Cara Mengatasi DTC P0115, Gejala Akibat ECT Sensor Rusak

Cara Mengatasi DTC P0115, Gejala Akibat ECT Sensor Rusak,- Water Temperature Sensor atau lebih dikenal dengan sensor panasmerupakan bagian penting dari pengaturan kipas radiator, part ini biasanya bertahan lama sampai tahunan namun terkadang kita perlu melakukan perawatannya dengan cara membersihkan WTS. Gejala WTS bermasalah biasanya meliputi dengan over head, atau keluarnya air dari tabung reservoir, hal ini terjadi akibat sensor telat memberikan sinyal electric ke arah kipas radiator untuk segera bekerja, bahkan kipas radiator telat untuk berputar sehingga radiator sudah mengalami panas berlebih.

Gejala Akibat ECT Sensor Rusak

Ketika ECT atau WTS sensor rusak(Baik Unit sensor, Wiring sensor ataupun Socket sensor yang tidak baik atau rusak),hal ini akan mengakibatkan beberapa gejala sebagai berikut:
  • Lampu check engine / indikator mesin menyala
  • Lama kelamaan saat mobil dingin susah untuk hidup
  • Mesin terasa kasar saat hidup

Kemungkinan Penyebab Muncul DTC P0115

Hal-hal yang perlu dilakukan pengecekan apabila terjadi DTC dengan kode P0115 adalah:
  • Tingkat pendingin mesin kurang / rendah
  • Termostrat rusak
  • Radiator yang kotor
  • Kekurangan air pendingin dalam mesin dan radiator
  • Air pendingin yang bocor di salah satu selang atau radiator
  • Kipas pendingin tidak berputar
  • Kerusakan sensor ECT atau ada kabelputus sehingga ECT tidak bekerja dengan baik

Cara Memeriksa ECT Sensor

Jika ECT sensor ini rusak maka kita tidak dapat mengetahui berapa suhu dari mesin sehingga akan selalu was-was jika mesin over heat maka akan berpengaruh terhadap kerusakan yang lebih parah.Jika control temperatur pada mesin tidak mau naik ke temperatur normal setelah mesin dinyalakan kurang lebih 15 menit maka kemungkinan water temperatur sensor mengalami kerusakan.

Adapun cara memeriksa ECT sensor yaitu dapat dilakukan Dengan melepas sensor dari mesin kemudian periksa hubungan antar terminal no 1 dengan body menggunakan ohm meter.Sebelumnya kita siapkan air panas dalam wadah bejana.Sebelum memasukan sensor ke dalam wadah air panas kita periksa terlebih dahulu hubungan terminal no 1 dengan ground body sensor. Pada saat kondisi dingin maka nilai tahanan pada sensor ini akan menunjukkan nilai yang besar,begitu pula sebaliknya.

Baca juga:Gejala Akibat MAP Sensor Rusak

Pada saat ECT sensor dmasukan ke dalam wadah yang berisi air panas tadi,dengan tetap memeriksa tahanan pada sensor maka nila tahanannya akan berubah dan nilai tahanan sensor tersebut akan menurun atau lebih kecil seiring naiknya suhu air pada wadah tersebut. Jika nilai resistansinya tidak berubah meskipun temperatur sekitar berubah maka bisa jadi water temperatur sensor atau ECT sensor rusak.

Ganti sensor jika nilai hambatan atau resitance tidak berubah dikarenakan pengaruh suhu.Air panas tadi merupakan sebagai pengatur suhu agar water temperatur sensor dapat diketahui kerja atau tidaknya yaitu masih berfungsi normal atau tidak.

Demikian ulasan kami tentang Cara Mengatasi DTC P0115, Gejala Akibat ECT Sensor Rusak, Semoga dapat menambah wawasan kita semua, jangan lupa kunjungi artikel terbaik kami berikut ini. 
Previous
Next Post »