/*

Fungsi Tombol Shift Lock Pada Mobil Matic Yang Wajib Sahabat Ketahui

Fungsi Tombol Shift Lock Pada Mobil Matic,- Cara pengoperasian tuas perseneleng pada sebuah mobil matic tentunya sangat berbeda dengan cara pengoperasian tuas perseneleng pada mobil dengan transmisi manual. Ada beberapa aturan dan tata cara yang harus sahabat otomotif sekalian ketahui agar mobil matic dapat digunakan dengan aman, nyaman dan tentunya usia pakai lebih awet.

Fungsi Tombol Shift Lock Pada Mobil Matic

Perlu sahabat ketahui biasanya pada tuas transmisi matic kita jumpai huruf-huruf seperti P, R, N, D, 2, L dan sebagainya sesuai standar masing-masing pabrikan mobil yang sahabat gunakan. Selain itu pada area tuas perseneleng sebuah mobil matic juga sering sahabat temukan tombol-tombol lain yang dioperasikan saat memindah tuas perseneleng seperti Tombol Shift Lock dan Tombol Over Drive (OD). 

Sahabat otomotif, baik tombol shift lock maupun tombol OD ini masing-masing memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda-beda. Pada ulasan kali ini kami akan mecoba berbagi kepada para sahabat sekalian tentang Fungsi Tombol Shift Lock Pada Mobil Matic dan Bagaimana Cara menggunakan Tombol Shift Lock pada mobil matic yang benar sedangkan untuk Fungsi Tombol OD akan kami ulasan pada kesempatan lain..

Fungsi Tombol Shift Lock Pada Mobil Matic

Tombol shift lock pada sebuah mobil dengan transmisi matic memiliki fungsi untuk membebaskan penguncian tuas perseneling dengan tujuan agar tuas perseneleng pada mobil matic dapat di pindah-pindah dari posisi P ke R, atau ke N, D dan sebagainya (INGAT DEMI KESELAMATAN!! Jangan pindah tuas transmisi Ke selain posisi N) meskipun mesin dalam kondisi mati dan kunci kontak sudah di cabut. Hal ini bertujuan agar sahabat sekalian dapat memindahkan posisi tuas tansmisi dari posisi P ke N saat kendaraan diparkir. Sehingga tombol shift lock ini akan sangat berguna ketika mobil diparkir dengan posisi paralel.

Perlu sahabat otomotif ketahui bahwa beberapa tipe mobil matic, Agar kunci kontak dapat dicabut dari posisinya, maka terlebih dahulu sahabat harus memposisikan tuas persneling mobil matic sahabat pada posisi P. Jika tuas perseneleng tidak pada posisi P, maka kunci kontak mobil sahabat ini tidak akan dapat sahabat lepas dari slotnya. Sedangkan jika kunci kontak sudah dicabut dari slotnya, maka tuas persneling pada mobil matic ini biasanya sudah terkunci dan tidak dapat dipindah-pindah dari posisi P ke R, atau ke N, D dan sebagainya.

Dengan keberadaan tombol shift lock inilah nantinya ketika sahabat tekan maka posisi tuas perseneleng pada sebuah mobil matic akan dapat dipindah-pindah dari posisi P ke R, atau ke N, D dan sebagainya meskipun kunci kontak sudah terlepas dari slotnya. Pada saat posisi tuas perseneleng mobil matic berada pada posisi N, maka hal ini tentunya dapat memungkinkan petugas parkir agar dapat menggeser atau mendorong mobil ke posisi yang lainnya saat ada pengendara lain hendak meninggalkan area parkir yang berdekatan dengan mobil sahabat.

Prosedur Penggunaan Tombol Shift Lock

Perlu diperhatikan bahwasannya penggunaan tombol shift lock ini sebaiknya digunakan pada kondisi-kondisi tertentu saja (seperti saat parkir mobil posisi paralel pada area yang rata yang kemungkinan sewaktu-waktu mobil perlu digeser oleh juru parkir ketika kendaraan lain hendak meninggalkan area parkir). Berikut cara atau Prosedur Penggunaan Tombol Shift Lock yang harus sahabat perhatikan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan:

  • Cari tempat parkir yang rata dan aman (AREA PARKIR TIDAK MIRING)
  • Posisikan Tuas Perseneleng mobil matic sahabat pada posisi P.
  • Matikan mesin mobil matic sahabat dengan memutar kunci kontak pada posisi OFF
  • Lepas kunci kontak mobil dari dalam slotnya
  • Tarik Tuas Hand Brake atau Rem Tangan
  • Tekan tombol shift lock
  • Pindah atau Geser tuas perseneleng dari posisi P ke posisi N (HANYA KE POSISI N)
  • Lepaskan tombol shift lock dengan menekan tombol shift lock kembali sekali
  • Bebaskan Tuas Hand Brake atau Rem Tangan dan pastikan mobil aman tidak bergeser maju atau mundur dengan sendirinya.

Ketika sahabat memposikan posisi tuas perseneleng mobil matic pada posisi N, maka ada beberapa hal yang perlu sahabat perhatikan, agar tidak terjadi hal-hal yang membahayakan dan tentunya tidak diinginkan sahabat sekalian, yaitu diantaranya: Pertama, Sahabat harus memastikan bahwa mobil parkir diposisi permukaan area parkir yang rata dan datar, Kedua, Sahabat harus Pastikan juga bahwa ada juru parkir yang memang benar-benar berjaga dan bertugas diarea parkir kendaraan sahabat, Ketiga, Pastikan tuas hand brake atau rem tangan dalam kondisi bebas agar mobil tidak terkunci dan mobil dapat didorong untuk digeser saat kendaraan lain hendak meninggalkan area parkir.

Demikian Ulasan kami tentang Fungsi Tombol Shift Lock Pada Mobil Matic Yang Wajib Sahabat Ketahui, Semoga dapat menambah wawasan kita semua. Jangan lupa kunjungi juga ulasan menarik kami lainnya berikut ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel