Cara Kerja Injektor Nozzle Pada Mesin Injeksi Diesel

Cara Kerja Injektor Nozzle Pada Mesin Injeksi Diesel,- Nozzle injektor diesel merupakan salah satu komponen pada mesin diesel yang berfungsi sangat penting saat terjadinya proses pembakaran bahan bakar dan udara pada mesin diesel.
Cara kerja injektor nozel
Gb. Injektor Nozzle
Fungsi injektor nozzle diesel yakni untuk menyemprotkan atau menginjeksikan bahan bakar bertekanan tinggi yang berasal dari pompa injeksi ke dalam ruang bakar. Sedangkan Pompa injeksi atau injectikn pump adalah bagian dari mesin diesel yang berfungsi untuk menaikkan tekanan bahan bakar solar pada mesin bensin.
Cara kerja injektor nozzel diesel
Gb. Bagian-Bagian Injektor Nozzel Pada Mesin Diesel Konvensional
Injektor nozzle atau lebih sering dikenal dengan istilah nozzel terdiri dari beberapa bagian yaitu nozzle holder, overflow pipe, adjusting washer, pressure spring, pressure pin, distance piece, nozzel needle, nozzle body dan retaining nut.

Nozzle holder memiliki fungsi sebagai pemegang injektor nozzle dan menentukan posisi serta arah daripada nozzle. Nozzle holder ini merupakan tempat bertemunya antara bahan bakar dan mengatur tekanan dimulainya penginjeksian (valve terbuka) pada injektor nozzle. nozzle needle ditekan oleh nozzle spring melalui push rod. Tekanan awal penginjeksian bahan bakar diatur oleh besarnya ketegangan dari nozzle spring. Besarnya ketegangan dari nozzle spring dapat diatur dengan menggunakan sekrup penyetel (adjusting washer) atau shim.
Cara kerja nozzel injektor mesin diesel
Gb. Tipe- Tipe Injektor Nozzel Pada Mesin Diesel Konvensional
Nozzle mesin diesel secara garis besar dikelompokkan menjadi 2 tipe yaitu:
  • Injektor Nozzle tipe hole
  • Injektor Nozzle tipe pin
Injektor nozzle tipe hole ini diklasifikasikan menjadi 2 jenis yaitu tipe single hole dan multiple hole. Sedangkan injektor nozzle tipe pin juga diklasifikasikan menjadi 2 jenis juga yaitu tipe throttle dan tipe pintle.

Injektor nozzle tipe single hole proses pengabutannya sangat baik, akan tetapi memerlukan tekanan injektion pump yang tinggi. Demikian halnya dengan Injektor nozzle tipe multi hole pengabutannya sangat baik. Injector ini sangat tepat digunakan pada direct injection (injeksi langsung).

Sedangkan injektor nozzle dengan model pin baik tipe trotle maupun tipe pintle lebih tepat digunakan pada motor diesel dengan ruang bakar yang memiliki combustion chamber, kamar muka maupun kamar pusar (turbulen).

Cara Kerja Injektor Nozzle Mesin Diesel

Secara garis besar terdapat 3 langkah kerja injektor nozzle pada mesin diesel konvensional yaitu langkah sebelum penginjeksian, Langkah saat penginjeksian dan langkah akhir penginjeksian bahan bakar, untuk lebih jelasnya silahkan sobat otomotif simak ulasannya berikut ini:

A. Langkah sebelum penginjeksin bahan bakar
Cara kerja injektor nozzle
Gb. Langkah sebelum penginjeksian bahan bakar
Bahan bakar solar yang memiliki tekanan yang tinggi akan mengalir dari pompa injeksi melalui saluran bahan bakar pada nozzle holder kemudian bahan bakar ini akan menuju ke oil pool pada bagian bawah nozzle body.

B. Langkah Saat Penginjeksian bahan bakar
Cara kerja nozzle mesin diesel
Gb. Langkah saat penginjeksian bahan bakar
Apabila tekanan bahan bakar yang berada di oil pool ini naik maka bahan bakar ini akan menekan permukaan ujung needle. Apabila tekanan bahan bakar ini melebihi tekanan pegas maka nozzle needle akan terdorong ke atas oleh tekanan bahan bakar sehingga nozzle needle akan terlepas dari dudukannya (nozzle body seat). Kejadian tersebut membuat bahan bakar dapat keluar sehingga akan terjadi langkah penginjeksian atau penyemprotan bahan bakar ke dalam ruang bakar.

C. Langkah Akhir penginjeksian bahan bakar
Cara kerja injektor nozzle
Gb. Langkah akhir penginjeksian bahan bakar
Bila pompa injeksi berhenti mengalirkan bahan bakar maka tekanan bahan bakar yang menuju ke injektor nozzle akan menurun sehingga tekanan pegas di dalam injektor nozzle akan mengembalikan nozzle needle ke posisi semula. Pada saat ini nozzle needle akan tertekan oleh pegas pengembali dengan kuat pada dudukannya (nozzle body seat) dan akan menutup saluran bahan bakar untuk keluar.

Sebagian bahan bakar yang tersisa diantara nozzle needle dengan nozzle body atau antara pressure pin dengan nozzle holder atau yang lainnya yang terletak di dalam injektor nozzle akan dikembalikan kembali ke over flow pipe.

Demikian ulasan kami tentang Cara Kerja Injektor Nozzle Pada Mesin Injeksi Diesel, semoga dapat menambah wawasan kita semua.jangan lupa kunjungi juga artikel pilihan kami berikut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel