/*

Tanda Kampas Kopling Mobil Habis, Ini Yang Wajib Di Waspadai Sebelum Anda Menggeber Mobil

Tanda Kampas Kopling Mobil Habis,-Kopling atau clutch pada sebuah kendaraan memiliki fungsi yang sangat penting. kopling berfungsi untuk memutus dan menghubungkan putaran mesin menuju transmisi. jika kopling pada  mobil sahabat mengalami sebuah gangguan maka tentunya kopling tidak dapat berfungsi dengan baik ataubahkan kendaraan sahabat tidak mampu berjalan atau tidak bertenaga saat bermanuver.

Tanda Kampas Kopling Mobil Habis
Oleh karena itu sahabat harus slalu pastikan kondisi sistem kopling pada mobil sahabat selalu dalam kondisi terbaiknya. Perlu sahabat ketahui bahwa selain karena perawatan yang kurang pada sstem kopling, sebenarnya ada beberapa perilaku-perilaku yang spele dan biasa dilakukan oleh sahabat ketika mengemudi kendaraan yang justru dapat mempercepat kerusakan kopling mobil sahabat yang sebaiknya ditinggalkan.  berikut ini beberapa kebiasan sepele yang dapat mempercepat kerusakan kopling pada mobil sahabat:
  • Membiarkan Kaki Kiri Sahabat Selalu berada diatas pedal Kopling, pada saat kendaraan melaju sebaiknya posisi kaki bebas disamping pedal kopling bukan selalu berada diatas pedal kopling yang seolah-olah menginjak pedal kopling itu sendiri padahal sahabat tidak sedang mengoperasikan sistem kopling.
  • Menggunakan gigi percepatan yang tidak sesuai dengan gigi transmisi seperti menggunakan gigi 2 atau gigi 3 saat pertama mobil melaju atau menggunakan gigi 4 atu 5 saat kendaraan menanjak.
  • Melakukan perpindahan gigi kecepatan yang kasar dengan menggeber gas kendaraan saat pindah gigi kecepatan transmisi.
  • Terlalu Sering mengendarai kendaraan dengan kondisi setengah kopling ketika melaju pada jalan menanjak dan macet.
Agar kopling lebih awet maka selain dengan melakukan service atau perawatan berkala sistem kopling dengan baik sahabat juga harus meminimalisir kebiasaan-kebiasaan buruk diatas.

Cara Pemeriksaan Kondisi Kampas Kopling

Perlu sahabat ketahui sebenarnya sangat mudah untuk mengetahui apakah kondisi kopling mobil sahabat sudah habis atau masih layak dengan tanpa kebengkel, sahabat dapat lakukan cara sederhana berikut ini untuk mengetahu apakah kondisi kampas kopling mobil habis:
  • Hidupkan mesin mobil sahabat dan bawa ke area yang relatif aman dan lapang (seperti halaman rumah, lapangan atau parkiran yang kosong)
  • Setelah menemukan tempat pada poin perama diatas, tarik atau aktifkan hand rem mobil sahabat.
  • dalam kondisi mesin menyala injak pedal rem dengan kaki kanan dan injak pedal kopling dengan kaki kiri.
  • Dalam kondisi tersebut diatas masukkan tuas transmisi pada gigi kecepatan satau
  • Dengan tetap menginjak pedal rem dan sedikit menekan pedal gas, angkat kaki kiri dari pedal kopling perlahan-lahan hingga pedal kopling bebas. Jika pada saat ini mesin mobil langsung mati saat pedal kopling dibebaskan, maka hal ini menunjukkan bahwa kondisi kampas kopling masih baik, akan tetapi jika mesin mobil tetap hidup, maka hal ini menunjukkan bahwa kondisi kampas kopling mobil telah habis dan segera ganti kampas kopling mobil sahabat.

Ciri Kampas Kopling Mobil Habis

Ketika kampas kopling mobil habis biasanya menunjukkan ciri-ciri tertentu yang dapat sahabat rasakan ketika sahabat mengendarai atau bermanuver dengan kendaraan sahabat. Dengan sahabat mengetahui ciri kampas kopling mobil habis ini, maka sahabat dapat segera mengantisipasi sebelum kendaraan macet/mogok untuk membawa mobil sahabat ke begkel agar kampas kopling pada sistem kopling diperbaiki atau diganti. berikut ini beberapa ciri kampas kopling mobil hampir habis atau sudah menipis yang dapat sahabat amati sendiri ketika sahabat bermanuver di jalanan.

A. Perpindahan Gigi Percepatan Terasa Keras

Tanda kampas kopling mobil habis dapat sahabat rsakan pada saat sahabat melakukan pindah gigi percepatan pada transmisi, ketika kampas kopling mobil sahabat sudah menipis maka perpindahan gigi transmisi dari gigi rendah ke gigi tinggi akan terasa lebih keras dari biasanya atau bahkan proses perpindahan roda gigi agak sedikit lebih susah. sedangkan jika perpindahan gigi dilakukan dari gigi netral ke gigi percepatan 1 biasanya akan sedikut sulit dan bahkan timbul bunyi "Kreek" pada transmisi karena terdapat benturan antar gear di dalam transmisi yang disebabkan oleh putaran mesin yang menuju transmisi tidak mampu diputuskan dengan sempurna oleh kopling saat pedal kopling ditekan.

B. Terdapat  Bau Gosong yang Menyengat Pada Area Rumah Kopling

Tanda kampas kopling mobil habis yang dapat sahabat amati berikutnya yaitu tiba-tiba terdapat bau gosong seperti kebakar yang berasal dari dalam rumah kopling yang masuk hingga kedalam ruang kabin penumpang. Aroma bau gosong pada kampas kopling timbul akibat adanya gesekan pada kampas kopling yang relatif besar yang mengakibatkan panas berlebih pada kampas kopling, biasanya bau gosong ini akan timbul ketika sahabat mendaki pada jalan yang menanjak dengan kondisi jalan yang relatif macet yang memaksa sahabat untuk melakukan setengah kopling agar kendaraan tidak mati atau bahkan mundur.

C. Pedal Kopling Terasa Lebih Tinggi

Tanda kampas kopling mobil habis berikutnya yaitu Tinggi pedal kopling terasa lebih tinggi dari biasanya. perlu sahabat ketahui seiring dengan kondisi kampas komping yang semakin menipis tinggi pedal kopling akan semakin lebih tinggi dari kondisi normalnya.

Dalam Kondisi normal biasanya setelah sahabat menginjak pedal kopling dan kemudian memindah gigi percepatan transmisi, maka mobil akan mulai berjalan ketika sahabat mulai sedikit perlahan melepaskan pedal koping (dengan ditandai oleh mulai bergetarnya bodi mobil).

Saat kampas kopling mobil habis, maka akan menyebabkan jarak lepas pedal kopling hingga mobil mulai berjalan akan semakin jauh atau semakin panjang. bahkan jika kondisi kampas kopling sudah benar-benar habis, maka mobil sahabat tidak akan mampu berjalan meskipun hingga pedal kopling dilepas penuh.

D. RPM Mobil Terasa Lebih Tinggi Saat Jalan Normal

Tanda kampas kopling mobil habis berikutnya yang bisa sahabat rasakan yaitu timbulnya rpm mesin mobil yang terasa lebih tinggi saat kendaraan berjalan normal. Biasanaya dalam kondisi normal, ketika kendaraan sahabat bermanuver pada kecepatan 70 km/jam diposisi gigi ke 3 atau gigi 4, Maka RPM mesin mobil berkisar antara 2500 hingga 3000 RPM. akan tetapi jika kampas kopling sudah tipis maka RPM mesin mobil dengan kecepatan dan gigi yang sama akan menjadi lebih tinggi sekitar diatas 3000 hingga 4000 RPM. hal ini terjadi karena kampas kopling mobil selip yang mengakibatkan putaran mesin tidak mampu diteruskan sepenuhnya oleh kopling menuju transmisi.

E. Kemampuan Akselerasi Mobil Menurun

Tanda kampas kopling mobil habis selain kondisi diatas yaitu menurunya kemampuan akselerasi mobil. power mesin mobil sahabat akan terasa relatif lebih loyo atau tidak bertenaga ketika pedal gas ditekan lebih dalam saat berakselerasi ketika hendak mendahului kendaraan lain saat bermanuver. Hal ini disebabkan karena putaran mesin tidak mampu diteruskan secara sempurna oleh kopling yang sudah tipis atau bahkan habis menuju transmisi sehingga kopling slip yang berakibat mobil kurang mampu berakselerasi saat hendak mendahului.

F. Tenaga Mobil Teras Kurang Saat Menanjak

Ciri kampas kopling mobil habis yang terakhir menurut pengalaman yaitu menurunya tenaga mobil saat bermanuver pada jalan yang menanjak. Tenaga yang dihasilkan oleh mesin akan terasa loyo atau tidak bertenaga meskipun pedal gas sudah ditekan hampir penuh saat melaju pada jalanan yang menanjak meskipun hingga suara mesin terdengar meraung. Hal ini disebabkan karena putaran mesin tidak mampu diteruskan secara sempurna oleh kopling yang sudah tipis atau bahkan habis menuju transmisi sehingga kopling slip yang berakibat mobil kurang mampu menanjak.

Demikian ulasan kami tentang Tanda Kampas Kopling Mobil Habis, Ini Yang Wajib Di Waspadai Sebelum Anda Menggeber Mobil, semoga dapat menambah wawasan  baru, jangan lupa kunjungi juga artikel pilihan kami yang lain berikut ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel