/*

Penyebab Kaca Mobil Berembun, Beserta Cara Mengatasi Kaca Mobil Mengembun Yang Sangat Mudah

Penyebab Kaca Mobil Berembun,- Jarak pandang aman sangat penting dijaga ketika sahabat mengemudi kendaraan, lebih-lebih ketika mengemudi saat musim penghujan yang mana kita sering alami saat hujan turun maka kaca mobil mengembun. Embun kaca ini akan semakin menjadi - jadi pada saat malam hari, hal ini terjadi karena temperatur lingkungan sekitar pada saat malam hari akan cenderung lebih dingin jika dibandingkan temperature pada saat siang hari yang mengakibatkan setiap permukaan sudut kaca mobil sahabat juga akan dingin.

penyebab kaca mobil berembun

Hal ini tentunya akan sangat mengganggu jarak pandang kita saat mengemudi kendaraan dan tentunya sangat membahayakan. Untuk itu sahabat mau tidak mau harus segera membersihkan embun kaca terebut. Tidak jarang dari kita dengan spontan memutuskan secara langsung dengan membersihkan embun kaca tersebut dengan lap.

Meskipun hal ini tidak sepenuhnya salah, akan tetapi perlu sahabat ketahui bahwa hal ini justru kadang-kadang akan menyebabkan embun kaca kembali dengan lebih cepat. Pada ulasan kali ini kami akan mencoba berbagi kepada para sahabat sekalian tentang Penyebab Kaca Mobil Berembun serta bagaimana Cara Menghilangkan Embun Di Kaca Mobil tersebut tentunya dengan cara yang benar dan aman.

Sebelum kita bahas bagaimana Cara Menghilangkan Embun Di Kaca Mobil, alangkah baiknya kita bahas terlebih dahulu beberapa faktor Penyebab Kaca Mobil Berembun, yaitu diantaranya sebagai berikut:

Penyebab Kaca Mobil Berembun

Embun kaca pada mobil dapat dapat dialami oleh berbagai tipe mobil saat dikendarai, tidak pandang apakah mobil tersebut masih baru ataupun mobil yang sduah tua atau lama. Akan tetapi pada beberapa mobil dengan fasilitas komplet tentunya masalah embun kaca pada mobil ini akan sangat mudah dan cepat diatasi dengan memanfaatkan fasilitas bawaan mobil yang sudah disediakan, beikut ini beberapa penyebab kaca mobil berembun, yaitu:

Embun Kaca Timbul Sebagai Akibat Adanya perbedaan Temperatur Udara

Penyebab kaca mobil berembun sebenarnya dapat dipicu oleh adanya perbedaan kelembapan dan temperatur udara antara temperature diluar mobil dengan temperatur di dalam mobil. Biasanya embun kaca timbul karena kelembapan dan temperatur udara di luar mobil lebih rendah (dingin) dibandingkan kelembapan dan temperatur udara didalam mobil yang kita kendarai.

Embun kaca terjadi ketika terdapat kondisi ketidaksamaan kelembapan dan temperatur yang cukup berlebihan seperti pada saat kondisi hujan atau saat kondisi dini hari.

Embun Dapat Terjadi Karena Hal Lain

Selaintersebut diatas ternyata Penyebab Kaca Mobil Berembun dapat juga timbul dari sisa-sisa air di dalam kabin mobil. Sisa-sisa air ini dapat berasal dari sisa air setelah sahabat mencuci mobil atau juga dapat berasal dari karpet mobil yang basah akibat bekas pijakan kaki sahabat. atau bahkan Sistem AC sahabat yang justru menimbulkan Embun kaca pada mobil jika sistem AC tidak bekerja optimal atau terjadi trouble.

Cara Menghilangkan Embun Di Kaca Mobil

Terdapat beberapa cara yang dapat sahabat aplikasikan jika pada kendaraan sahabat muncul embun yang cukup mengganggu saat bermanuver, yaitu diantaranya:

Hidupkan Sistem A/C dan Sistem Wiper Mobil

Perlu sahabat ketahui juba bahwa Embun kaca sebenarnya tidak hanya terjadi ketika temperatur udara di luar dingin saja, akan tetapi terkadang dapat juga timbul ketika temperatur udara di dalam mobil lebih dingin.

Ketika udara luar panas dan temperatur didalam mobil lebih dingin dapat saja memnyebabkan beberapa titik pada kaca mobil ngembun . Untuk mengatasi hal ini sahabat dapat lakukan dengan hanya cukup mengurangi speed AC dan blower AC pada mobil sahabat melalui tombol pengatur AC. Selain itu sahabat juga dapat mengaktifkan wiper mobil sahabat untuk menghapus embun kaca tersebut.

Kurangi Setting Temperatur AC Mobil

Embun Kaca terjadi karena terdapat perbedaan atau ketidaksamaan antara temperature didalam dan diluar mobil. Sehingga Cara yang cukup efektif dikerjakan untuk menangani kaca mobil berembun yaitu  dengan cara menurunkan setting temperatur AC mobil dalam mobil sehingga proses kondensasi akan menyusut. yang dapat dilakaukna dengan cara mengatur settingan blower AC pada putaran tertinggi dan menurunkan setting temperatur AC mobil hingga terendah (kondisi paling minimal).

Aktifkan Tombol Resirkulasi Udara dalam Mobil

Cara lain yang dapat sahabat terapkan untuk menghilangkan embun kaca pada mobil yaitu dengan mengaktifkan feature resirkulasi udara melalui tombol dekat dengan tombol AC.

Penyebab Kaca Mobil Berembun
Dengan mengangkitkan feature resirkulasi udara ini, maka mobil sahabat akan memungkinkan untuk memasukkan udara dari luar mobil masuk kedalam kabin mobil. Tidak perlu terlalu lama mengaktifkan featyre resirkulasi udara ini, jika dirasa sudah cukup dan embun kaca pada mobil hilang segera non-aktifkan kembali.

Aktifkan Feature Defogger Jika Dilengkapi

cara mengatasi kaca mobil berembun
Selain cara-cara diatas sahabat juga dapat dengan mudah mengatasi kaca mobil berembun dengan cara mengaktifkan feature defogger. hal ini akan cukup efektif menangani embun kaca pada mobil yang cukup menghalangi visibilitas pengemudi saat bermanufer.

Buka Kaca Jendela Mobil

Cara paling mudah dan cepat mengatasi kaca mobil berembun ialah buka jendela. Bukalah jendela dalam sekejap dan diamkan embun lenyap. Sesudahnya tutup kembali supaya AC dalam mobil dapat kembali berasa.

Usapkan Shampo Rambut Pada Kaca Mobil

Cara mangatasi embun kaca pada mobil juga dapat dilakukan dengan cara manfaatkan sampo rambut (bukan Shampo Cuci Mobil). Adapun Cara pemakainnya sangat gampang dan sederhana, sahabat hanya perlu mengusapkan shampo secara langsung (tidak perlu ditambah air) pada kaca mobil sahabat yang berembun di bagian sisi dalam kaca mobil (bukan disisi luar). kemudian seka tipis-tipis dengan lap sintetis dengan arah lurus menyampin.

Cara Agar Kaca Mobil Tidak Berembun

Setelah sahabat mengetahu bebarapa Cara Menghilangkan Embun Di Kaca Mobil diatas. Sahabat tentunya juga harus mengetahui beberap hal yang harus sahabat minimalir karena sejatinya hal-hal tersebut dapat memicu terjadinya embun kaca pada mobil sahabat, yaitu diantaranya:
  • Jangan parkir mobil pada tempat yang terlampau terik atau terkena pancaran sinar matahari secara langsung.
  • Jika terpaksa parkir pada tempat yang terik, sebaiknya buka sejenak semua kaca mobil sahabat terlebih dahulu dalam kondisi AC mati baru kemudian  tutup kaca kembali.
  • Lakukan pembersihan karpet mobil secara teratur.
  • Jangan membersihkan kaca mobil pada bagian dalam dengan lap basah, jika terpaksa menggunakan lap basah sirkulasikan udara didalam mobil agar kaca benar-benar dalam kondisi kering.
Demikian ulasan kami tentang Penyebab Kaca Mobil Berembun, Beserta Cara Mengatasi Kaca Mobil Mengembun Yang Sangat Mudah, semoga dapat menambah wawasan kita semua, jangan lupa kunjungi juga artikel pilihan kami berikut ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel