/*

Efek Ball Joint Rusak Pada Mobil Yang Harus Sahabat Waspadai!!

Efek Ball Joint Rusak,- Perlu sahabat otomotif sekalian ketahui bahwa ball joint merupakan sambungan dengan bentuk seperti bola dengan material besi dan baja yang tedapat pada mobil dengan kualitas yang sangat kuat dan tahan terdapat tumbukan. Ball joint memiliki fungsi yang sangat penting pada sistem suspensi kendaraan, yaitu sebagai sumbu putar serta penghubung antar komponen sistem suspensi dengan kaki-kaki mobil. Ball joint menjadi penghubung antara knuckle arm dengan lower arm, upper arm, lateral arm serta tie rod pada kendaraan.

efek ball joint mobil rusak

Sehingga dapat dibilang ball joint ini memiliki fungsi yang sangat penting yang dapat mempengaruhi sudut kemudi roda kendaraan seperti sudut chamber, sudut toe in, sudut toe out, sudut caster, serta sudut kingpin inclination), Sehingga hal ini sangat mempengaruhi kenyamanan, keamanan serta kemudahan pengendalian saat kendaraan bermanuver dijalanan.

Macam-Macam Ball Joint Pada Mobil

Perlu sahabat ketahui juga bahwa pada sebuah sistem suspensi mobil, jumlah ball joint tidak hanya satu buah saja, melainkan ada beberapa macam ball joint yang harus sahabat ketahu, diantaranya yaitu sebagai berikut:

  • Tie Rod End Ball Joint, merupakan sebuah ball joint yang dipasang pada knuckle roda yang terhubung dengan tie rod end pada bagian sistem steering.
  • Long Tie Rod Ball Joint, merupakan sebuah ball joint yang dipasang pada komponen steering rack pada sistem steering yang dihubungkan dengan long tie rod.
  • Lateral Arm Ball Joint, merupakan sebuah ball joint dengan tipe suspensi multi link, yang dipasang pada  lateral arm yang terhubung dengan knuckle roda bagian bagian bawah.
  • Joint Stabiliser/Stabilizer Link, merupakan sebuah ball joint yang dipasang pada stabilizer bar yang menjadi penghubung antara batang stabilizer dengan shock breaker atau lower arm.
  • Lower Arm Ball Joint, merupakan sebuah ball joint yang dipasangkan pada bagian lower arm pada sistem suspensi. Ball joint ini merupakan penghubung antara lower arm dengan knuckle roda bagian bawah.
  • Upper Arm Ball Joint, merupakan sebuah ball joint yang dipasangkan pada bagian upper arm pada sistem suspensi. Ball joint ini merupakan penghubung antara upper arm dengan knuckle roda bagian atas.

Efek Ball Joint Rusak

Seiring lamanya usia pakai kendaraan, maka sebuah ball joint tentunya akan mengalami keausan serta kerusakan. kerusakan paling fatal sebuah ball joint dapat mengakibatkan kecelakaan (seperti saat ball joint lepas saat kendaraan malaju dijalanan). Berikut ini beberapa efek ball joint rusak yang dapat sahabat rasakan dan identifikasikan sebelum mengalami kerusakan lebih parah yang pada akhirnya akan menyebabkan kecelakaan.

Terdapat Bunyi Gludug-Gludug

Jika ball joint rusak yang akan sangat terasa ketika kendaraan di kendarai yaitu munculnya bunyi gludug-gludug seperti besi tumbukan dibagian bawah depan kendaraan. Bunyi ini akan muncul ketika sahabat membawa mobil melewati jalan yang tidak rata atau bergelombang atau saat kendaraan membelok.

Keausan Ban Tidak Rata dan Bergelombang

Ketika sudut kemudi berubah yang diakibatkan kerusakan pada ball joint maka tentunya hal ini akan mengakibatkan keausan ban yang tidak merata dan bergelombang. Perlu sahabat ketahui bahwa tidak semua keausan ball joint dapat mengakibatkan keausan ban bergelombang, akan tetapi hanya beberapa saja, diantaranya yaitu:

  • Jika ball joint yang rusak adalah tie rod end  ball joint dan long tie rod ball joint, maka hal ini akan mengakibatkan perubahan pada sudut toe in dan toe out. Tentunya hal ini akan mengakibatkan keausan ban yang tidak merata termakan sebalah pada bagian dalam dan bagian luar ban saja atau permukaan ban bergelombang.
  • Jika ball joint yang rusak adalah pada bagian lower arm ball joint atau upper arm ball joint, maka hal ini akan mengakibatkan perubahan pada sudut camber, caster dan king pin inclination. Tentunya Hal ini akan mengakibatkan ban termakan sebelah bagian dalam atau bagian luar ban saja atau permukaan ban bergelombang.

Sudut Kemudi Roda Berubah

Selanjutnya efek ball joint rusak yaitu mengakibatkan sudut kemudi roda berubah. Efek perubahan sudut kemudi roda ini sangat tergantung pada jenis ball joint yang rusak. Terdapat beberapa jenis ball joint yang sangat mempengaruhi perubahan sudut kemudi roda saat mengalami kerusakan, yaitu: Lower arm dan Upper arm ball joint yang rusak dapat mempengaruhi sudut chamber, caster serta kingpin inclination. Sedangkan Long tie rod dan tie rod end, akan mempengaruhi sudut toe in dan sudut toe out).

Jika salah satu ball joint tersebut diatas rusak maka akan berefek pada perubahan sudut kemudi roda. yang mana perubahan sudut kemudi roda ini dapat mempengaruhi kenyamanan saat berkendara serta keausan ban kendaraan sahabat.

Mobil Menjadi Sulit Dikendalikan

Jika Ball Joint rusak maka dapat berefek pada mobil menjadi sulit dikendalikan. hal ini terjadi karena, dengan adanya kerusakan ball joint akan mengubah sudut kemudi kendaraan, yang berimbas pada pengendalian steer saat kendaraan bermanuver menjadi lebih sulit.

Hal ini dapat sahabat rasakan melalui bodi mobil sahabat yang cenderung terasa mengayun ke kanan atau ke kiri ketika kendaraan melintas di atas jalan yang bergelombang. selain itu kondisi ball joint yang rusak juga dapat dirasakan ketika mobil berjalan akan serasa tertarik ke arah kanan atau ke arah kiri. sehingga sahabat harus terus menerus mengkoreksi jalannya mobil agar mobil dapat tetap berjalan lurus dan tentunya hal ini sangat membahayakan dan sangat membuat tidak nyaman pengemudi untuk pengemudian jarak jauh.

Demikian Ulasan Kami tentang Efek Ball Joint Rusak Pada Mobil Yang Harus Sahabat Waspadai!!. Semoga dapat menambah wawasan kita semua. Jangan lupa kunjungi juga artikel menarik kami lainnya berikut ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel