Inilah Penjelasan Mengenai Listrik Statis dan Listrik dinamis yang Mudah Dipahami

23.30
Listrik Statis Vs Listrik Dinamis,- listrik merupakan perpindahan electron (muatan negative) dalam suatu atom ke atom yang lain. Atau dengan kata lain listrik merupakan suatu muatan yang terdiri dari muatan positif dan muatan negatif , dimana sebuah benda akan dikatakan memiliki energi listrik apabila suatu benda itu mempunyai perbedaan jumlah muatan .sedangkan muatan yang dapat berpindah adalah muatan negatif dari sebuah benda,berpindahnya muatan negatif ini disebabkan oleh bermacam gaya atau energi, misal energi gerak,energi panas dsb. suatu benda akan senantiasa mempertahankan keadaan netral (jumlah electron dan protonnya sama) atau seimbang antara muatan positif dan muatan negative. Sehingga apabila jumlah muatan positif lebih besar dari muatan negative, maka benda tersebut mencari muatan negative untuk mencapai keadaan seimbang.

Pada umumnya listrik dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu listrik dinamis dan listrik statis. Pada listrik dinamis dibagi lagi dengan dua macam yaitu listrik dinamis dengan arus bolak balik atau Alternating Current (AC) dan listrik dinamis dengan arus searah atau Direct Current (DC).
Kemudian apakah yang dimaksud dengan listrik statis dan listrik dinamis? Dan apakah yang dimaksud dengan listrik arus searah atau arus DC dan arus bolak-balik atau arus AC? Untuk mengetahuinya, mari kita simak ulasan berikut ini :
#Listrik Statis
Listrik statis merupakan jenis listrik yang elektron didalam konduktornya diam atau tidak berpindah. Listrik statis dapat terjadi jika dua buah konduktor yang memiliki muatan yang berbeda saling digosok-gosokkan, maka akan membuat muatan listrik yang terdapat pada konduktor tersebut akan menjadi satu dan berkumpul pada permukaan konduktor yang saling digosok-gosokkan tadi. Jika kedua konduktor tersebut didekatkan maka akan terjadi gaya tarik menarik tetapi tidak terjadi perpindahan muatan elektron pada konduktor tersebut.

Contohnya kain sutra yang digosokkan ke kaca, penggaris yang digosokkan ke rambut, petir, gesekan antara roda kerata api dan rel pada saat melakukan pengereman, drum pada mesin fotocopy laser, dan lain sebagainya.
#Listrik Dinamis
Listrik dinamis merupakan listrik yang memiliki gerakan atau perpindahan elektron antara atom satu dengan atom lainnya yang terdapat pada penghantar (konduktor).
Listrik dinamis dibagi menjadi 2 jenis, yaitu: Listrik AC/ Listrik arus Bolak-balik (alternating Current) dan Listrik DC / Listrik arus Searah (Direct Current), dimana Listrik DC merupakan Listrik dengan gerakan perpindahan elektronnya dari satu atom ke atom yang lain dengan arah yang tetap (searah).

Sedangkan Listrik AC merupakan Listrik dengan gerakan perpindahan elektronnya dari satu atom ke atom yang lain dengan arah yang berubah secara periodic.

Listrik dinamis dengan arus DC terdapat di listrik pada baterai atau accu sedangkan listrik dengan arus AC terdapat pada listik PLN atau pada generator/ alternator.


Previous
Next Post »

Panduan Service Berkala Mobil 40.000 Km

Panduan Service Berkala Mobil 40.000 Km,- Sebagai pemilik mobil kita wajib  mengetahui cara atau prosedure merawat dan menjaga mobil kita. ...