Prinsip Kerja Pesawat Angkat Angkut Side Loader

Prinsi Kerja Side Loader,- Side Loader adalah salah satu jenis alat angkat angkut yang prinsip kerjanya mengangkat dan mengangkut beban (peti kemas) dari arah samping. Dengan metode menggunakan 2 pengunci pada bagian atas dari beban ( Peti Kemas ) serta penahan pada Shoes bagian bawah pengangkat. Beban maksimum (gross) yang dapat diangkat oleh side loader ± 10 ton.

Side loader ini bermesin dyno 6 silinder dengan merk Toyota FDA 2000-10031KG. Tahun pembuatannya 1994 (14 tahun). Jumlah gigi transmisi ada 4, 3 untuk arah maju dan 1 untuk arah mundur. Keistimewaan dari gigi transmisi pada side loader adalah perpindahan transmisinya tanpa menggunakan kopling dan juga bisa digunakan untuk arah maju maupun arah mundur, sehingga untuk arah maju dan mundur mempunyai 3 tingkat kecepatan yang sama. Semua peralatan untuk mengangkat beban menggunakan sistem hidroulik yang memanfaatkan putaran mesin untuk mengoperasikan pompa hidrouliknya. Oli yang digunakan untuk sistem hidrouliknya berbeda dengan oli yang digunakan sebagai oli mesin (Meditran 50) yang biasa digunakan adalah oli Duralik 69.

Manuver pada side loader tidak sama seperti mobil pada umumnya, sebagai manuver untuk belok ke arah kiri atau kanan terletak pada roda belakang tidak pada roda depan seperti pada mobil (banyak diterapkan pada alat angkat angkut). Hal ini bertujuan supaya side loader lebih mudah bergerak ke kiri atau ke kanan karena roda belakang lebih sedikit menerima beban dari pada roda depan dan juga karena side loader pada saat memindahkan beban tidak hanya bergerak ke arah depan saja tetapi sering kali harus bergerak ke arah belakang sehingga dengan manuver yang letaknya pada roda belakang maka side loader lebih mudah dalam memindahkan beban.

Untuk mempercepat kerjanya dilakukan dengan menginjak pedal gas (semakin tinggi putaran mesin semakin cepat side loader bekerja). Kecepatan angkat ini tergantung dari kondisi mesin, dan hidrouliknya.

Sebagai alat pengangkat dan pengangkut beban berat maka diperlukan adanya keseimbangan yang baik, oleh karena itu side loader mempunyai beban pemberat yang letaknya berada di belakang dengan berat sebesar 15 ton sebagai penyeimbang ketika side loader digunakan untuk mengangkat beban (peti kemas).
Previous
Next Post »