/*

Rangkaian Kelistrikan Kontrol Negatif, Pengertian Dan Contoh Penerapannya

Rangkaian Kelistrikan Kontrol Negatif, Pengertian Dan Contoh Penerapannya,-Sirkuit Head lamp atau Lampu kepala dengan control negatif yaitu switch atau saklar sirkuit kelistrikannya diletakkan pada jalur negatif sebelum massa rangkaian yang berfungsi untuk memutus jalur negatif (aliran arus negatif) yang menuju ke massa dari beban kelistrikan dalam hal ini head lamp. 

Kelebihan Rangkaian Kontrol Negatif

Lampu kepala atau head lamp dengan kontrol negatif lebih menguntungkan dibandingkan dengan kontrol positif bila dilihat dari keawetan saklarnya atau switchnya.

Usia saklar atau switch lebih awet karena arus yang melewati switch tersebut merupakan arus listrik yang lebih kecil (arus negatif). Dibandingkan dengan sirkuit kelistrikan dengan kontrol positif yaitu sirkuit kelistrikan yang mana saklar diletakkan pada jalur positif setelah sumber tegangan dan sebelum beban, saklar akan dilewati arus yang lebih besar sehingga usia saklar atau switch pada rangkaian lampu control positif akan lebih pendek dibandingkan dengan rangkaian kontrol negatif.

Besar arus pada jalur positif ini tergantung dari besar daya pada beban, semakin tinggi daya yang dibutuhkan oleh beban rangkaian kelistrikannya, maka akan semakin tinggi pula arus positif yang mengalir. Sehingga jika pengendali positif digunakan pada rangkaian dengan beban yang membutuhkan daya yang besar maka arus yang besar tersebut akan melewati switch tersebuy yang mana dapat menyebabkan switch akan cepat rusak.

Rangkaian kontrol negatif dengan menggunakan relay yaitu relay dipasangkan pada jalur positif yang menuju ke beban agar jalur positif tidak terlalu panjang ketika switch pada posisi off. Jalur positif yang terlalu panjang saat posisi off akan mengakibatkan kemungkinan terjadinya resiko konsleting yang lebih besar.

Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan video berikut ini:

Contoh aplikasi Rangkaian Kontrol Negatif Pada lampu kepala

Contoh rangkaian kendali negatif
Gb. Rangkaian Kendali Negatif Pada Lampu Kepala


Demikian ulasan kami tentang rangkaian atau sirkuit kelistrikan dengan kontrol negatif, semoga dapat menambah wawasan kita semua. Jangan lupa kunjungi juga ulasan terpopuler kami berikut in.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel