Mesin Diesel Vs Bensin, Mana Yang Lebih Baik Dan Nguntungin ?

Mesin Diesel Vs Bensin, Mana Yang Lebih Baik Dan Nguntungin ?,- Secara garis besar ada dua jenis mesin atau mobil ditinjau berdasarkan bahan bakarnya, yaitu Mobil diesel (Diesel engine) dan mobil bensin (Petrol engine). 

Keduanya mempunyai jumlah tahapan kerja yang sama. Langkah kerja kedua mesin dimulai dengan pengisapan, kompresi, tenaga/upaya, dan diakhiri lewat pembuangan. Namun kedua jenis mesin tersebut memiliki karakteristik berbeda, baik dalam performa, harga, perawatan maupun efisiensi bahan bakar.

Mesin bensin atau mesin Otto ditemukan oleh seorang ilmuan jerman bernama Nikolaus Otto merupakan sebuah tipe mesin pembakaran dalam yang menggunakan nyala busi untuk proses pembakaran serta dirancang untuk menggunakan bahan bakar bensin atau yang sejenis.


Pada mesin diesel, hanya udara yang dikompresikan dalam ruang bakar dan dengan sendirinya udara tersebut terpanaskan, kemudian bahan bakar diinjeksikan ke dalam ruang bakar di akhir langkah kompresi untuk bercampur dengan udara yang sangat panas sehingga campuran udara dan bakar tersebut akan terbakar dengan sendirinya tanpa sumber panas dari luar.

Pada mesin bensin, pada umumnya udara dan bahan bakar dicampur sebelum masuk ke ruang bakar, yang kemudian campuran bahan bakar dan udara tersebut dikompresikan didalam silinder, pada akhir langkah kompresi campuran bahan bakar tersebut dibakar menggunakan penyalaan busi melalui sistem pengapian.

sebagian kecil mesin bensin modern mengaplikasikan injeksi bahan bakar langsung ke silinder ruang bakar termasuk mesin bensin 2 tak untuk mendapatkan emisi gas buang yang ramah lingkungan. Pencampuran udara dan bahan bakar dilakukan oleh karburator pada mesin tipe komvensional atau injektor pada mesin dengan sistem injeksi.

Karakteristik mesin bensin yang bisa kita kenali dengan mudah adalah bahan bakar yang digunakan oleh mesin ini. Mesin bensin menggunakan bahan bakar bensin, seperti Premium, Pertalite, Pertamax, pertamax turbo dan sejenisnya. Maka dari itu, dalam bahasa Inggris, mesin  bensin juga sering disebut gasoline engine.

Pada proses pembakarannya, mesin bensin membutuhkan komponen pengapian. Selain itu, rasio kompresi yang dibutuhkan juga cenderung kecil dibandingkan mesin diesel, yaitu antara 8:1 sampai 12:1. Akselerasi yang dapat dihasilkan dari mesin bensin pun tidak perlu diragukan serta Mesin bensin bisa mengeluarkan suara yang cenderung lebih halus dibandingkan mesin diesel.

Selain tersebut diatas, tenaga maksimal pada mesin bensin sangatlah tinggi. Mesin ini mampu dioperasikan atau dipacu dalam rpm yang lebih tinggi dibandingkan mesin diesel.

Rudoft Diesel, seorang ilmuwan Jerman, menciptakan mesin ini pada 1893. Pada mulanya, mesin diesel digunakan oleh kendaraan-kendaraan besar seperti truk. Akan tetapi, akhir-akhir ini, sudah banyak mobil-mobil pribadi yang menggunakan mesin diesel.

Berbeda dengan mesin bensin, mesin diesel menggunakan bahan bakar diesel seperti Solar dan Biosolar. Mesin diesel sering disebut dengan diesel engine dalam bahasa Inggris.



Mesin diesel tidak membutuhkan pengapian saat proses pembakaran. Sementara itu, rasio kompresinya cenderung besar dibandingkan mesin bensin,  yaitu berkisar antara 15:1 sampai 22:1. Diesel engine tidak cocok untuk dioperasikan atau dipacu pada rpm yang tinggi meskipun seiring kemajuan teknologi hal ini bisa diatasi oleh mesin diesel.

Selain tersebut diatas, akselerasi mesin diesel relatif lemah dibandingkan mesin bensin serta Suara yang dihasilkan mesin diesel pun cenderung lebih kasar.

Berikut ini kami akan ulas mengenai apa saja beda mesin diesel vs bensin dalam hal performa? bagi sahabat otomotif sekalian yang sedang menimbang-nimbang apakah akan meminang mobil baru atau second dengan tipe mesin diesel atau bensin, sebaiknya baca artikel kami ini sampai habis.

Pada dasarnya mesin diesel dan bensin memiliki karakteristik berbeda seperti tenaga atau horse power, torsi dan akselerasi, serta efisiensi bahan bakar. Dengan mengetahui perbedaan dari segi faktor-faktor tersebut, maka sahabat otomotof sekalian dapat menyesuaikan pilihan mobil berdasarkan kebutuhan ataupun anggaran biaya operasional yang tersedia.
Dalam hal kinerja mesin, berikut perbedaan mobil diesel vs mobil bensin yang bisa dipertimbangkan saat memilih mobil impian.

Perbedaan Mobil Diesel Vs Bensin

1. Ditinjau dari Segi Tenaga Yang DiHasilkan, Tenaga Yang Dihasilkan atau Horse Power Mesin Bensin Lebih Tinggi

Bahan bakan bensin lebih ringan dibanding solar atau diesel, sehingga bensin lebih cepat terbakar. Hasilnya adalah RPM mesin akan lebih tinggi pada mesin bensin dengan jumlah bahan bakar yang sama. Sehingga daya kuda atau horsepower mesin bensin akan lebih besar dibanding diesel untuk kapasitas mesin yang sama.

Tahukah kalian bendanya daya kuda dengan torsi mesin? Sederhananya seperti ini, daya kuda atau Horse power merupakan satuan ukur untuk bisa melihat seberapa jauh mobil atau motor bisa mencapai kecepatan maksimal. Di pengertian lain, daya kuda bisa diartikan sebagai ukuran tenaga yang bisa ditempuh dalam satuan waktu tertentu.

Di sisi lain, torsi berupakan gaya rotasi mesin yang kemudian dihantarkan menuju roda. Torsi datang dari eksplosifitas ruang mesin yang kemudian dimanfaatkan untuk mendorong as, transmisi, dan kemudian gardan untuk memutar roda dan menjalankan kendaraan.

Bisa dikatakan secara ilustratif, daya kuda merupakan tenaga yang membuat mobil jadi seperti seorang sprinter dan torsi merupakan satuan untuk membuat mobil jadi seperti binaraga. Sprinter bisa lari sejauh satuan meter tertentu, sementara binaraga bisa berlari sejauh satuan meter tertentu dengan daya dorongnya.

2. Ditinjau Dari Torsi Yang Dihasilkan, Torsi Yang Dihasilkan Mesin Diesel Lebih Besar

Solar atau diesel adalah bahan bakar yang punya kepadatan lebih tinggi dibanding bensin, sehingga rasio tekanan (kompresi) yang dihasilkan oleh pembakaran minyak diesel akan lebih besar. Hasilnya mesin diesel punya daya angkat beban yang lebih baik dari mesin bensin, sejak rpm mesin rendah. Sedangkan mesin bensin butuh rpm tinggi untuk mendapatkan torsi yang tinggi.

Sehingga mesin diesel cocok untuk mobil yang sering mengangkut beban berat atau mobil untuk medan jalan yang bergelombang atau pedalaman. Itulah mengapa mobil-mobil besar seperti truk, bus, fuso dan trailer semuanya menggunakan mesin diesel.

3. Ditinjau Dari Segi Akselerasi, Akselerasi Mesin Bensin Lebih Cepat

Mesin diesel lebih kompleks dibanding mesin bensin. Hal itu diperlukan karena bahan bakar solar lebih berat dan diperlukan mesin yang lebih rumit untuk membakar solar. Sehingga part mesin diesel lebih banyak yang mengakibatkan bobot mesin lebih berat.

Sebaliknya karakteristik bensin yang ringan dan lebih cepat terbakar membuat mesin petrol lebih sederhana dibanding mesin diesel. Akibanya bobot mesin lebih ringan dan rpm lebih cepat meningkat. Selain itu, mesin bensin punya kurva torsi linier, sehingga peningkatan kecepatan juga meningkatkan torsi yang berakibat akselerasi juga lebih tinggi.

4. Ditinjau Dari Segi Harga, Harga Mobil Diesel Lebih Mahal

Pada jenis dan brand mobil yang sama dengan mesin berbeda, mobil dengan mesin diesel akan lebih mahal. Hal ini terjadi karena mesin diesel lebih rumit dan lebih banyak komponennya. Sehingga wajar harganya akan lebih mahal.

5. Ditinjau Dari Konsumsi BBM, Mesin Diesel Lebih Hemat BBM

Dengan kapasitas mesin yang sama, maka angka kehematan bbm dalam satuan km/liter mesin diesel akan lebih hemat dari mesin bensin. Sehingga ada keuntungan yang bisa didapat oleh pemilik mobil untuk harga mesin diesel yang lebih mahal, yaitu biaya operasional yang lebih ringan, baik dari segi efisiensi konsumsi bbm, maupun karena harga solar lebih murah dibandingkan bensin.

6. Ditinjau Dari Segi Suara Mesin, Mesin Diesel Lebih Brisik dari Mesin Bensin

Dalam segi suara mesin, karakteristik mesin diesel lebih brisik dibandingkan mesin bensin. Sebaliknya mesin bensin lebih halus baik getaran maupun suara raungan mesinnya. Hal itu juga terjadi karena part mesin diesel yang lebih banyak dan rumit dibanding mesin bensin.

Namun teknologi otomotif terkini yang kian canggih sudah banyak diaplikasikan mobil-mobil diesel sudah mampu menghasilkan mobil diesel yang bahkan sehalus mobil bermesin bensin. Misalnya sebut saja pabrikan Korea seperti Hyundai dan Kia yang bisa membuat mobil diesel dengan suara dan getaran sehalus mesin bensin.

Jadi bisa disimpulkan mesin bensin unggul dalam hal horse power dan akselerasi, sedangkan mesin diesel unggul dalam hal torsi atau daya angkut beban. Disisi lain Dalam hal harga mobilnya, mobil bensin pada umumnya lebih murah, namun dalam hal biaya operasional mesin diesel lebih bersahabat dengan dompet, khususnya karena efisiensi bahan bakar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel