/*

Fungsi dan Cara Kerja Water Temperature Sensor Pada Mobil Injeksi

Fungsi dan Cara Kerja Water Temperature Sensor Pada Mobil Injeksi,- WTS (Water Temperature Sensor) Atau ECT Sensor (Engine Coolant Temperature Sensor)  merupakan salah satu dari sensor-sensor yang ada pada mesin EFI.

Fungsi water temperature sensor

Sensor WTS atau water temperature sensor memiliki fungsi untuk mendeteksi suhu dari air pendingin mesin yang kemudian dikirim ke ECU sebagai input untuk memperhitungkan jumlah penginjeksian bahan bakar dan untuk mengon-offkan kipas pendingin.
Gambar WTS Sensor atau ECT Sensor
Sensor WTS atau ECT biasanya di tempatkan di blok mesin atau pada rumah thermostat bagian bawah. Sensor ini memanfaatkan komponen elektronik berupa thermistor tipe NTC (Negative Temperature Coefisien), yang mana bekerjanya sensor ini adalah ketika suhu air pendingin naik maka tahanan atau resistansi pada sensor ini akan menurun yang berakibat tegangan outpunya juga menurun sehingga penginjeksian bahan bakar berkurang dan bila suhu air pendingin ini turun maka tahanan atau resistansi pada sensor ini akan naik dan berakibat tegangan out ikut naik juga dan imbasnya penginjeksian bahan bakar bertambah juga. 

Cara kerja water temperature sensor

Gambar sirkuit WTS sensor
Baca Juga: Cara Mudah Deteksi Kerusakan WTS Sensor + Gejalanya!!

Sensor WTS dihubungkan ke ECU (Engine Control Unit) sistem injeksi, ECU ini akan memberikan signal tegangan sumber sebesar 5 volt ke sensor WTS melalui terminal THW. Sedangkan Tegangan output dari sensor WTS ini akan berubah-ubah besarnya sesuai dengan perubahan suhu air pendingin serta berubah-ubah sesuai dengan nilai tahanan atau resistansi yang ada pada sensor WTS ini, kemudian output signal sensor WTS ini (pada terminal E2) akan dikirim kembali ke ECU dan akan menjadi signal inputan ECU yang nantinya akan digunakan sebagai data masukkan untuk mengontrol aktuator-aktuator pada mesin injeksi seperti injektor, coil pengapian, Idle speed control valve (ISC), serta kipas pendingin.

Cara kerja ect sensor
Gb. Grafik hubungan antara Ect sensor dengan variasi suhu air pendingin



Demikian artikel tentang fungsi dan cara water temperature sensor, semoga dapat menambah wawasan tentang dunia otomotif, jangan lupa kunjungi juga ulasan berikut ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel