sahabat mogok ketika sahabat berada ditempat sepi dan jauh dari bengkel maka tentunya hal ini akan jadi masalah yang cukup merepotkan, salah satu cara yang dapat sahabat lakukan agar mobil sahabat dapat dihidupkan kembali yaitu dengan cara menjumper aki mobil sahabat baik dengan mobil lain atau dengan aki lain.

Cara Jumper Aki

Masalah mogok yag terjadi pada mobil yang disebabkan oleh aki yang soak biasanya terjadi pada saat mobil sahabat dalam waktu yang relatif lama tidak digunakan seperti pada saat situasi pandemi seperti ini yang mana mobil jarang dipakai, atau ketika mobil pada tempat parkir yang sahabat tinggalkan beberapa jam hanya sekedar untuk berbelanja di mall atau berwisata keluarga. Jika mobil sahabat mogok tiba-tiba pada saat digunakan tentunya besar kemungkinan bukan masalah aki yang soak lagi melainkan masalah lain yang dapat berupa sistem bahan bakar, sistem kelistrikan atau bahkan sistem mekanikal yang berada pada mesin mobil sahabat yang mengalami masalah.
cara jumper aki

Untuk itu untuk mengatasi mobil mogok pada sebuah mobil, terlebih dahulu harus sahabat ketahui kemungkinan-kemungkinan penyebab mobil sahabat mogok tersebut. Jika karena disebabkan oli kondisi aki mobil sahabat yang soak, maka artikel yang akan kami ulas ini sangat bermanfaat yang dapat sahabat lakukan untuk melakukan jumper aki mobil agar mobil sahabat dapat dihidupkan kembali, pastikan tidak ada sekering/ fuse yang putus terlebih dahulu sebelum melakukan cara jumper aki mobil ini.

Cara Menjumper Aki Mobil

Untuk mempersingkat waktu langsung saja akan kami ulas cara jumper mobil yang dapat sahabat otomotif lakukan sendiri dan tentunya aman tidak menimbulkan permasalahan baru yang akan menimpa mobil kesayangan sahabat sekalian, sekurang-kurangnya terdapat 8 langkah yang harus sahabat cermati dan lakukan dalam melakukan cara jumper mobil, diantaranya yaitu sebagai berikut ini:

A.Pastikan Mobil Mogok Memang Disebabkan Oli Aki Mobi Yang Soak
Sebelum sahabat memutuskan untuk melakukan jumper aki mobil pada mobil sahabat, hal yang paling mendasar untuk sahabat lakukan yaitu memastikan bahwa mobil sahabat mogok dikarenakan aki soak.

Untuk mengetahui apakah Aki sudah soak, Pertama silahkan coba sahabat nyalakan lampu kepala mobil sahabat yang mogok tersebut. Jika lampu kepala mobil sahabat menyala redup maka dapa dipastikan aki mobil sahabat dalam kondisi soak. Kedua silahkan sahabat nyalakan klakson mobil sahabat , Jika klaskon berbunyi pelan tidak seperti biasanya juga dapat dipastikan aki soak. Ketiga silahkan sahabat starter mobil sahabat jika starter hanya bunyi ceklek- cekelk saja tanpa dapat memutar mesin maka juga dapat dipastikan aki mobil soak.

B. Pastikan Terdapat Kabel Untuk Melakukan Jumper
cara menjumper aki mobil

Jika sudah pasti mobil sahabat mogok karena aki mobil yang telah soak. maka melakukan jumper aki mobil dapat menjadi solusi agar mobil sahabat dapat dihidupak kembali. Perlu sahabat ketahui bahwa kabel jumper aki yang harus sahabat siapkan sejumlah dua buah dengan ukuran diameter kabel minimal 10 mm agar tidak terjadi resiko terbakar pada saat melakukan jumper aki mobil.

C. Pastikan Terdapat Unit Mobil Donor Untuk Menjumper
Untuk melakukan jumper perlu ada unit mobil donor yang akan digunakan untuk menjumper mobil sahabat. menjumper mobil dapat dilakukan dengan menggunakan Aki atau langsung pada unit mobil donor, tentunya jika menggunakan aki maka aki tersebut harus dalam kondisi baik. Sahabat dapat meminta mobil yang sedang melintas untuk menjadi mobil donor yang dapat digunakan jumper aki mobil sahabat nantinya. Sangat kami sarankan sebagai persiapan pada saat sahabat dijalan alangkah baiknya sahabat selalu menyediakan kabel jumper pada mobil sahabat yang dapat sahabat simpan bersamaan toolkit bawan di dalam mobil sahabat.

D. Pastikan Kedua Mobil (Mobil Donor Dengan Mobil Yang Diberi Donor) Saling Berdekatan
Jika sahabat menggunakan sebuah unit mobil sebagai pedonor untuk mobil sahabat yang mogok untuk melakukan jumper, maka selanjutnya dekatkan kedua mobil dengan posisi saling berhadapat dengan tujuan agar kedua aki mobil ini mudah dijangkau ketika melakukan proses jumper aki mobil nantinya. Hal yang tak kalah penting sebelum sahabat menjumper aki mobil ini tentunya wajib bagi sahabat untuk menempatkan kedua mobil tersebut diatas pada area yang aman, jangan sampai ketika sahabat melakukan jumper aki terjadi masalah yang tidak diinginkan yang dapat mengancam keselematan mobil pendonor, mobil yang didonor atau bahkan pengguna jalan lain yang sedang melintas atau henda jalan. Selanjutkan silahkan buka kap kedua mobil yang sudah sahabat siapkan diatas.

E. Pasang Kabel Jumper Dengan Kedua Aki Mobil Pendonor Dan Yang Diberi Donor
Dalam Kondisi Kedua mobil mati (kunci kontak posisi OFF). pasang kabel jumper dengan cara menghubungkan kabel jumper satu persatu, dimulai dari menghubungkan satu kabel jumper (kabel warna merah) ke terminal positif Aki Mobil Pendonor (Mobil yang Tidak Mogok) kemudian ujung kabel jumper yang lain ke terminal positif Aki Mobil yang diberi donor (mobil yang mogok) .Selanjutnya hubungkan kabel jumper yang ke dua (kabel warna hitam) ke terminal negatif aki mobil pendonor dan ujung kabel jumper yang lain ke terminal negatif aki mobil yang diberi donor. Pastikan jangan terbalik pemasangannya agar tidak terjadi resiko kebakar dan konsleting pada sirkuit kelistrikannya serta pastikan pemasangan kedua kabel jumper kencang dan aman.

F. Hidupkan Mesin Mobil Pendonor (Mobil Yang Tidak Mogok)
Agar kondisi aki mobil pendonor benar-benar dalam kondisi baik dan terisi penuh sehingga mampu untuk memberi donor pada mobil yang mogok karena akinya soak sebaiknya hidupkan mobil pemberi donor dan diamkan sejenak (Pastikan perseneleng mobil pada kondisi netral untuk mobil dengan transmisi manual dan pada posisi “P” untuk mobil bertransmisi matic serta Radio, lampu dan ACC dalam kondisi OFF sebelum mobil dihidupkan). Dalam kondisi mesin tetap hidup lanjut langkah selanjutnya.

G. Hidupkan Mesin Mobil Yang Diberi Donor (Mobil Yang Mogok)
Dalam kondisi mobil pendonor tetap menyala selanjutnya nyalakan mobil sahabat yang mogok (Pastikan perseneleng mobil pada kondisi netral untuk mobil dengan transmisi manual dan pada posisi “P” untuk mobil bertransmisi matic serta Radio, lampu dan ACC dalam kondisi OFF sebelum mobil dihidupkan). Start secara berlahan sampai mobil hidup selama 10 -15 detik, ulangi kembali jika belum juga menyala.

Setelah mesin mobil yang mogok hidup, tunggu sekitar 5 s/d 10 menit agar kondisi aki mobil yang mogok terisi kembali.

H. Lepas Kabel Jumper Kedua Mobil
Dalam kondisi mobil yang mogok tetap hidup selanjutnya matikan mobil yang memberi donor ( mobil yang tidak mogok) dan kemudian lepas kabel jumper satu persatu. Lepas kabel jumper mulai dari melepas kabel jumper pada terminal negatif aki mobil pendonor dengan mobil yang diberi donor baru kemudian kabel jumper pada terminal positif aki mobil pendonor dengan mobil yang diberi donor. Setelah mesin mobil yang mogok hidup sekitar 5 s/d 10 menit matikan dan kemudian coba hidupkan kembali, jika mobil kembali tidak dapat dinyalakan kemungkin aki mobil sahabat perlu diperbaiki atau diganti.

Demikian ulasan kami tentang cara menjumper aki mobil ketika mobil sahabat mogok dengan cara yang benar dan aman. Semoga dapat menambah wawasan kita semua, jangan lupa kunjungi juga artikel pilihan kami beikut ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel