Cara Mengisi Freon AC Mobil, Begini Cara Mudahnya!!

Cara Mengisi Freon AC Mobil, Begini Cara Mudahnya!!,- Freon merupakan gas khusus yang memiliki suhu normal dingin. Dibandingkan gas yang lain, suhu freon sebelum didinginkan saja bisa hampir 0 derajat Celsius.

Gb. Proses Pingisian Freon
Selain itu freon juga memiliki ketahanan terhadap radiasi panas yang cukup baik, hal ini dikarenakan proses sirkulasi AC mobil akan melewati bagian mesin. Sementara mesin, kita tahu sebagai sumber panas pada mobil.

Dalam sistem AC mobil zat pendingin yang dipakai saat ini adalah Freon 12 (Diflourdichlormethan) yang diberi kode R-12 (R = Refrigerant), Sedangkan pada sistem AC yang lain, seperti AC untuk gedung-gedung sering dipakai freon 22 (R 22). Kenapa demikian ? Sebagai jawabannya lihat grafik di bawah ini:
Grafik Hubungan Antara Tekanan dan Kenaikan Temperatur

Pada R 22, kenaikan tekanan karena pengaruh temperatur akan terlihat lebih cepat dibandingkan R 12, dengan demikian pada sistem AC atau sistem pendingin lainnya yang menggunakan R 22 akan diperlukan instalasi pipa-pipa yang kuat dan tahan terhadap kenaikan tekanan yang lebih besar. 

Kompresor yang terpasang pada mesin mobil serta komponen-komponen lain pada bagian bodi menyebabkan instalasi sistem AC mobil mengalami getaran-getaran, dan mengharuskan pemakaian pipa/slang karet fleksibel, serta pertimbangan panas pada ruangan kendaraan, maka saat ini R 12 tetap dipakai pada sistem AC mobil, karena kenaikan tekanan akibat pengaruh temperatur tidak begitu cepat seperti R 22.

Baru-baru ini penggunaan R 12 sudah digantikan dengan R 134a, karena R 12 disinyalir dapat menimbulkan kerusakan lapisan ozon dan tidak ramah lingkungan ketika berada di udara bebas. beda halnya dengan R 134a yang lebih ramah lingkungan dan tidak merusak lapisan ozon meskipun R134a dapat menimbulkan pemanasan global.

Dalam instalasi sistem AC mobil yang bekerja normal, tekanan saluran hisap atau Suction (S atau L) pada  kompresor AC menunjukkan tekanan sebesar 1,5 – 2 bar (21 – 29 psi) pada saat mesin hidup dan AC On.

Sedangkan dalam saluran tekan atau Discharge ( D atau H) kompresor Ac, zat pendingin bertekanan 14,5 – 15 bar (200 – 213 psi) pada saat mesin hidup dan AC On putaran mesin 2000 rpm.

Bila kedua data di atas tidak diperoleh, maka sudah dapat dipastikan terjadi kesalahan / kerusakan pada sistem Ac mobil Sobat otomotif sekalian.

Gb. Diagram Sistem Ac Mobil


Cara Mengisi Freon AC Mobil

Berikut beberapa tahapan atau langkah kerj yang dapat sobat otomotif ikuti pada saat bermaksud melakukan pengisian freon Ac Mobil:

Baca Juga: Fungsi Dan Cara Kerja Komponen Sistem AC Mobil
  • Pertama Proses Pengosongan Sistem AC
Tahap pertama yang harus sobat otomotif lakukan pada saat melakukan pengisian freon AC mobil adalah proses pengosongan freon,proses ini sangat mudah sekali yaitu dengan cara memasang manifold gauge atau manometer gauge pada saluran yang sesuai (selang tekanan rendah pada port L atau S Kompessor Ac dan selang tekanan tinggi pada port H atau D Kompressor Ac).

Selanjutnya buka salah satu kran tekanan rendah dan tekanan tinggi pada manometer sehingga freon akan keluar keudara bebab melalui selang tengah manometer guage. Selanjutnya sobat otomotif tinggal tunggu sampai freon pada sistem AC mobil habis (ditandai dengan tekanan pada kedua manometer nol atau suara berdesis pada selang tengah pada manometer tidak terdengar lagi).
  • Kedua Proses Pemvacuman Sistem AC
Gb. Proses Pemvacuman Sistem AC Mobil
Sebelum pengisian freon dilakukan terlebih dahulu sistem Ac mobil harus dilakukan langkah pemvacuman, hal ini bertujuan untuk : menghilangkan/ menghisap uap air yang beredar dalam sistem AC.

Pekerjaan pemvacuman ini harus dilakukan, pada setiap pengisian sistem yang sudah kosong/habis, atau sistem yang baru pertama kali diisi. proses pemvacuman dilakukan kurang lebih selama 15 menit sampai kevacukam sistem menunjukkan angka - 20 psi atau 758,4 mm Hg dengan menggunakan pompa vacum dan manifold gauge atau manometer tekana pada Kran tekanan tinggi dan rendah dibuka, sehingga udara dan uap air dapat dikeluarkan dari dalam sistem oleh pompa vakum yang kita operasikan. jangan lupa setelah selesai tutup kembali kran tekan tinggi dan rendah.

Perlu diketahui bahwasannya udara yang mengandung uap air akan mempercepat proses pembekuan zat pendingin di dalam sistem AC akibatnya saluran-saluran pada sistem AC akan tersumbat es (cairan Refrigerant yang membeku).

Sebagai contoh sobat otomotif dapat melihat tabel di bawah ini yang menggambarkan titik uap air di dalam kevakuman.

Gb. Tabel Hubungan Tingkat Kevacuman Dengan Kandungan Uap Air
Dengan memperhatikan tabel di atas, Sobat otomotif dapat memprediksi apakah yang terjadi bila dalam sistem AC terdapat uap air, sedangkan pada saluran hisap kompresor saja temperatur freon sudah -20 derajat Celcius.
  • Ketiga Proses Pelumasan Sistem AC
Setelah proses pemvacuman selesai agar kondisi kompressor AC mobil terjaga dan Tidak cepat terjadi kerusakan maka kompressor AC perlu diberi pelumasan. Setelah kedua kran tekanan rendah dan tekanan tinggi manifold gauge kita tutup dan pompa vacum kita lepas maka selanjutnya isi pelumas kompressor AC dengan langkah-langkah berikut ini.
  1. Tuang oli pelumas kompressor AC ( Bukan Oli Mesin) Pada gelas ukur kira-kira 5 s/d 10 mili atau cc.
  2. Masukkan selang manifold gauge yang terhubung dengan pompa vacum ke dalam gelas ukur yang telah terisi oli pelumas.
  3. Buka kran tekanan rendah sedikit,sehinga oli pelumas terhisap masuk ke dalam sistem Ac.
  4. Segera tutup kembali kran tekanan rendah setelah oli pelumas masuk.
  5. Keluarkan udara yang terjebak lada selang tengah dengan menekan knop pada tengah manifold gauge (seperti pada saat mengurangi tekanan angin ban mobil).
  6. Lanjutkan keproses berikutnya (proses pengisian freon)
  • Keempat Proses Pengisian Freon Sistem AC Mobil
Dalam Melakukan pengisian freon sistem ac mobil ada beberapa langkah pengisian yang dapat sobat otomotif lakukan, berikut ini langkah pengisian freon Ac mobil:
  1. Mengisi Freon Pada Saluran Tekanan Tinggi.
  2. Mengisi Freon Pada Saluran Tekanan Rendah.
Kedua cara ini akan kami ulas secara gamblang pada ulasan berikut ini.
1. Mengisi Freon Pada Saluran Tekanan Tinggi

Gb. Mengisi Freon Ac Mobil Pada Saluran Tekanan Tinggi
Untuk pekerja yang belum begitu berpengalaman, lebih baik mengisi freon pada tekanan tinggi, karena selama pengisian kompresor tidak bekerja menekan zat pendingin berbentuk cair.

Berikut langkah pengisiannya:
  • Pada saat hendak melakukan pengisian dengan cara ini Tekanan freon pada tabung harus dinaikkan dengan cara memanaskan freon dalam alat pengisian khusus (charging station) (optional jika tersedia alatnya).
  • Mesin pada kondisi OFF dan AC OFF Juga.
  • Manifold gauge sudah terpasang sesuai seperti pada gambar.
  • Kran tekanan rendah ditutup, dan tekanan tinggi dibuka
  • Tabung freon dibalik, agar yang masuk ke dalam sistem adalah freon cair.
  • Isi freon sampai penuh
Dengan cara ini katup dan bagian lain kompresor tidak bekerja berat karena cairan itu tidak akan kembali ke ruangan kompresor tapi terus mengalir menuju kondensor.

2. Mengisi Freon Pada Saluran Tekanan Rendah

Gb. Mengisi Freon Ac Mobil Pada Saluran Tekanan Rendah
Berikut ini langkah-langkah pengisiannya:
  • Mesin kondisi ON pada Putaran 2000 s/d 3000 RPM serta AC On Temperature Maksimal.
  • Pengisian dilakukan pada saluran hisap atau suction ( S atau L ) kompresor AC.
  • Pasang manifold gauge seperti pada gambar diatas.
  • Kran tabung freon dibuka, kran kran saluran tekanan tinggi ditutup rapat.
  • Kran tekanan rendah manometer gauge atau manifold gauge dibuka sedikit/pelan-pelan saja agar freon yang masuk berupa gas, sesuai dengan keadaan freon yang masuk pada saluran hisap kompresor pada waktu sistem bekerja normal.
  • Tabung freon tidak boleh dibalik karena tabung yang terbalik menyebabkan freon masuk berbentuk cair akibatnya kompresor lebih cepat rusak.
  • Perhatikan jarum penunjuk pada manometer gauge tekanan rendah menunjukkan angka sekitar 1,5 – 2 bar (21 – 29 psi), dan saluran tekanan tinggi 14,5 – 15 bar (200 – 213 psi), yang mana hal ini menunjukkan sistem sudah terisi freon dengan penuh.
  • Periksa dan pastikan tidak terjadi kebocoran pada saluran sistem Ac dengan menggunakan alat berupa AC Leak Detector.
Untuk Lebih Jelasnya Silahkan Tonton Video Kami: Cara Mengisi Freon AC Mobil

Sebenarnya sobat otomotif sekalian dapat menggunakan 3 cara dalam menentukan apakah pengisian freon pada sistem AC sudah penuh atau belum, silahkan pada pengaplikasiannya pilih salah satu cara yang sobat otomotif paling mudah. berikut kami ulas ketiga cara tersebut:

1. Dengan Melihat Pada Gelas/Kaca Kontrol Saringan Pada Receiver/Dryer (Sight Glass)

Gb. Gelembung pada Sight Glass Dryer AC
Sistem AC yang sudah terisi penuh freon pada putaran mesin di atas 2000 rpm maka pada sight glass tersebut tidak akan terlihat gelembung – gelembung freon.

Jika masih terlihat gelembung – gelembung freon, maka hal ini berarti menunjukkanl bahwa pengisian kurang dan bila dilihat tekanannya dengan manometer maka akan terlihat tekanannya belum tercapai sesuai data spesifikasinya.

2. Dengan Melihat Tekanan Pada Manometer Atau Manifold Gauge

Gb. Tekanan Yang Ditunjukkan Pada Manifold Gauge
Tekanan freon dalam sistem dapat dilihat pada manometer tekanan rendah dan manometer tekanan tinggi

Bila pada saat mesin hidup pada putaran 2000 s/d 3000 RPM dan AC On, Tekanan pada saluran tekanan rendah sudah menunjukkan 1,5 – 2 bar (21 – 29 psi), dan saluran tekanan tinggi 14,5 – 15 bar (200 – 213 psi), hal ini menunjukkan bahwa sistem AC sudah terisi Freon penuh.

Mungkin sobat otomotif bertanya-tanya, terus bagaimana kita mengetahui seberapa banyak freon yangvkita isikan ke dalam sistem Ac mobil pelanggan kita?? Jangan khawatir berikut kami uoas secara singkat 2 Mengisi Freon AC Mobil sesuai dengan berat zat pendingin yang masuk ke dalam sistem menurut buku manual.

Gb. Sebalah Kiri (1) dan Sebelah Kanan (2)
Kedua cara diatas ini dilaksanakan bila ada ketentuan berat freon yang harus diisikan ke dalam sistem AC atau untuk lebih mudah dalam menentukan uang yang harus dibayarkan oleh pelanggan kepada kita.

Yang paling sederhana cara ini dapat dilakukan seperti gambar 1, yaitu dengan mengukur berat tabung freon sebelum proses pengisian dilakukan, berat freon yang masuk ke dalam sistem dapat ditentukan dengan berkurangnya berat tabung freon.

Sedangkan pada gambar 2 menggunakan alat khusus pengisian (charging station) yang sudah mempunyai tabung skala ukur untuk berat freon yang masuk ke dalam sistem, alat ini juga dilengkapi dengan manometer, sistem pemanas dan pompa vakum listrik.

Salah satu segi keuntungan dari cara ini adalah : kita dapat memastikan secara langsung harga freon yang diisikan karena freon yang dijual dari pabrik juga berbentuk satuan berat di dalam tabung silinder.

Demikian ulasan kami tentang cara mengisi freon AC Mobil, Semoga dapat menambah wawasan kita semua,jangan lupa untuk mengunjungi artikel pilihan kami berikut ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel