/*

Ukuran angin ban mobil, Ini Daftar Tekanan Angin Ban Mobil Yang Ideal Dan Wajib Diketahui

Ukuran angin ban mobil,- menurut pengamatan kami ternyata masih banyak sekali pengemudi mobil yang kurang begitu memperhatikan standar ukuran angin ban mobil tunggangannya. Padahal, ukuran angin ban mobil yang tidak standar dapat mempengaruhi keselamatan, kenyamanan serta performa mobil sahabat saat bermanuver dijalanan.

ukuran angin ban mobil

Bahkan, lebih parahnya ukuran angin ban mobil yang tidak standar dapat mengakibatkan kecelakaan dalam berkendara. Ukuran angin ban mobil kurang dari satndar dapat memicu terjadinya kebocoran ban saat kendaraan melaju pada jalanan berbatu. sedangkan Jika tekanan angin ban mobil melebihi standar yang diijinkan dapat berpotensi terjadi aquaplaning (ban tidak menapak sempurna dengan permukaan aspal jalan) pada saat kendaraan bermanuver pada jalan berair ketika turun hujan. oleh karena itu sangat penting bagi sahabat sekalian sebelum mengendarai kendaraanya untuk memastikan terlebih dahulu kondisi ukuran angin ban dalam kondisi standar.

Cara Mengetahui Ukuran Angin Ban Mobil yang Ideal

Perlu sahabat ketahui bahwa untuk setiap jenis mobil memiliki ukuran tekanan angin ban berbeda-beda yang tidak boleh disamakan, karena ukuran angin ban mobil ini sangat tergantung pada jenis mobil, jenis penggerak roda serta ban yang digunakan oleh pabrikannya.

Untuk mengetahui secara pasti ukuran angin ban mobil, sahabat dapat melihat informasi ukuran angin Ban (Tire-Loading Information) yang biasanya terdapat pada stiker yang ditempel pada frame pilar pintu depan kanan mobil (pintu pengemudi) atau juga dapat sahabat lihat pada buku pedoman penggunaan kendaraan bawaan mobil sahabat.

Standar ukuran angin ban mobil

Sebagai Contoh, bagi sahabat otomotif sekalian yang menggunakan Mobil innova venturer pengerak roda belakang dengan ukuran ban standar 205/65R16, maka pada stiker pada frame pilar pintu depan kanan mobil tercantum ukuran angin ban mobil bagian depan dan belakang yang sama yaitu 33 Psi. dan jika penumpang mobil diisi penuh sebanyak 7 orang penumpang maka ukuran angin ban untuk roda belakang dinaikkan menjadi sebesar 36 Psi dan ban depan tetap 33 Psi.

Standar Tekanan Angin Ban Mobil

Standar tekanan angin ban mobil adalah faktor penting pentu keselamatan dan kenyamanan dalam berkendara. Ukuran angin ban ini sangat dipengaruhi oleh suhu udara sekitar kendaraan. sebagai gambaran  informasi yang kami kutip dari beberapa buku pedoman kendaraan berikut ini daftar tekanan angin ban mobil standar yang direkomendasikan oleh pabrikan:
  • Standar Tekanan Angin Ban Mobil SUV seperti, Honda HR-V, Honda CRV, Suzuki Vitara, Nissan Extrail, Toyota Furtuner, Mitsubishi Pajero Sport dan lain sebaginya : (35 – 40) Psi.
  • Standar Tekanan Angin Ban Mobil City Car seperti Honda Jazz, Toyota Yaris, Suzuki Swift, Honda Brio, Suzuki Wagon, Suzuki Ignis, Daihatsu sirion dan lain sebagainya : (29 – 32) Psi;
  • Standar Tekanan Angin Ban Mobil MPV seperti Honda Mobilio, Honda Freed, Toyota avanza, Suzuki ertiga, Mitsubishi Xpander, Daihatshu xenia, Nissan Livina, Wuling Cortez dan lain sebagainya : (30 – 33) Psi;
  • Standar Tekanan Angin Ban Mobil Sedan, seperti honda city, Toyota altis, Honda civic, BMW 3 Series, BMW 5 Series, Mazda 6, Hyundai Sonata, Nissan Teana, Kia Optima dan lain sebagainya : (28 – 31) Psi;

Ukuran Tekanan Angin Ban Mobil Yang Berlebih

Ukuran tekanan angin ban pada roda mobil baik roda depan maupun roda belakang harus sesuai dan tidak boleh berlebihan. Apabila sahabat mengisinya terlalu banyak maka hal ini akan mempengaruhi kemampuan pengereman mobil ketika kendaraan bermanuver pada jalan yang basah dan licin. bahkan jika ukuran tekanan angin ban mobil terlalu berlebih maka dapat menyebabkan slip yang dapat mengakibatkan terjadinya kecelakaan.

Standar ukuran angin ban mobil

Selain disebut diatas, ukuran angin ban mobil yang terlalu berlebihan juga akan mengurangi stabilitas mobil saat bermanuver. hal ini Ini terjadi karena saat ukuran angin ban mobil berlebih maka akan menyebabkan thread ban terasa lebih kaku dan ban akan kurang mencengkram jalan dengan sempurna. Perlu sahabat ketahui juga akibat tekanan angin ban yang berlebih ini akan menyebabkan suspensi mobil terasa lebih keras dan tidak nyaman ketika melewati jalan rusak atau jalan yang permukaannya tidak rata yang disebebkan karena daya serap ban terhadap getaran dari kondisi jalan berkurang atau bahkan hilang.

Resiko yang paling fatal ketika ukuran angin ban mobil ini berlebih dapat menyebabkan ban mobil meledak (Tekanan angin ban lebih 5 hingga 10 psi dari standarnya). dilain sisi jika ukuran angin ban mobil berlebih maka bagian tengah ban akan menonjol yang dapat menyebabkan bagian tengah ban mengalami keausan lebih dulu dibandingkan bagian tepi ban yang tentunya hal ini tidak baik.

Ukuran angin ban mobil ini memang sangat berpengaruh pada keamanan dan kenyamanan dalam berkendaraan. Saat sahabat bermaksud untuk menambahkan ukuran angin ban mobil sahabat wajib mengikuti saran yang terdapat buku pedoman pemilik kendaraan. Akan tetapi meskipun demikian perlu sahabat ketahui juga bahwa ketika sahabat telah mengganti ukuran velg dan ban mobil sahabat diluar standar bawaannya maka standar ukuran angin ban pada buku pedoman ini tidak dapat digunakan acuan kembali.

Ukuran Tekanan Angin Ban Mobil Yang Kurang

Perlu sahabat ketahui bahwasannya tidak hanya ukuran tekanan angin ban yang berlebihan saja yang dapat mengurangi kenyamanan berkendaraan atau bahkan dapat mengakibatkan kecelakaan, namun Ukuran Tekanan angin ban mobil yang kurang dari standarnya juga dapat menyebabkan tarikan mobil terasa lebih berat. sehingga mengakibatkan mobil kurang nyaman untuk dikendarai dan konsumsi bahan bakar relatif lebih boros. selain itu berikut ini beberapa akibat jika tekanan angin ban kurang, diantaranya yaitu:
  • Ban mobil akan cenderung mengalami pengikisan/keausan yang tidak merata karena hanya bagian tepi ban saja yang menapak permukaan aspal jalan.
  • Ban dengan ukuran angin yang kurang dari standar akan cenderung membentuk benjolan pada dinding samping ban yang akan merusak konstruksi ban itu sendiri.
  • Ban dengan ukuran tekanan angin ban yang kurang akan berakibat pada performa pengereman yang berkurang yang dapat menyebabkan kecelakaan dalam berkendara.
  • Ban dengan ukuran tekanan angin ban yang kurang cenderung gesekan antara permukaan ban dan aspal jalan lebih besar. sehingga lebih membutuhkan tenaga lebih besar agar dapat tetap melaju, alhasil konsumsi bahan bakar akan lebih boros.
  • Ban dengan ukuran angin yang kurang memiliki umur ekonomis yang kurang ideal (ban Cepat mengalami keausa).
Demikian ulasan kami tentang Ukuran angin ban mobil, Ini Daftar Tekanan Angin Ban Mobil Yang Ideal Dan Wajib Diketahui, Semoga dapat menambah wawasan kita semua, jangan lupa kunjungi juga artikel pilihan kami berikut ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel